5 Ide Bisnis Kerajinan Tangan yang Mudah Menghasilkan

  • 4 min read
  • Dec 21, 2020

Mengelola sebuah usaha atau bisnis sendiri merupakan ide yang baik bagi Anda yang ingin menjadikannya sebagai penghasilan utama atau sebagai penghasilan tambahan. Jika dikelola dengan baik dan profesional, tentu meraih keberhasilan pada usaha atau bisnis tersebut bukanlah hal yang mustahil.

Saat ini banyak sekali ide bisnis yang bisa Anda jalankan, di antaranya adalah ide bisnis kerajinan tangan. Apalagi jika membuat kerajinan tangan tertentu memang merupakan hobi dan keahlian Anda, tentu lebih menguntungkan lagi karena Anda bisa mengubah hobi menjadi sumber penghasilan Anda.

Inilah 5 Kerajinan Tangan yang Bisa Menjadi Sumber Penghasilan Anda

Bagi Anda yang masih kebingungan dengan ide bisnis yang bisa dikelola untuk mendapatkan penghasilan, di bawah ini akan saya sebutkan 5 jenis kerajinan tangan yang bisa Anda jadikan sebagai usaha atau bisnis untuk mendapatkan penghasilan.

1.Aksesoris dan Perhiasan

Bisnis Kerajinan Tangan Aksesoris
Bisnis Kerajinan Tangan Aksesoris

Aksesoris dan perhiasan merupakan hal yang tidak bisa terpisahkan dalam kehidupan manusia. Setiap orang pasti membutuhkan aksesoris maupun perhiasan untuk melengkapi penampilan mereka. Oleh karena itu, bisnis kerajinan tangan berupa aksesoris dan perhiasan merupakan salah satu ide bisnis yang tepat untuk Anda jalankan.

Aksesoris dan perhiasan tentu saja tidak terbatas untuk wanita saja, karena banyak juga aksesoris dan perhiasan yang cocok untuk pria. Jadi, Anda tidak hanya sebatas berjualan aksesoris dan perhiasan untuk wanita saja, tetapi juga untuk pria.

Contoh aksesoris dan perhiasan untuk wanita semisal anting, cincin, kalung, gelang, dan semisalnya. Adapun aksesoris dan perhiasan untuk laki-laki semisal jam tangan dan yang lainnya. Intinya, Anda tidka sebatas mengelola usaha atau bisnis untuk aksesoris dan perhiasan wanita, tetapi juga aksesoris dan perhiasan pria agar target market Anda lebih luas lagi.

Bahan untuk aksesoris dan perhiasan cukup beragam, tergantung kemudahan dalam mendapatkan bahan-bahannya. Di antara bahan-bahan yang biasa digunakan untuk membuat perhiasan adalah kayu, kulit, dan mutiara.

Agar potensi terjualnya kerajinan aksesoris dan perhiasan  tersebut semakin besar, sebaiknya Anda membuat aksesoris dan perhiasan yang lagi tren atau umumnya banyak dicari orang. Jangan asal membuatnya, karena takutnya hasil kerajinan tersebut tinggal tidak laku dalam waktu lama.

2.Lilin Aromaterapi

Bisnis Kerajinan Tangan Lilin
Bisnis Kerajinan Tangan Lilin

Salah satu jenis kerajinan tangan yang juga bisa Anda kerjakan adalah lilin aroma terapi. Kerajinan tangan yang satu ini termasuk jenis kerajinan tangan yang banyak diminati orang dan dijadikan sebagai souvenir pernikahan. Oleh karena itu, kerajinan tangan ini merupakan salah satu peluang bisnis yang tepat bagi Anda.

Namun sebelum membuatnya, tentu Anda harus mengetahui jenis bahan lilin yang akan Anda digunakan nantinya. Jika Anda bisa menggunakan bahan lilin alami seperti soy wax, palm wax, dan beeswax, maka itu lebih baik lagi.  Sebab, jenis lilin alami tersebut sudah umum digunakan dalam pembuatan lilin aromaterapi.

Untuk aroma, Anda tentu harus meracik aroma yang bisa memberikan efek tentang dan menyegarkan. Pengemasan pun juga turut berpengaruh, sehingga Anda sebaiknya menggunakan gelas lilin dengan bentuk menarik, serta desain yang menggambarkan aroma dari lilin yang Anda produksi.

3.Sablon Kaos

Bisnis Kerajinan Tangan Sablon
Bisnis Kerajinan Tangan Sablon

Salah satu jenis kerajinan tangan yang juga cocok untuk dijadikan sebagai usaha atau bisnis utama maupun sampingan adalah sablon kaos. Peluang bisnis pun sangat besar, karena distributor kaos semakin hari semakin banyak.

Jika selama ini Anda hanya menyablon sebagai hobi, saatnya Anda menjadikannya sebagai salah satu bisnis yang bisa membantu Anda mendapatkan penghasilan yang memadai. Untuk mempromosikan jasa sablon tersebut, Anda bisa menawarkannya kepada pihak-pihak yang membutuhkan, seperti mahasiswa yang ingin melakukan kegiatan-kegiatan tertentu, sekolah-sekolah yang membutuhkan kaos untuk keperluan baju olahraga, dan semisalnya. Selain itu, Anda juga bisa bekerjasama dengan jasa sablon lainnya untuk membantu memasarkan hasil sablon kaos unik yang Anda buat.

Agar usaha sablon kaos Anda bisa berkembang, sebaiknya Anda terus mengasah kemampuan Anda di bidang ini. Demikian pula model-model kaos yang unik dan menarik bisa Anda pelajari dari jasa sablon kaos yang sudah berpengalaman atau melalui internet. Bahkan saat ini di youtube sudah semakin banyak tuorial sablon kaos yang bisa membantu perkembangan skill sablon yang Anda miliki.

Untuk memaksimalkan penjualan, Anda bisa memanfaatkan media internet. Salah satu caranya adalah dengan membuat website khusus terkait sablon dan hal-hal yang berkaitan dengannya. Nah, di sela-sela postingan tersebut Anda bisa menginformasikan jasa sablon yang Anda kelola.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan social media seperti facebook, instagram dan yang lainnya untuk memasarkan jasa Anda. Selain itu, jangan lupa untuk memanfaatkan market place untuk memasarkan kaos unik dan menarik hasil sablon Anda.

Jika Anda mau bekerja keras dan profesional dalam mengelola jasa sablon kaos yang Anda jalankan, potensi keberhasilan yang akan Anda dapatkan sangat besar.

4.Jasa Melukis

Bisnis Kerajinan Tangan Melukis
Bisnis Kerajinan Tangan Melukis

Tentu saja kerajinan tangan ini bisa menjadi peluang bisnis bagi Anda yang hobi menggambar. Lukisan dapat dijadikan hadiah kepada orang tua, kerabat, maupun teman. Untuk urusan harga, Anda setiap lukisan tentu memiliki harga yang berbeda-beda sesuai dengan tingkat kesulitan.

Untuk memasarkan hasil lukisan Anda maupun jasa lukisan yang Anda tawarkan, cobalah manfaatkan media internet berupa website penjualan, market place, dan social media. Dengan cara ini, jangkauan pasar dan market Anda akan semakin luas.

Bisa saja di masa mendatang nama Anda akan dikenal sebagai pelukis handal, sehingga beberapa pihak berniat untuk  mengontrak  Anda dan kolaborasi dengan hasil karya lukis Anda.

5.Kerajinan Tangan Tradisional

Bisnis Kerajinan Tangan Tradisional
Bisnis Kerajinan Tangan Tradisional

Salah satu jenis kerajinan tangan yang juga cocok untuk dikelola menjadi sebuah usaha atau bisnis yaitu bisnis kerajinan tangan tradisional. Alasannya, saat ini permintaan hasil kerajinan tangan nasional sangat tinggi di pasaran disebabkan keindahan dan keunikannya.

Tingginya permintaan pasar terhadap hasil kerajinan tangan nasional tidak saja disebabkan oleh permintaan konsumen dari dalam negeri, tetapi juga dari luar negeri. Orang-orang luar negeri tertarik dengan hasil kerajinan tangan nasional tanah air disebabkan keragaman budaya Indonesia yang tercermin dalam hasil kerajinan tradisionalnya.

Di samping itu, nilai estetika atau keindahan sangat jelas terlihat pada hasil kerajinan tradisional tersebut, sehingga menjadi nilai plus tersendiri dan merupakan alasan utama mengapa kerajinan tradisional sangat digemari oleh banyak orang.

Tidak sedikit hasil lukisan para pelukis Indonesia yang terjual dengan nilai tinggi di luar negeri. Oleh karena itu, Anda tidak boleh meremehkan jenis bisnis yang satu ini, dan hendaknya Anda bersungguh-sungguh dalam mengelolanya.

Beberapa contoh kerajinan tangan nasional yang bisa Anda jadikan sebuah bisnis, seperti anyaman bambu, gerabah, batik, dan masih banyak lagi yang lainnya. Jika Anda terus belajar dan mengembangkan kemampuan Anda, tentu jenis kerajinan tangan nasional yang bisa Anda buat akan semakin banyak pula.