5 Kerja Sampingan Online yang Bisa Menambah Penghasilan Anda

  • 4 min read
  • Sep 21, 2020

Secara umum kondisi ekonomi masyarakat di masa pandemi mengalami kemerosotan yang cukup jauh. Hal ini disebabkan karena aturan physical distancing yang mengharuskan jaga jarak dan tidak bertatap muka secara langsung.  Akibatnya, beragam jenis pekerjaan yang mengharuskan tatap muka dan berinteraksi secara langsung tidak bisa berjalan dengan semestinya.

Kondisi seperti ini tentu tidak bisa diatasi hanya dengan mengeluh saja. Harus ada upaya yang dilakukan untuk mengatasinya. Salah satunya adalah dengan menjalankan kerja sampingan online yang akan saya sebutkan di bawah ini.

Detail Ulasan 5 Kerja Sampingan Online

1.Membuka Jasa Design Online

Menjalankan Bisnis Design Online
Menjalankan Bisnis Design Online

Jika Anda punya kemampuan menggambar atau membuat segala macam design, maka coba Anda manfaatkan kemampuan Anda untuk menjadikannya sebagai sumber penghasilan tambahan.

Karena zaman sekarang serba digital, maka dengan itu keberadaan pembuat design sangat dibutuhkan oleh pihak perusahaan atau instansi pemerintahan, seperti design pembuatan logo,spanduk,poster baligho,dan lain sebagainya.

Anda hanya perlu menyiapkan laptop lengkap dengan software pembuatan gambar atau sejenisnya. Selain itu pula, Anda harus siapkan modem atau perangkat yang mendukung aktivitas internet.

Cara promosikan keahlian Anda sangatlah mudah, bisa dengan cara menampilkan contoh hasil karya Anda di media sosial atau bisa juga dengan mengerjakan design terlebih dahulu kepada orang terdekat Anda. Sehingga, mereka bisa melihat langsung kemampuan Anda dan bisa membantu memasarkannya.

2.Admin Media Sosial

Menjalankan Bisnis Online Admin Media Sosial
Menjalankan Bisnis Online Admin Media Sosial

Seiring dengan berkembangnya teknologi, maka aplikasi di media sosial juga mulai banyak. Sehingga Anda bisa menjadikan aplikasi media sosial itu menjadi sumber penghasilan. Media sosial itu tidak hanya digunakan untuk eksistensi diri saja, namun banyak juga pebisnis online lahir dari media sosial tersebut.

Karena fenomena itulah, admin media sosial kini menjadi salah satu pekerjaan yang sangat mudah. Para admin hanya bertugas mengupload foto jualan atau konten-konten yang berhubungan dengan akun tersebut.

Selain itu, admin juga bertugas membalas dan memberikan pelayanan kepada para konsumen yang akan membeli sebuah produk di akun tersebut.

Jika Anda memiliki karakter yang cenderung senang melayani dan paham akan produk yang dijual dalam salah satu akun media sosial, maka tidak ada ruginya jika Anda coba menjadi admin media sosial.

Modal utama yang Anda butuhkan hanya smartphone yang memiliki kuota data untuk bisa mengupload produk-produk jualan. Namun jika sudah berkembang, mungkin Anda butuh laptop agar lebih mudah menyimpan data.

Jika Anda ingin menjadi admin, Anda bisa mencarinya lewat akun-akun lowongan yang ada di kota Anda. Selain itu, Anda bisa juga menjalin kerja sama dengan teman serta rekan Anda yang sudah sukses sebagai  pengusaha dan mengelola sebuah akun media sosial.

3.Driver Online

Mendapatkan Penghasilan Dari Driver Online
Mendapatkan Penghasilan Dari Driver Online

Jika Anda memiliki kendaraan roda dua atau roda empat, maka kendaraan tersebut bisa menjadi sumber penghasilan uang tambahan setiap bulannya.

Seperti yang diketahui bersama, saat ini sedang marak-maraknya bermunculan aplikasi transportasi online yang memungkinkan seseorang bisa melakukan pemesanan kendaraan lewat smartphone. Fenomena ini jelas saja direspon oleh masyarakat luas karena memudahkan mereka jika ingin berpergian dengan tarif yang tergolong murah.

Para driver tentunya memiliki manajemen yang baik sehingga tidak perlu lagi khawatir akan pendapatan yang diterima atau bonus yang akan  didapatkan oleh para driver.

Saat ini, para pelaku driver online banyak yang bisa menghasilkan pendapatan melebihi gaji yang di dapatkan  di kantor. Tentu saja ini menjadi peluang yang cukup besar untuk memperoleh pendapatan setiap bulannya, dengan menjadi Driver GO-Jek atau menjajal Driver Grab.

Rata-rata pendapatan driver online mencapai 1 juta rupiah  hingga 8 juta rupiah setiap bulannya. Semakin rajin dan sering mendapatkan pelanggan, tentunya pendapatan yang akan diterima semakin besar pula.

Modal utama yang perlu dipersiapkan tentunya mobil ataupun motor yang memang masih layak untuk digunakan. Waktu kerjanya pun bebas karena Anda bisa tentukan sendiri, terlebih jika akhir pekan tiba,  di mana banyak orang yang memesan transportasi tersebut.

4.Menjadi Youtuber

Mendapatkan Penghasilan Menjadi Youtuber
Mendapatkan Penghasilan Menjadi Youtuber

Saat ini para yuotuber mulai bermunculan, mulai dari dalam dan luar negri. Youtuber ini bisa dibilang profesi baru di era milenial yang banyak disukai oleh generasi muda. Anda bisa mendapatkan uang dari internet dengan membuat konten video yang diunggah ke youtube.

Karena pendapatan yang diperoleh begitu besar, maka youtuber ini menjadi salah satu profesi baru yang bisa Anda perhitungkan untuk menambah gaji bulanan.

Menjadi seorang youtuber harus pandai membuat sebuah video dengan tema atau konten yang sesuai dengan minatnya. Karena di youtube sendiri sangat banyak contoh para publik figure ataupun dari kalangan biasa yang bisa melejit karena youtube.

sekarang youtube berisikan kegiatan sehari-hari, travelling, kuliner, horor, cerita, tentang keagamaan, dan lain sebagainya.

Nah, bila Anda punya keinginan untuk menjadi seorang youtuber, maka yang perlu Anda persiapkan adalah mengenai isi dari video tersebut. setelah itu, Anda buat penonton tertarget apakah untuk kalangan remaja, anak-anak, atau orang dewasa sehingga Anda bisa konsisten untuk membuat video.

Modal yang dibutuhkan menjadi seorang youtuber adalah laptop yang sudah dilengkapi dengan software untuk mengedit video. Setelah itu Anda harus banyak bersabara serta konsisten untuk membuat videonya.

Jika Anda tekuni dengan baik, maka profesi menjadi seorang youtuber ini bisa meraup penghasilan hingga puluhan sampai ratusan juta rupiah.

5.Penulis Artikel

Mendapatkan Penghasilan Dari Content Writter
Mendapatkan Penghasilan Dari Content Writter

Jika Anda memiliki kemampuan menjadi seorang penulis, maka cobalah gunakan kemampuan Anda agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Apalagi di saat sekarang ini banyak pemilik  blog atau website yang membutuhkan penulis artikel untuk mengisi websitenya dengan artikel yang berkualitas.

Jika sebuah website terisi dengan tulisan yang berkualitas dan menarik, maka Anda perlu meningkatkan performanya. Jika sudah begitu, keuntungan dari adsense bisa diterima oleh pengelola dan juga penulisnya yang berkontribusi.

Menjadi seorang penulis adalah sebuah profesi  menjadi trend di kalangan anak muda generasi milenial karena lewat menulis pun Anda bisa mendapatkan penghasilan yang cukup besar.

Bahkan, belakangan ini profesi menjadi seorang penulis sangat berkembang seiring dengan banyaknya permintaan untuk menulis review produk, copy writer di sosial media, liputan acara, dan lain sebagainya.

Anda harus yakin bahwa tulisan yang dihasilkan akan sebanding dengan penghasilan yang didapatkan. Para penulis artikel online ini bisa mengumpulkan keuntungan Rp 500 ribu hingga puluhan juta rupiah, sesuai dengan jam terbang dan kemampuannya dalam menulis.

Jika Anda termasuk seorang penulis pemula, biasanya hasil per artikel bisa dilihat dari jumlah kata yang ditulisnya. Jika pemesan artikel membutuhkan 500 kata, maka Anda bisa memberi harga sebesar Rp 15.000 hingga Rp 25.000. Jika mereka pemesan membutuhkan lebih dari 1000 kata maka bisa Anda hargai lebih dari Rp 50.000

Namun harga yang disebutkan di atas bersifat dinamis, sewaktu-waktu bisa berubah. Dimana perubahan tersebut disesuaikan dengan jam terbang dan juga tingkat kualitas artikel yang Anda buat.

Menjadi seorang penulis hanya membutuhkan modal laptop dan koneksi internet agar mudah berkomunikasi dengan klien. Menjadi seorang penulis bisa dikerjakan kapan dan di mana pun, asalkan bisa menyesuaikan dengan waktu yang ditentukan.