5 Pilihan Bisnis Terbaik Bagi Anda yang Tinggal Di Desa

  • 4 min read
  • Sep 23, 2020

Meskipun Anda tinggal di desa, bukan berarti Anda tidak bisa menjalankan bisnis dari tempat tinggal Anda. Kenyataannya saat ini sudah banyak sekali model bisnis yang berpotensi untung besar dan tetap bisa dijalankan meskipun dari desa.

Faktanya, saat ini sudah banyak pebisnis sukses yang berasal dari desa.Hal ini tidaklah mengherankan, karena selama seseorang mau bersungguh-sungguh dalam menjalankan bisnis, tetap bisa meraih kesuksesan.

Mungkin Anda bertanya-tanya, bisnis apakah yang bisa dijalankan dari desa? Jika Anda penasaran untuk mendapatkan jawabannya, pastikan Anda tetap menyimak ulasan lebih lanjut yang akan saya sebutkan di bawah ini.

5 Pilihan Bisnis Terbaik yang Bisa Dijalankan Di Desa

1.Bisnis Pom Bensin Mini / Pertamini

Bisnis Pertamini di Desa
Bisnis Pertamini di Desa

Peluang bisnis di desa banyak sekali bisa dicoba, di antaranya menjual bensin literan yang biasanya berupa bensin campuran atau pertamini. Mereka biasanya menyimpan bensin tersebut di dalam jerigen dan dijual eceran dengan harga per liternya berkisar 10 ribu rupiah.

Namun, walaupun begitu kebanyakan orang sudah menyadari akan bahayanya bensin campuran tersebut, sehingga kebanyakan orang sekarang lebih memilih mengisi di pom bensin.

Meskipun demikian, faktanya banyak orang yang merasa kesulitan saat harus membeli bensin di desa karena masih jarang pom bensin. Di sisi lain, jumlah pengendara motor di desa cukup banyak, sehingga hal itu merupakan peluang besar bagi Anda untuk membuka usaha pom bensin.

Hasil dari penjualan yang didapatkan dari usaha pom mini cukup menguntungkan, dan modal yang digunakan juga sangat kecil. Sebab, yang Anda butuhkan hanya modal pom mini dan bensin. Untuk harga pom mini sendiri berkisar 5 juta rupiah saja.

Adapun modal awal untuk bensin tergantung kesanggupan Anda. Setelah itu Anda tinggal menjualnya secara eceran dengan harga yang berlaku di daerah Anda. Jika harga bensin per liter Rp.7500, maka dalam 100 liternya seharga Rp.750 ribu saja.

Namun jumlah kebutuhan tergantung dari lokasi tempat Anda tinggal. Apakah dengan harga yang lebih murah atau bahkan lebih mahal untuk biaya awalnya. Terlepas dari hal tersebut, bisnis pom bensin di pedesaan memiliki prospek menjanjikan.

2.Bisnis Ternak Ayam Kampung

Peluang Bisnis Ayam Kampung di Desa
Peluang Bisnis Ayam Kampung di Desa

Bisnis terbaik berikutnya yang bisa Anda pilih saat tinggal di pedesaan adalah bisnis ternak ayam kampung. Di desa, banyak sekali orang yang senang memelihara ayam kampung. Namun kebanyakan  mereka hanya memelihara beberapa ayam saja untuk dimanfaatkan dagingnya atau telurnya.

Di desa, sangat jarang ada orang yang serius beternak ayam kampung. Sementara potensi penjualan ayam kampung sangatlah besar. Berdasarkan data yang ada pada tahun 2015, disebutkan kalau kebutuhan ayam kampung mengalami peningkatan, sementara di pasar hanya bisa menyediakan 25% – 30% saja dari kebutuhan.

Ada tiga metode yang bisa Anda coba untuk ternak ayam kampung, yaitu metode umbaran, metode semi intensif, dan metode intensif.

Metode umbaran merupakan metode tradisional yang biasanya dilakukan oleh orang-orang yang berada di lingkungan pedesaan. Pada metode ini, ayam dibiarkan berkeliaran untuk mencari makanan sendiri. Anda cukup menyediakan tempat berteduh ketika hujan. Sehingga Anda memberi makan hanya sehari dua kali.

Apabila Anda ingin  menggunakan metode ini, maka Anda harus punya lahan yang cukup luas. Kemudian dipagari sekelilingnya agar tidak berkeliaran ke rumah tetangga.

Metode yang kedua adalah metode semi intensif, yaitu Anda harus lebih memperhatikan pola makan ayam. Kemudian Anda bisa memantau kesehatan dan perkembangbiakannya. Anda harus membuat kandang yang luas, dan ditutupi dengan jaring agar ayam tidak kabur.

Selanjutnya metode intensif, yang mana metode ini membutuhkan biaya yang cukup besar. Anda harus membuat kandang dan membiarkan mereka terus di kandang. Tentu metode ini butuh modal untuk membuat kandang dan pakan.

3.Bisnis Pulsa HP dan Token Listrik

Peluang Bisnis Konter Pulsa di Desa
Peluang Bisnis Konter Pulsa di Desa

Bisnis pulsa dan token listrik merupakan usaha yang sangat potensial di daerah pedesaan, karena pulsa dan token listrik merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi masyarakat indonesia saat ini. Selain itu, modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar sehingga siapa saja bisa melakukannya.

Untuk jualan pulsa dan token listrik tentunya Anda perlu menyiapkan HP. Setelah itu daftarkan diri Anda menjadi agen pulsa. Kemudian Anda mencari agen pulsa terpercaya atau menjadi agen online seperti di Tokopedia yang juga menyediakan harga pulsa dan token listrik dengan harga yang sangat murah.

Bisnis pulsa HP dan token listrik tidak hanya prospektif di perkotaan saja,namun daerah pedesaan juga.  Tetapi, kebanyakan di pedesaan kurang berkembang. Salah satu penyebab usaha kita macet karena sistem bon. Agar usaha Anda berkembang, pastikan agar pembeli memberikan kepada Anda uang cash, dan catat dengan teratur setiap kali ada pembeli.

Jangan lupa Anda harus pisahkan antara uang pulsa dan uang lainnya, agar keuntungan Anda bisa lebih cepat terasa.

4.Bisnis Toko Sembako

Peluang Bisnis Sembako di Desa
Peluang Bisnis Sembako di Desa

Membuka bisnis sembako merupakan salah satu usaha yang banyak peminatnya, juga bisa menjadi pilihan bisnis terbaik saat Anda harus tinggal di pedesaan. Jenis usaha ini merupakan suatu kebutuhan sehari-hari yang dibutuhkan semua orang.

Apalagi di pedesaan sangat sulit untuk mendapatkan bahan makanan pokok, tentu saja itu bisa jadi keuntungan tersendiri bagi Anda yang ingin memulai usaha.

Tetapi, Anda harus memperhatikan beberapa hal sebelum membuka toko sembako, di antaranya adalah lokasi. Pastikan Anda memilih lokasi yang strategis saat akan membangun toko.

Agar orang-orang bisa lebih mudah menemukan toko Anda, akses menuju toko Anda harus bisa dilewati banyak kendaraan.

Selain itu, Anda harus memastikan jenis barang yang akan anda jual. Jika berada di desa, maka Anda bisa memilih barang yang banyak dibutuhkan para petani. Tentu menjual beras bukan pilihan meskipun beras merupakan bahan pokok.

Pada umumnya kebiasaan orang desa lebih suka minum kopi atau cemilan lain yang sulit didapatkan jika tidak datang ke kota.

5.Budidaya Ikan

Peluang Bisnis Budidaya Ikan di Desa
Peluang Bisnis Budidaya Ikan di Desa

Seperti yang kita ketahui, di daerah pedesaan tentunya memiliki peluang usaha yang sangat menjanjikan bila mau mengusahakan kondisi lingkungan untuk dijadikan usaha, seperti budidaya ikan. Bisnis yang satu ini tidak kalah menggiurkan untuk dikembangkan di desa. Apalagi potensi alamnya masih sangat subur, di mana air melimpah dan banyak lahan tanah yang masih kosong.

Bisnis budidaya ikan adalah usaha yang sangat menguntungkan, apalagi jika penyalur ikan di pasar tidak terlalu banyak. Tentunya Anda harus melakukan survei pasar terlebih dahulu.

Hendaknya juga Anda memilih bibit ikan yang unggul, agar nantinya akan menjadi ikan-ikan yang bagus. Jangan lupa pula memperhatikan pakannya, agar ikan yang Anda pelihara bisa tumbuh dengan baik.

Demikianlah 5 ide bisnis menguntungkan untuk dijalankan di desa yang bisa saya sebutkan pada postingan kali ini. Semoga dapat memotivasi Anda untuk membuka peluang usaha di pedesaan.