6 Pekerjaan Paruh Waktu yang Potensial

Posted on

Tuntutan kehidupan mengharuskan seseorang berfikir kreatif untuk menciptakan peluang usaha yang memungkinkan dia mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Meskipun seseorang memiliki pekerjaan utama, terkadang masih membutuhkan pekerjaan tambahan atau pekerjaan paruh waktu untuk menambah pemasukan.

Banyak faktor yang mendorong seseorang bekerja paruh waktu, namun yang paling utama adalah  menambah penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tapi jangan salah loh, meskipun paruh waktu, ternyata banyak orang yang justru meraih kesuksesan dan keberhasilan pada pekerjaan paruh waktu tersebut.

Oleh karena itu, di bawah ini akan saya sebutkan 6 pekerjaan paruh waktu yang mungkin terlihat sederhana, namun ternyata sangat potensial dalam meraup keuntungan. Lantas apa sajakah pekerjaan tersebut? Simak ulasannya di bawah ini.

Detail Ulasan 6 Pekerjaan Paruh Waktu yang Potensial

1.Jasa Pesan Antar

Peluang Bisnis Pesan Antar
Peluang Bisnis Pesan Antar

Banyak orang enggan untuk antre kalau hanya membeli makanan, membeli tiket kereta atau pesawat, dan lain-lain, sementara di sisi lain mereka membutuhkan hal-hal tersebut. Kondisi ini tentu menjadi peluang bisnis bagi anda, yaitu dengan menawarkan jasa pesan antar.

Jangan menganggap enteng pekerjaan paruh waktu yang satu ini, karena justru dari hal yang sederhana ini lahirlah bermunculanlah starup baru yang fokus pada jenis usaha jasa ini. Sebut saja semisal Grab dan Go-jek.

Anda tidak harus bergabung dengan Grab atau Go-jek untuk memanfaatkan peluang ini, justru yang terbaik adalah membuat tim sendiri. Anda bisa memasang tarif lebih murah dari grab atau gojek untuk area tertentu yang mudah anda jangkau. Misalnya jasa pesan antar di sekitar kampus, stasiun maupun kawasan mall.

Meskipun terlihat sederhana, ternyata potensi keuntungan yang didapatkan pada pekerjaan paruh waktu ini sangat besar. Coba saja hitung. Misalnya jika go-food atau Grab memasang tarif Rp 8.000 sekali antar, anda bisa memasang tarif yang lebih murah, misalnya 5 ribu rupiah. Tapi ingat, hal ini memungkinkan dikerjakan apabila jarak masih terjangkau di lingkup daerah yang anda targetkan.

Jika anda mampu closing 20 orang saja dalam sehari, maka bisa diestimasi pendapatan anda adalah  20 x 5000 = 100.000. Jika biaya makan dalam sehari yang harus dikeluarkan Rp.20.000 dan biaya bensin Rp.20.000, maka keuntungan bersih yang anda dapatkan adalah Rp.100.000 – 40.000 = 60.000. Jika dikalikan sebulan maka total keuntungan bersih anda Rp.60.000 x 30 hari = Rp1.200.000. Lumayan bukan!

2.Membuka Jasa Penitipan Hewan Peliharaan

Peluang Bisnis Penitipan Hewan
Peluang Bisnis Penitipan Hewan

Saat ini penitipan hewan peliharaan mulai tren di Indonesia, setelah sebelumnya sudah tren di luar negeri khususnya Amerika dan Eropa.

Anda akan menjadi baby sister bagi hewan-hewan yang umumnya dipelihara , seperti kucing, dan hewan lainnya. Untuk besarnya tarif, Anda tinggal menyesuaian dengan jenis hewan (tingkat kesulitan hewan berbeda-beda),  jenis perawatan yang dibutuhkan, dan berapa lama waktunya.

Sebagai patokan, umumnya tarif jasa penitipan hewan yang berlaku di jakarta berkisar antara 40 ribu rupiah hingga 1 juta rupiah sehari/ 8 jam.

Apabila anda berminat menekuni pekerjaan paruh waktu ini, anda tidak harus menerima penitipan semua jenis hewan. Anda tentu bisa memilih hewan-hewan peliharaan tertentu saja yang anda inginkan.

3.Membuka Jasa Desain

Peluang Bisnis Jasa Desain Grafis
Peluang Bisnis Jasa Desain Grafis

Apabila anda memiliki keahlian dalam desain menggunakan coreldraw atau photoshop, anda bisa membuka pekerjaan paruh waktu dengan membuat jasa desain. Jasa desain tersebut mencakup logo, banner, poster, dan lain sebagainya.

Untuk memasarkannya, anda bisa mulai dengan menawarkannya kepada teman-teman kampus anda. Selain itu, anda juga bisa memasarkan jasa tersebut secara online dengan memanfaatkan jejaring sosial seperti facebook atau instagram. Jika anda memang ahli di bidang desain grafis, cobalah untuk membuka jasa di market place yang khusus menawarkan jasa, seperti sribulancer.com dan flickr.com

Untuk orang-orang di sekitar anda atau teman komunitas, tarif harga yang anda pasang bisa dibuat seminimal mungkin, misalnya Rp.50.000 saja untuk 1 desain. Jika anda menawarkannya di marketplace, anda bebas menentukan sendiri tarif yang akan anda berikan.

4.Membuka Jasa Titip dan Sewa Sepeda Motor dan Sepeda

Peluang Bisnis Penitipan Kendaraan
Peluang Bisnis Penitipan Kendaraan

Jika rumah anda dekat dari lokasi-lokasi keramaian seperti dekat dari terminal bus, stasiun kereta api, mall, atau bandara, atau dekat dari daerah pariwisata seperti misalnya di Jogjakarta, maka hal ini merupakan kesempatan bagi anda untuk membuka pekerjaan paruh waktu yang potensial. Sebab, anda bisa membuka jasa titip dan sewa sepeda motor atau sepeda.

Tentu saja untuk meraih kepercayaan konsumen, anda harus mampu menjamin keamanan kendaraan yang di titipkan serta harus teliti dalam menyewakan.

Keuntungan yang bisa anda peroleh dari bisnis ini lumayan, karena anda bisa meraih jutaan rupiah dalam sebulan.

Coba kita kalkulasi potensi keuntungannya. Anggaplah jasa penitipan 1 motor untuk 1 hari dikenakan tarif Rp.15.000. Anggaplah dalam sehari anda hanya dititipi 10 motor saja,berarti  anda sudah mengantungi Rp.150.000. Jika dikalikan sebulan (30 hari), berarti Rp.150.000 x 30 = Rp.4.500.000. Wow luar biasa besar bukan!

5.Menjadi Content Writer dan Video Editor

Peluang Bisnis Content Writer
Peluang Bisnis Content Writer

Saat ini kebutuhan terhadap penulis konten dan video editor sangat besar. Hal tersebut tidak lepas dari banyaknya startup yang menyasar promosi mereka melalui digital, yang mana mereka pastinya sangat butuh terhadap konten artikel maupun video sebagai bahan promosi. Nah, di sinilah peluang bagi anda untuk menjalankan pekerjaan paruh waktu dengan membuka jasa content writer maupun video editor.

Sasaran para startup tersebut tentunya adalah para pengguna mesin pencari google dan media audio video seperti youtube. Tanpa konten yang berkualitas, tentu kecil sekali peluang usaha mereka untuk mengoptimasi kata kunci yang ditargetkan meraih peringkat di google atau di youtube.

Nah, di sinilah peran anda sebagai penyedia jasa konten artikel maupun video. Satu konten artikel dengan panjang 1000 kata bisa anda tawarkan 20-30 ribu rupiah, tergantung kualitas dan fokus tema yang di ambil. Untuk video tentu harganya bisa lebih mahal lagi, bahkan bisa mencapai ratusan ribu rupiah hingga jutaan ribu rupiah.

Apabila anda mampu menyelesaikan 10 artikel 1000 kata saja dala sehari, maka potensi keuntungan anda dalam sehari (jika per artikel 1000 kata Rp.20.000) adalah 20.000 x 10 artikel = 200.000. Berarti dalam sebulan anda bisa mendapatkan Rp.200.000 x 30 = Rp.6.000.000. Wow luar biasa bukan!

6.Menjadi CS Toko Online

Peluang Bisnis Cs Toko Online Shop
Peluang Bisnis Cs Toko Online Shop

Akibat menjamurnya toko online maupun marketplace seperti shopee, tokopedia, bukalapak, dan lain lain, menjadikan terbukanya kesempatan untuk menjalankan pekerjaan paruh waktu bagi anda. Peluang tersebut adalah menjadi CS toko online. Sebab, saat ini sangat banyak sekali pengelola toko online yang membutuhkan CS untuk melayani pembeli yang bertanya tentang produk yang dipasarkannya. Tentunya profesi CS online bisa anda kerjakan saat anda sedang tidak sibuk.

Bahkan banyak startup bermunculan untuk memfasilitasi kebutuhan ini. Salah satunya adalah kampungmarketer.com. Dengan menjadi CS toko online, anda bisa mendapatkan gaji yang lumayan besar setiap bulannya. Tugas anda hanya mengikuti instruksi dari pemilik toko online tentang produk knowlage yang akan di sampaikan kepada calon pembeli.

Selain menginformasikan terkait produk,CS toko online juga memegang peran penting dalam terjadinya transaksi online. Sebab, saat calon pembeli yang tadinya belum yakin, namun jika mampu dijawab oleh CS dengan jawaban memuaskan, maka besar kemungkinan calon pembeli akan membeli produk tersebut.