7 Ide Bisnis Untuk Single Moms Mudah Dijalankan Dirumah

  • 4 min read
  • Sep 16, 2020

Menjadi single moms bukanlah keinginan seorang wanita. Saat menikah, seorang wanita ingin terus bersama suaminya sampai usia tua. Namun terkadang takdir berkehendak lain, sehingga seorang wanita harus mengasuh anaknya sendiri tanpa suami akibat perceraian atau ditinggal mati.

Untuk mengatasi masalah finansial, single moms bisa coba menjalankan bisnis yang mudah dilakukan dari rumah. Dalam hal ini ada beberapa ide bisnis yang bisa dijalankan. Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya akan membagikan informasi seputar 7 ide bisnis untuk single moms.

7 Ide Bisnis Untuk Single Moms yang Bisa Dikerjakan Dari Rumah

Bagi single moms yang yang sedang memikirkan solusi finansial, sebaiknya moms menjalankan salah satu dari 7 ide bisnis yang akan saya sebutkan di bawah ini.

1.Social Media Influencer

Bisnis Influencer Sosial Media
Bisnis Influencer Sosial Media

Media sosial saat ini bukanlah menjadi platform berbagi keseharian saja. Namun dengan berkembangnya teknologi yang canggih dan jumlah pengguna yang  terus meningkat, sehingga  sosial media bisa dijadikan tempat sarana untuk mengumpulkan rupiah demi rupiah. Salah satunya adalah sebagai influencer.

Anda bisa menjadi influencer di Instagram, Facebook, Twitter maupun Youtube.  Semakin banyak pengikut Anda, tentunya peluang brand yang akan mengajak Anda bekerjasama akan semakin banyak pula. Otomatis penghasilan Anda semakin besar pula.

Banyak jenis konten yang bisa Anda suguhkan, di antaranya adalah mengenai kemandirian menjadi seorang single moms atausekadar berbagi pengalaman menjadi seorang single moms. Pastinya konten-konten seperti ini memiliki target pasar tersendiri. Selain itu, Anda juga bisa membuka jasa endorsement dengan membuat konten iklan di rumah sambil mengawasi buah hati Anda. Mudah bukan?

2.Bimbingan Belajar

Bimbingan Belajar
Bimbingan Belajar

Ide bisnis yang lain untuk single moms yang cocok untuk dijalankan adalah membuka jasa bimbingan belajar alias bimbel. Anda bisa menawarkan jasa bimbel ini di rumah, yang waktu belajar mengajarnya bisa dilakukan di waktu sore atau petang, dengan target anak-anak di lingkungan sekitar rumah Anda.

Meskipun sudah banyak lembaga bimbel yang jauh lebih besar atau bahkan bimbel online, namun tetap saja peluang bisnis bimbel rumahan masih cukup menjanjikan. Sebab, kebanyakan orangtua merasa jauh lebih nyaman jika tetangga mereka sendiri yang mengajari buah hati. Terlebih lagi jika Anda mempunyai gelar sarjan pendidikan, tentunya kepercayaan orangtua murid kepada Anda semakin besar.

3.Agen Pulsa

Bisnis Jualan Pulsa Online dan Offline
Bisnis Jualan Pulsa Online dan Offline

Bagaimana jika tidak bisa memasak, menulis, menjahit atau memiliki latar belakang pendidikan tertentu? Apakah seorang single moms bisa menghidupi anaknya? Jawabannya adalah bisa! Salah satu jenis bisnis yang bisa dijalankan oleh moms adalah menjadi agen pulsa.

Meskipun bisnis menjadi agen pulsa bisa dibilang paling umum dan sudah memiliki target pasar, meskipun konter pulsa menjamur, faktanya bisnis jual-beli pulsa tidak pernah ada kata bangkrut selama orang yang menjalankannya profesional dan bertanggung jawab.

Untuk menjadi seorang agen pulsa, Anda tentu harus memilih distributor yang berkualitas. Pastikan distributor menyediakan berbagai produk pulsa hingga produk tambahan seperti token PLN, pulsa data internet, pembayaran PPOB hingga keperluan e-money atau e-wallet.

Alasan utama kenapa bisnis pulsa mudah dijalankan dan siapa saja bisa melakukannya tidak lain karena modal awal yang dibutuhkan sangatlah terjangkau. Beberapa distributor pulsa bahkan menerima deposit awal mulai nominal Rp100 ribu.

4.Kue-Kue Rumahan

Bisnis Kue-Kue Rumahan
Bisnis Kue-Kue Rumahan

Jika Anda pandai memasak, cobalah berjualan kue-kue rumahan. Jangan ragu, karena fakta membuktikan kalau usaha membuat kue-kue rumahan merupakan salah satu usaha yang menjanjikan. Anda sudah bisa mulai menjalankan bisnis ini dengan cara menjajakan kue-kue basah tradisional yang dijual di etalase depan rumah atau dititip di toko-toko.

Manfaatkan media sosial untuk menjual kue-kue yang Anda buat kepada calon konsumen. Jika ke depannya bisnis yang Anda jalankan ini semakin berkembang, Anda bisa merekrut karyawan.

5.Menjahit

Bisnis Menjahit Bagi Single Mom
Bisnis Menjahit Bagi Single Mom

Hobi lain yang juga bisa menjadi ladang penghasilan single moms adalah menjahit. Selama moms mau menjalankannya dengan tekun dan profesional, tentu bisnis jahit pakaian akan mencukupi kebutuhan finansial keluarga.

Saat ini sudah banyak sekali ibu-ibu tunggal yang menawarkan jasa menjahit dan mampu menyekolahkan buah hati mereka hingga perguruan tinggi. Agar dapat menjadi seorang penjahit yang sukses,sebaiknya Anda mengikuti program pelatihan menjahit dan terus mengembangkan kemampuan.

Saat bisnis jahitan Anda sudah berjalan, jangan lupa untuk memfokuskan pada jasa jahit yang ditawarkan seperti khusus busana muslimah, khusus seragam sekolah hingga menerima aneka pesanan jahitan.

6.Content Writer

Bisnis Content Writer
Bisnis Content Writer

Seorang perempuan yang memiliki kemampuan dalam dunia penulisan tidaklah bisa diremehkan, karena kemampuan tersebut bisa menjadi salah satu solusi menutupi masalah finansial yang moms rasakan. Solusi tersebut adalah dengan membuka layanan jasa penulisan artikel atau content writer.

Menjadi seorang content writer tidaklah memerlukan waktu sepanjang hari seperti layaknya jadi penulis di media. Anda bisa melakukannya di rumah ketika anak-anak berangkat sekolah atau beristirahat sejenak. Bahkan jika Anda mampu membagi waktu dengan tepat dan selalu memperhatikan deadline, jadwal menulis pun tak akan mengganggu quality time bersama anak tercinta.

Supaya lebih fokus, ada baiknya moms menyediakan ruangan khusus untuk mengerjakan tugas sebagai content writer. Semakin profesional Anda bekerja, tentu tarif penulisan yang ditawarkan bakal semakin besar. Bahkan Anda bisa memperoleh keuntungan lebih jika menjadi seorang travel blogger atau food blogger, sehingga memperbesar peluang endorse dari brand-brand besar.

7.Katering

Bisnis Katering Makanan Untuk Single Mom
Bisnis Katering Makanan Untuk Single Mom

Seorang ibu memang identik untuk memasak. Nah, jika Anda cukup percaya diri dengan hasil masakan, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk membuka bisnis katering. Tidak perlu besar-besaran, karena katering rumahan bisa mengawalinya dalam skala kecil dan menjualnya secara online. Anda bahkan bisa menawarkan bisnis katering kepada tetangga-tetangga atau perkantoran yang berada di dekat rumah.

Perlu diketahui bahwa kunci sukses dari bisnis katering adalah senantiasa mampu menjaga kualitas rasa serta kebersihan produk. Anda bisa mengembangkan bisnis katering ke tema yang lebih khusus seperti katering khusus pegawai kantoran, katering khusus anak kos hingga katering sehat untuk diet.

Gunakan bahan-bahan masak terbaik saat membuat katering, supaya produk yang dihasilkan selalu terjaga kualitasnya. Anda juga bisa menawarkan bisnis katering ini secara online sehingga jauh lebih efisien dan bisa dijalankan di rumah.

Tentunya dari 7 jenis bisnis yang sudah dijelaskan di atas, single moms memilih yang terbaik dan termudah untuk dijalankan dari rumah. Tentu saja dengan cara seperti ini, Anda tidak akan kehilangan waktu bersama buah hati tercinta, tapi tetap memperoleh penghasilan demi keuangan keluarga.

Tentu saja keberadaan seorang single moms yang mampu menjalani hidup mandiri dan sejahtera finansial bersama anak-anaknya bakal menjadi sosok yang patut disegani dan sumber inspirasi bagi yang lainnya. Oleh karena itu, moms harus tetap semangat dan tidak mudah menyerah dalam berjuang. Semoga bermanfaat.