8 Hobi Ini Bisa Dijadikan Penghasilan

  • 4 min read
  • Sep 25, 2020

Di masa pandemi akibat virus Covid-19 saat ini, masyarakat merasakan betul kesulitan ekonomi akibat banyaknya sektor pekerjaan yang macet karena keharusan physical distancing yang ditetapkan oleh pemerintah. Ketetapan pemerintah tidak salah, bahkan di dalamnya terdapat maslahat yang besar agar wabah ini tidak semakin berkembang.

Berkeluh kesah bukan solusi dan bukan pula jalan keluar dari problem ini. Dibutuhkan kesungguhan dan upaya untuk bisa mengatasinya. Salah satunya adalah coba melakukan usaha sampingan yang mudah dijalankan, salah satunya adalah usaha sampingan yang memanfaatkan hobi menjadi penghasilan.

Detail Ulasan 8 Hobi yang Bisa Jadi penghasilan

1.Membuat Video Tutorial Masak, Menjahit, Olah raga Dll

Membuat Video Tutorial Masak, Menjahit, Olah raga Dll
Membuat Video Tutorial Masak, Menjahit, Olah raga Dll

Bagi  Anda yang hobi berbagi ilmu pengetahuan, mungkin Anda bisa berbagi ilmu melalui youtube. Apalagi jika Anda memiliki kemampuan tertentu seperti memasak, menjahit pakaian, atau olah raga yoga misalnya Anda bisa membuat video tutorial dan menguploadnya ke youtube.

Kemampuan editing tidak perlu menjadi seorang profesional yang penting Anda bisa menikmati dalam membuat tutorial, Karena sekarang ini Kebanyakan orang lebih memilih Video tutorial. Maka cobalah Anda mengupload video tutorial di situs populer yang bisa menghasilkan uang dari video seperti youtube.

Trafik audiens Anda mungkin tidak langsung naik, tetapi biasanya sudah ada yang menonton video tutorial. Apalagi saat sekarang kebanyakan orang melakukan aktifitas dirumah seperti memasak, olah raga dan juga mempelajari hal-hal baru lewat video dari youtube.

Selain karena hobi juga bisa bermanfaat bagi orang lain, Anda juga bisa menjadikan peluang bisnis yang bagus untuk mendapatkan penghasilkan tambahan.

2.Penulis Freelance

Penulis Freelance

Salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan adalah mencoba menjadi penulis freelance. Menjadi seorang penulis Tidak perlu menjadi ahli di bidang tertentu, apalagi sekarang ini banyak media online yang menerima tulisan seperti artikel, puisi dan lain-lain dengan berbagai niche.

Apakah itu dari tulisan formal hingga sekedar curhat bisa di muat dan di bayar. Apabila selama ini kebiasaan Anda menulis di dalam diari karena hobi, maka Anda bisa memanfaatkan hobi untuk dijadikan penghasilan tambahan. Walaupun hanya berada di dalam rumah.

Tidak sulit bagi Anda jika ingin menjadi seorang penulis online, karena Anda bisa menjalankannya di manapun dan baik itu di rumah atau berada di luar rumah. Selain itu menjadi seorang penulis itu tidak terikat dengan waktu, jadi Anda bebas mau menulis kapanpun.

3.Membuat Masker dan Menjualnya Secara Online

Membuat Masker dan Menjualnya Secara Online
Membuat Masker dan Menjualnya Secara Online

Masker adalah salah satu menjadi keperluan yang wajib dimiliki oleh setiap orang di tengah pandemi corona ini. Fenomena ini membuat masker medis menjadi barang yang langka. Ini terjadi karena beberapa waktu lalu banyak yang melakukan penimbunan masker yang akhirnya berhasil di amankan polisi. Selain masker medis, ada juga masker yang terbuat dari kain. Walaupun keefektifannya  tidak sebanding dengan masker medis, tapi masker kain bisa dijadikan alternatif, daripada tidak memakai masker samasekali jika keluar rumah.

Jika Anda memiliki kemampuan atau hobi menjahit, saat inilah Anda bisa memanfaatkan kemampuan atau hobi Anda untuk membuat masker kain sendiri. Karena sebenarnya membuat masker kain itu sangat sederhana. Anda membuat masker kain bukan hanya untuk pribadi, tapi membuat masker Anda bisa menjadikan penghasilan tambahan dengan memasarkan lewat marketplace dan juga socmed.

4.Membuka Jasa Desain Grafis Freelance

Membuka Jasa Desain Grafis Freelance
Membuka Jasa Desain Grafis Freelance

Apakah Anda senang dan hobi merancang desain gambar dengan menggunakan software/aplikasi seperti adobe illustrator dan semisalnya? Kalau selama ini Anda hanya mengulik software/aplikasi tersebut karena kepuasan pribadi saja, di masa pandemi ini hobi mendsain tersebut dapat Anda jadikan sumber penghasilan tambahan.

Anda bisa menjadi Desainer grafis freelance lewat aplikasi freelance atau mempromosikan pada rekan-rekan yang punya usaha dan membutuhkan content gambar untuk di upload di medsosnya, seperti desain logo, desain company profile dll.

Sejak terjadinya pembatasan kegiatan di luar rumah, dan kesadaran para pengusaha Indonesia tentang pentingnya desain grafis bagi pemasaran bisnis maka jasa desain grafis freelance akan sangat dibutuhkan. Apabila Anda dapat menawarkannya pada audiens yang tepat, kemampuan desain Anda bisa di salurkan dan menghasilkan penghasilan tambahan.

5.Menjual Kerajinan Tangan Online

Menjual Kerajinan Tangan Online
Menjual Kerajinan Tangan Online

Merasa bosan di rumah terus? Usaha kerajinan tangan bisa menjadi selusi pengusir kebosanan. Usaha kerajinan tangan merupakan salah satu alternatif bisnis rumahan yang bisa Anda jalankan tanpa harus mengeluarkan modal besar. Jika kerajinan tangan sudah jadi, Anda bisa menjualnya di marketplace atau melalui social media Anda.

Mungkin Anda merasa khawatiran soal pengiriman barang yang nantinya akan terhambat atau malah tidak bisa sama sekali mengingat adanya himbawan stay at home. Masalah pengiriman Anda tidak boleh  khawatir. Saat ini ojek online, dan perusahaan pengiriman barang masih beroperasi. Jadi apabila ada yang memesan hasil karya Anda, maka tetap Anda bisa mengirimkannya.

6.Menjual Camilan Secara Online

Menjual Camilan Secara Online
Menjual Camilan Secara Online

Camilan adalah salah satu barang incaran banyak orang saat masa karantina dari covid-19. Dari yang kekinian hingga yang tradisional, cemilan sangat dibutuhkan untuk menemani work from home atau belajar di rumah bagi anak sekolahan. Jika Anda memiliki kemampuan atau hobi bereksperimen membuat cemilan rumahan, maka Anda bisa menggunakan hobi tersebut untuk menambah penghasilan.

Tidak perlu terlalu heboh untuk promosi karena bisa jadi akan banyak yang menyambut tawaran camilan Anda. Selain itu, kemampuan produksi Andapun masih terbatas karena ini masih ide bisnis hobi di masa pandemi. Cukup Anda menawarkannya di grup warga komplek, alumni atau bahkan teman-teman yang masih dalam satu wilayah. Dengan begitu cemilanpun bisa cepat sampai dan dinikmati pelanggan di rumah.

7.Buka Les Private Online

Buka Les Private Online
Buka Les Private Online

Berbeda lagi dengan Anda yang kemampuan atau hobinya adalah mengajar, berbagi ilmu dan harus berinteraksi dengan orang lain. Masa pandemi ini mungkin akan menjadi cobaan yang cukup berat jika tidak ada teknologi digital. Jika Anda berprofesi sebagai guru, dosen atau tutor dan profesi tersebut juga merupakan keahlian atau hobi Anda maka walaupun dalam kondisi pandemi maka Anda tetap bisa mengajar loh!

Ada banyak aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mempertemukan guru les dengan calon murid seperti Superproof atau membuka jadwal les online melalui media lainnya. Di Superproof sudah ada disediakan beberapa golongan jenjang les dan bidang ajarnya.

Mulai dari pelajaran formal di sekolah dan perkuliahan sampai nonformal seperti les memasak, menjahit, dll. Bisa Anda mengatur jadwal sesuai kesepakatan. Dengan sebab itu, keahlian atau hobi mengajar Anda bisa tersalurkan walaupun tetap aman di rumah.

8.Jual Catering Sehat Online

Jual Catering Sehat Online
Jual Catering Sehat Online

Selain camilan, membuat makanan berat yang sehat juga sangat dibutuhkan oleh banyak orang di masa pandemi seperti ini. Sekarang ini kebanyakan orang yang harus tetap bekerja dari rumah dan tidak punya waktu untuk memasak, tetapi tidak semua orang bisa makan sembarangan dalam asupan gizi. Kini, orang lebih memperhatikan apa yang di makan dan di minum untuk menjaga agar kesehatan dan sistem imun lebih kuat. Oleh karena itu kebutuhan akan catering sehat cukup besar.

Nah, jika Anda punya kemampuan atau hobi memasak makanan sehat, Anda bisa menjadikan kemampuan ini sebagai peluang usaha untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Sama seperti camilan, Anda tidak perlu heboh untuk mempromosikan catering sehat ini. Cukup menawarkannya di area terdekat terlebih dahulu terutama orang-orang yang menurut Anda paling pasti membutuhkan catering sehat.