9 Tips Online Marketing Ampuh Tingkatkan Penjualan

  • 4 min read
  • Nov 26, 2020

Bagi kamu yang saat ini sedang menjalankan usaha kecil namun kesulitan dalam memasarkan produk atau jasa yang ditawarkan, sebaiknya kamu membaca 9 tips online marketing yang akan saya sebutkan di bawah ini.

Jika kamu mampu melakukan apa yang disebutkan di bawah secara konsisten, niscaya penjualan yang dihasilkan oleh usaha kecil yang kamu jalankan tetap meningkat. Tapi tentu saja kesuksesan hanya akan didapatkan saat kamu bersungguh-seungguh dan fokus dalam melakukannya.

1.Temukan Tempatmu di Media Sosial

Setiap pemilik usaha kecil seharusnya sudah mengetahui besarnya peranan social media dalam meningkatkan penjualan. Ini menunjukkan pentingnya memaksimalkan social media dalam promosi dan penjualan.

Tapi jangan sampai melupakan faktor yang sangat penting dalam bersocial media, yaitu memperhatikan bagaimana interaksi yang dihasilkan dari media sosial tersebut. Misalnya, kamu melakukan online marketing melalui Facebook, namun ternyata tidak memberikan pengaruh yang signifikan, maka sebaiknya kamu berpindah ke platform social media lainnya.

Carilah media sosial yang memberikan banyak interaksi dengan target market usahamu. Cari tahu di media sosial mana kebanyakan audiens kamu menghabiskan waktunya.

2.Menjalin Kerja Sama dengan Influencer

Sebagai pengguna social media, tentu kamu sudah tidak asing lagi yang namanya influencer bukan? Saat ini influencer merupakan salah satu alat yang paling kuat untuk membantu usaha kamu meningkatkan penjualan. Tentunya jika dilakukan dengan benar.

Efesiensi influencer disebabkan bentuk pemasaran produk usaha yang disampaikan atau dipromosikan ke “market”nya mereka. Sebab, influencer biasanya merupakan orang berpengaruh terhadap audiensnya.

Bahkan promosi atau penjualan sangat efektif disebabkan target audiens kamu adalah seorang milenial karena keputusan pembelian 70% konsumen milenial sangat dipengaruhi oleh rekomendasi orang terpercayanya.

Meskipun demikian, kamu tetap harus waspadai saat memakai jasa influencer. Oleh karena itu, pastikan influencer tersebut memiliki cakupan yang cocok dengan market kamu. Selain itu, jangan cuma mengandalkan banyak followers, tetapi lihat juga berapa engagement rate-nya.

3.Hindari Melakukan Banyak Campaign Sekaligus

Pengusaha pemula seringkali melakukan kesalahan dalam hal ini, yaitu ingin melakukan semuanya dalam satu waktu. Sebagai contoh, jika dalam satu waktu kamu memiliki beragam campaign dan promosi atau melakukan semua perihal content marketing bersamaan. Kalau memang kamu memiliki sumber daya manusia yang cukup, tentu tidak apa.

Lantas bagaimana Apabila hanya kamu sendiri yang melakukannya? Solusinya, fokuslah melakukan kampanye satu per satu.

 

4.Gunakan Iklan Berbayar

Berbicara tentang online marketing, tentu tidak bisa terlepas dari perihal iklan berbayar. Penggunaan iklan berbayar sangat efektif dalam meningkatkan penjualan. Hanya saja agar iklan bisa menjadi lebih efektif, sebaiknya kamu gunakan trik tertentu.

Salah satu trik yang bisa membantu menjadikan iklan berbayar lebih efektif, sebaiknya kamu membuat penawaran yang menarik, misalnya newsletter atau ebook gratis. Tentu hal ini harus kamu sesuaikan kontennya dengan jenis usaha yang kamu jalankan.

Sebelum itu, tentu kamu harus membuat sebuah situs usaha sebagai aset digital, lalu membuat buat iklan berbayar dengan PPC(pay per click) tertarget untuk mengarahkan orang ke situs usahamu.

5.Maksimalkan SEO

Salah satu tips ampun dalam meningkatkan penjualan usahamu khususnya saat mempromosikannya secara online adalah dengan memanfaatkan SEO atau Search Engine Optimization. SEO sendiri merupakan tips dan trik yang dilakukan agar website penjualan bisa menempati posisi yang bagus pada hasil pencarian search engine Google dan lainnya pada kata kunci tertentu yang ditargetkan.

Meskipun optimasi SEO tergolong rumit dan memakan waktu, tapi tak ada salahnya kamu pertimbangan untuk melakukan hal ini.

Apabila kamu memang sudah memiliki situs web sendiri, tentu optimasi SEO akan sangat berguna dalam memberikan organic traffic ke situs milikmu.

Selain itu, SEO juga tergolong metode online marketing yang murah, bahkan jauh lebih murah daripada iklan berbayar.

6.Tingkatkan Pengalaman Pengguna

Setelah semua langkah-langkah sebelumnya di atas sudah kamu lakukan, jangan lupa untuk mengevaluasi kembali pengalaman pengguna. Perhatikan sejak awal mereka terpapar informasi perihal produk kamu hingga melakukan pembalian.

Misalnya, mulai dari saat mereka mengakses produk kamu di situs, seberapa lancar dan cepatnya loading situs tersebut? Setelah itu lakukan pengecekan kondisi saluran komunikasi? Misalnya jika kamu menggunakan WhatsApp, maka seberapa cepat dan tanggapnya kamu dalam membalas setiap pesan yang masuk?

Sudahkah menggunakan pesan otomatis untuk membantu kamu membalas pertanyaan konsumen di luar jam kerja? Lalu, bagaimana kondisi proses pemesanan sampai barang dikirimkan ke pemesan?

Meskipun hal-hal di atas mungkin terdengar “begitu saja”, namun ternyata turut memberikan pengaruh besar pada keputusan akhir pembelian dari konsumen.

Pastinya setiap konsumen ingin semuanya berjalan lancar, mulai saat mencari informasi tentang produk kamu, sejauh mana kamu tanggap dalam membalas pesan masuk,dan lain sebagainya. Sebab, jika pelanggan kamu memiliki pengalaman yang tidak baik, misalnya mendapatkan respon lama. Besar kemungkinan mereka akan beralih ke produk lain.

7.Selalu Up-to-date

Perlu diingat bahwa dunia dunia online berkembang sangat pesat dan cepat. Oleh karena itu, metode yang tergolong efektif dalam meningkatkan penjualan melalui online marketing kamu sebulan lalu, belum memiliki efektifitas yang sama di bulan selanjutnya. Jadi, pastikan kamu selalu ikuti perkembangan zaman dan tren yang ada.

Kamu juga dapat, “tap in” ke dalam tren yang sedang terjadi di dalam masyarakat. Misalnya, memberlakukan promo saat sedang hari kemerdekaan, atau hari raya.

8.Bangun Jaringan Secara Perlahan

Jangan cuma  berfokus pada konsumen kamu. Cobalah membangun jaringan dengan para pengusaha lainnya. Caranya, ikutilah komunitas yang berisi banyak pengusaha-pengusaha, yang memungkinan untuk saling berbagi ilmu.

Selain itu, kamu bisa dapat menemukan partner kolaborasi untuk mengembangkan usaha kamu. Nah dari sisi konsumen, kamu juga dapat bergabung ke dalam kelompok atau jaringan yang memang membicarakan tentang bidang usaha yang kamu geluti. Di situ tentunya kamu tidak hanya bisa mendapatkan konsumen baru, melainkan juga insight dari target pasar kamu.

9.Meningkatkan Kemampuan dengan Terus Berlatih

Karena online marketing memiliki cangkupan yang luas dan memiliki perubahan setiap waktunya, sehingga kamu tidak boleh merasa puas dengan keberhasilan yang usaha kamu hasilkan dari kegiatan online marketing.

Teruslah mengasa kemampuan, lakuan trial-error, hingga metode ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Sebaiknya kamu mencari pemimpin pasar dari bidang usaha yang kamu geluti, selanjutnya tinggal amati bagaimana cara mereka melakukan kegiatan pemasarannya hingga akhirnya menjadi besar.

Investasikan juga untuk mengikuti beragam seminar atau webinar, untuk bekal ilmu online marketing kamu ke depannya.

Setelah membaca  10 hal di atas, kira-kira nomor berapa saja yang sudah berhasil kamu lakukan secara konsisten?  Ingat, online marketing saat ini bukan lagi menjadi hal sampingan, tapi wajib dilakukan dengan baik oleh siapapun khususnya para pengusaha di bidang apapun agar dapat bertahan mengikuti perkembangan zaman.