9 Tren Produk Populer Tahun 2021 yang Cocok Dijadikan Bisnis

  • 4 min read
  • Dec 22, 2020
9 Tren Produk Populer Tahun 2021 yang Cocok Dijadikan Bisnis

Menjelang tahun 2021 ini seharusnya Anda mempersiapkan bisnis yang akan Anda jalankan sejak dini. Hal ini penting, agar saat memasuki tahun 2021, usaha atau bisnis 2021 yang Anda jalankan sudah masuk pada tahap pengembangan dan tahap memperoleh laba atau keuntungan.

Agar bisnis Anda berjalan lancar, tentu Anda harus melakukan penelitian terkait produk-produk apa saja yang bakalan tren pada tahun 2021 nantinya. Setelah mengetahuinya, tinggal melakukan tindakan nyata terhadap bisnis tersebut.

Perkiraan 9 Tren Produk Populer Tahun 2021 yang Cocok Dijadikan Bisnis

Di bawah ini akan saya sebutkan perkiraan 9 tren produk populer tahun 2021 yang cocok dijadikan sebagai bisnis.

1.Makanan Ready to Cook

Bisnis Makanan Ready to Cook
Bisnis Makanan Ready to Cook

Masa new normal akibat pandemi Covid-19 saat ini menjadikan banyak orang lebih memilih untuk berbelanja makanan secara online dibandingkan harus makan langsung di warung atau restoran. Tidak heran jika tingkat belanja online semakin meningkat di masa ini.

Hal ini tentu menjadi peluang bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis makanan dengan konsep ready to cook. Tapi ingat, keberhasilan bisnis ini bisa Anda dapatkan selama Anda memperhatikan kualitas bahan-bahan makanan tersebut, di samping harga yang diberikan memang pantas dan masuk akal.

Untuk memaksimalkan penjualan, Anda bisa memanfaatkan media internet, baik dengan membuat website penjualan, melalui market place, maupun social media seperti facebook, twitter, instagram, dan lain sebagainya.

2.Masker Kain

Bisnis Masker Kain
Bisnis Masker Kain

Masker kain saat ini menjadi salah satu tren produk terpopuler, dan diperkirakan masih akan seperti itu pada tahun 2021 disebabkan kondisi negara kita yang masih terpapar wabah Covid-19. Jadi, masyarakat masih tetap membutuhkan masker untuk menjaga mereka dari penularan virus.

Seiring dengan anjuran pemerintah agar masyarakat menggunakan masker kain non-medis yang bisa dicuci dan dipakai kembali, menjadikan peluang bisnis masker kain sangatlah besar.

Meskipun hasil penelitian menunjukkan kalau masker kain hanya sepertiga efektif dinadingkan masker medis (surgical mask) dalam mencegah infeksi, kenyataannya masih cukup efektif dalam membantu mengurangi jumlah penularan virus dan bakteri.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda membuat dan menjual masker yang terdiri dari 2-3 lapis kain, sehingga masyarakt berminat untuk membelinya.

3.Jamu Tradisional

Bisnis Jamu Tradisional
Bisnis Jamu Tradisional

Untuk menjaga stamina dan sistem imun tubuh di masa pandemi Covid-19 saat ini, masyarakat mulai banyak menggunakan jamu tradisional sebagai minuman alami untuk itu. Oleh karena itu, di tahun sebaiknya Anda membuka usaha jualan jamu tradisional mulai dari sekarang, karena diperkirakan masih akan tetap laris dan dibutuhkan masyarakat pada tahun 2021 nantinya.

Ada beberapa jenis jamu yang umumnya digunakan masyarakat Indonesia, yaitu :

  1. Beras Kencur, yang terdiri dari ekstrak kencur, beras, ekstrak asam, dan ekstrak jahe. Manfaat jamu yang satu ini adalah untuk menambah nafsu makan, menghilangkan pegal linu, dan meningkatkan stamina.
  2. Kunyit Asam, yang terdiri dari kunyit dan asam jawa, gula merah, temulawak dan rempah lain. Manfaatnya untuk mengatasi masalah haid, diet, serta mencerahkan kulit.
  3. Cabe Puyang, yang terdiri dari cabe jamu, puyang, dan rempah lain. Manfaatnya untuk menghilangkan pegal linu dan kesemutan.
  4. Uyup-Uyup (Gepyokan), yang terdiri terdiri dari kencur, kunir, jahe, laos, bangle, temulawak, puyang, dan temugiring. Manfaatnya untuk menghilangkan bau badan, meningkatkan produksi ASI, serta mengatasi kembung.

Selain jamu tradisional di atas, tentu masih ada beberapa jamu lainnya seperti kunci sirih, kudu laos, pahitan, dan lain sebagainya.

4.Rempah-Rempah

Bisnis Rempah-rempah
Bisnis Rempah-rempah

Masih terkait dengan jamu tradisional, berjualan rempah-rempah juga merupakan salah satu produk yang tren di tahun 2020 ini dan diperkirakan masih bakalan tren pada tahun 2021 akibat tingginya tingkat permintaan pasar.

Rempah-rempah sendiri merupakan sekumpulan bahan mentah yang mayoritas berupa tumbuh-tumbuhan, baik dalam keadaan basah maupun sudah dikeringkan.

Beberapa jenis rempah-rempah yang sering dijual di pasaran adalah sebagai berikut :

  • Kayu manis
  • Kunyit
  • Jahe
  • Cokelat
  • Bawang putih
  • Ginseng
  • Kemiri
  • Ketumbar
  • Kencur
  • Lengkuas
  • Cengkeh
  • Daun salam
  • Rosmarin
  • Daun mint

5.Sabun Cuci Tangan Organik

Bisnis Sabun Cuci Tangan Organik
Bisnis Sabun Cuci Tangan Organik

Sejak penularan COVID-19, setiap orang dianjurkan untuk sering-sering mencuci tangan dengan sabun agar terhindar dari virus. Tidak heran tingkat pembelian sabun mengalami peningkatan, khususnya sabun organik. Sebab, masyarakat menyadari kalau penggunaan sabun biasa, air bekas cuci tangan tersebut bisa mencemari lingkungan. Oleh karena itu, salah satu peluang bisnis di tahun 2021 adalah berjualan sabun cuci tangan organik.

Selain ramah lingkungan, menggunakan sabun cuci tangan organik akan memberikan manfaat berikut ini :

  • Membuat kulit menjadi lembut.
  • Mengatasi jerawat pada punggung.
  • Melembabkan kulit yang kering.
  • Mencegah penuaan dini.

6.Hand Sanitizer

Bisnis Handsanitizer
Bisnis Handsanitizer

Salah satu produk yang laris bak kacang goreng saat wabah Covid-19 melanda dunia termasuk Indonesia adalah hand sanitizer. Wabah tersebut mengubah perilaku masyarakat dalam menjaga kesehatan, termasuk sering-sering mencuci tangan dan membersihkannya dengan hand sanitizer.

Itulah sebabnya kenapa hand sanitizer merupakan produk yang paling laris  pada tahun 2020 dan diperkirakan tetap laris pada tahun 2021. Maka dari itu, sebaiknya Anda mempersiapkan bisnis Anda dalam bentuk berjualan produk hand sanitizer.

7.Tote Bag dan Tas Jaring

Bisnis Totebag Kekinian
Bisnis Totebag Kekinian

Diperkirakan pada tahun 2021, tote bag dan tas jaring bakal meledak di pasaran. Hal ini disebabkan adanya larangan menggunakan tas plastik sekali pakai sejak Juli 2020. Makanya, kedua jenis tas di atas bakal digunakan oleh masyarakat sebagai pengganti dari kantung plastik saat berbelanja.

Oleh karena itu, sebaiknya dari sekarang Anda mencari grosir atau pabrik yang memproduksi tote bag dan tas jaring yang berkualitas, unik, dan dijual dengan harga murah. Jika Anda mulai membangunnya dari sekarang, kemungkinan memasuki tahun 2021, bisnis Anda siap meraup keuntungan.

8.Casing Smartphone Bertali

Bisnis Casing Hp Bertali
Bisnis Casing Hp Bertali

Saat ini perkembangan fashion begitu masif akibat tren benda-benda tertentu yang kebanyakannya  dipopulerkan oleh orang-orang berpengaruh.

Tak hanya itu, adanya tren juga seringkali dipengaruhi tingkat perkembangan masyarakat akan item yang dibutuhkan sehari-hari.

Terkait tren dalam fashion sendiri, tidak melulu soal pakaian tapi juga aksesoris. Salah satunya adalah aksesoris untuk smartphone. Seperti casing bertali ini, yang di tahun 2021 diperkirakan bakal tren karena banyak dipakai selebritis.

9.Wireless Earphone

Bisnis Earphone Wireless
Bisnis Earphone Wireless

Saat ini perkembangan teknologi menciptakan beragam kemudahan, salah satunya adanya wireless. Teknologi yang satu ini terbukti menunjang kemudahan dalam kegiatan sehari-hari, salah satunya seperti wireless earphone.

Wireless earphone diperkirakan bakal menjadi salah satu tren produk populer tahun 2021, karena di zaman yang makin sibuk ini, pengguna semakin ingin mendapatkan kemudahan dalam melakukan multitasking, dan wireless earphone termasuk salah satu item yang bisa membantu dalam hal tersebut.

Terutama saat Anda berolahraga, wireless earphone yang menggunakan koneksi bluetooth ini bakal menjadikan Anda tidak kerepotan lagi mengatur kabel earphone saat jogging.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *