Apa Itu Mesin EDC dan Manfaatnya Untuk Bisnis

  • 2 min read
  • Oct 15, 2020

Mesin EDC dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Pembayaran dengan cara non tunai di zaman sekarang sudah banyak diminati oleh konsumen. Menggunakan mesin EDC di berbagai merchant merupakan hal yang umum dilakukan karena kepraktisan dalam cara pembayaran. Hanya dengan kartu debit / kredit konsumen bisa melakukan pembayaran tanpa membawa uang tunai dalam jumlah banyak. Hal ini juga berdampak pada segi keamanan kedua belah pihak, yaitu penjual dan pembeli karena bertransaksi lebih aman.

Apa Itu Mesin EDC?

EDC (Electronic Data Capture) adalah alat penerima pembayaran non tunai yang menghubungkan antar rekening bank. Mesin EDC terkoneksi dengan server perbankan yang dapat memproses pembayaran dengan praktis dan aman.

Cara kerja mesin EDC adalah dengan menggesekkan kartu debit / kredit milik konsumen dan di proses dengan menekan sejumlah tombol tertentu agar transaksi berjalan lancar dan sesuai dengan nominal pembayaran. Bila transaksi berhasil, pada mesin EDC akan tercetak struk hasil transaksi yang sudah dilakukan. Saldo yang ada di rekening konsumen akan otomatis terpotong sesuai dengan jumlah transaksi. Bila konsumen menggunakan kartu kredit maka jumlah tagihan akan bertambah.

Mesin EDC GPN untuk Semua Kartu
Mesin EDC GPN untuk Semua Kartu

Mesin EDC selain digunakan sebagai alat gesek tunai, juga mempermudah konsumen melakukan proses pembayaran. Karena akan merepotkan jika transaksi dengan nominal jutaan harus menghitung uang tunai dan menyita waktu lama. Kasir juga tidak perlu memberikan uang kembalian karena transaksi sudah sesuai dengan nominal yang tertera pada mesin EDC. Ynag terpenting adalah mencegah resiko negatif dan menghilangkan resiko pembayaran dengan uang palsu.

Mesin EDC biasanya banyak terdapat di pusat perbelanjaan, restoran, kedai kopi, minimarket, dan lain sebagainya. Bisnis kuliner memiliki banyak pengunjung setiap harinya. Pasti ada saja yang tidak membawa uang tunai dan ingin sistem pembayaran yang aman dan praktis. Peran mesin EDC dibutuhkan dalam kondisi yang seperti ini.

Manfaat Mesin EDC Untuk Bisnis

  1. Mempercepat transaksi dan hemat waktu
  2. Peluang untuk meningkatkan penjualan karena kepraktisan pembayaran
  3. Bisnis lebih maju dan modern dibandingkan dengan pesaing bisnis serupa
  4. Proses pembukuan menjadi mudah karena tersimpan otomatis ke dalam program
  5. Tidak menyimpan uang tunai dalam jumlah banyak untuk meminimalisir hal negatif seperti perampokan atau kebakaran
  6. Keuangan yang mudah dikontrol dalam sistem
  7. Terhindar dari penggelapan uang oleh karyawan karena transaksi tercatat secara elektronik
  8. Pemilik bisnis terhindar dari uang palsu atau uang rusak

Itulah informasi singkat tentang pengertian mesin EDC dan manfaat mesin EDC untuk bisnis anda. Sangat banyak sekali manfaat yang didapat bila menggunakan mesin EDC sebagai alat penerimaan pembayaran. Semoga menambah wawasan anda seputar dunia perbankan.