Download Aplikasi Pospay dan Cara Cek Penerima BSU Terbaru 2022

Posted on

Aplikasi Pospay– Pandemi Covid 19 dan kenaikan harga BBM di Indonesia baru-baru ini membuat semua orang mengeluh, tetapi pemerintah tak tinggal diam saja dengan memberikan Bantuan Subsidi Upah atau bisa disebut BSU.

Nah mungkin Anda salah satu penerimanya dan jika ingin mengetahui cara cek penerima BSU Pospay, petunjuknya bisa Anda temukan dalam artikel ini yang telah pintarcaricuan.com tuangkan secara lengkapdan mudah dimengerti.

Cara Cek BSU Pakai Aplikasi Pospay Terbaru

Adanya pandemi Covid-19 dan kenaikan harga BBM, harga kebutuhan pokok juga naik. Akibatnya, daya beli masyarakat dapat terganggu yang dapat melemahkan siklus bisnis Indonesia.

Oleh karena itu pemerintah Indonesia memberikan Bantuan Subsidi Upah atau BSU untuk meringankan beban dari masyarakat yang membutuhkan. Siapa saja yang mendapatkannya, simak ulasannya di bawah ini.

Apa itu BSU atau Bantuan Subsidi Upah ?

Bantuan Subsidi Upah atau disingkat BSU adalah program bantuan yang dilaksanakan pemerintah Indonesia dalam rangka pemulihan sektor ekonomi akibat pandemi Covid-19 yang menurunkan daya beli masyarakat dan melemahkan perekonomian Indonesia.

BSU merupakan stimulus yang didiskusikan dan dikoordinasikan bersama oleh Satuan Tugas (PEN) Pemulihan Ekonomi Nasional, Kementerian Ketenagakerjaan, Kementerian BUMN, Kementerian Keuangan dan BPJS Ketenagakerjaan atau BPJamsostek. Nilai bantuan ini adalah Rp. 600.000 rupiah per orang.

Tujuan penting dari BSU adalah untuk mempertahankan, melindungi dan meningkatkan kemampuan ekonomi pekerja atau buruh yang terkena dampak pandemi Covid 19 dan juga kenaikan harga BBM. Dengan bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan daya beli masyarakat karena bangkitnya perekonomian Indonesia.

Menurut Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Ida Fauziyah, bantuan BSU ini telah dilaksanakan sejak 25 Agustus 2020 yang dibuka secara simbolis oleh Presiden RI Joko Widodo. Pada tahap pertama, jumlah penerima BSU sebanyak 15,7 juta dan biaya yang dikeluarkan sebesar Rp 37,7 triliun. Jumlah penerima manfaat juga akan bertambah 13,8 juta orang.

Namun tidak semua orang berhak atas bantuan ini Pemerintah telah mengeluarkan peraturan dan ketentuan bagi pegawai atau pekerja yang berhak menerima bantuan dari BSU. Untuk mendapatkan bantuan ini, Anda juga perlu mengetahui apakah Anda memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia.

Persyaratan untuk menerima BSU

Siapa yang dapat menerima Bantuan Subsidi Upah dan apa syaratnya? Penerima Bantuan Subsidi Upah atau BSU adalah pegawai yang aktif mengikuti Program BPJS Ketenagakerjaan dan aktif membayar premi asuransi hingga Juli 2022.

Untuk pegawai yang dipecat setelah Juli 2022, tetap berhak atas BSU dan juga berhak atas Rp. 600.000 rupiah sesuai peraturan dan ketentuan Menteri Tenaga Kerja (Menaker). Nah, jika ingin mengetahui apa saja persyaratannya, simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Kamu adalah warga negara Indonesia yang bisa di buktikan dengan memiliki Nomor Induk Kependudukan atau NIK.
  2. Kamu adalah peserta aktif program PBJS ketenagakerjaan serta aktif membayar iuran sampai dengan bulan Juli 2022.
  3. Kamu memiliki gaji atau upah bulanan paling banyak sebesar Rp. 3.500.000 Tiga Juta Lima ratus Ribu Rupiah, dan kamu bekerja di wilayah atau daerah yang memiliki upah minimum Provinsi sebesar Rp. 3.500.000.
  4. Kamu bukan TNI, Polri dan juga PNS.
  5. Kamu bukan penerima bantuan Pemerintah lain seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Prakerja, serta Bantuan Produktif Usaha Mikro.

Inilah syarat-syarat untuk menerima subsidi upah BSU. Jika Anda merasa memenuhi semua syarat tersebut, besar kemungkinan Anda adalah penerima BSU dan berhak mendapatkan hibah sebesar Rp. 600.000 bulan ini yang dapat di Cek penerima BSU Pospay kamu di bawah ini.

Pemerintah juga meyakini penyaluran subsidi ini akan selesai pada akhir November 2022. PT. Pos Indonesia akan terus menyebarkan informasi ini kepada masyarakat dan membantu masyarakat untuk membayarkan uang keringanan tersebut, dan Anda dapat mengunjungi Kantor Pos Indonesia hingga malam hari untuk pencairan  pembayaran bantuan BSU ini.

Cara Cek Penerima BSU Pospay

Jika Anda sudah mengetahui apa itu Bantuan Subsidi Upah atau BSU dan apa syarat-syarat yang memungkinkan Anda menjadi penerima pembayaran, langkah selanjutnya adalah mencari tahu cara cek penerima pembayaran BSU Pospay. Untungnya, kami juga sudah menyiapkan informasi cara cek penerima BSU Pospay yang bisa Anda baca di bawah ini.

Perlu diketahui bahwa proses verifikasi BSU dapat dimulai dengan mengunjungi dan memverifikasi informasi di bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id atau bsu.kemnaker.go.id.

Setelah Anda memverifikasi dan menjadi penerima Bantuan Subsidi Upah atau BSU, langkah Anda selanjutnya sebagai calon penerima adalah memverifikasi ke Pos Indonesia bahwa Anda memang penerima subsidi ini atau bukan.

Anda tidak perlu datang langsung ke Pos Indonesia untuk mengecek apakah benar-benar penerima gaji BSU melalui aplikasi Pos Indonesia yaitu Pospay yang langkah-langkahnya akan dijelaskan dibawah ini.

  • Langkah pertama kamu harus mengunduh aplikasi “Pospay” di PlayStore atau DOWNLOAD DISINI.
  • Jika sudah berhasil di unduh dan di instal maka kamu bisa “Membuka” aplikasi Pospay yang kamu unduh barusan.
  • Lalu di bagian “Beranda” atau tampilan awal, kamu bisa klik “Logo Kemnaker” yang berada di pojok kanan bawah.
  • Selanjutnya kamu bisa pilih opsi “BSU Kemnaker 1” di kolom “Jenis bantuan“.
  • Selanjutnya kamu bisa siapkan KTP karena kamu akan di minta untuk memfoto KTP yang kamu miliki.
  • Jika sudah kamu bisa klik “Ambil Foto Sekarang”. Perhatian hasil foto, foto harus terang dan jelas serta semua bagian KTP terlihat.
  • Selanjutnya kamu harus mengisi semua “Informasi” yang harus di lengkapi. jika sudah klik “Lanjutkan”.
  • Jika NIK yang kamu masukan adalah NIK penerima Bantuan Subsisi Upah BSU maka kamu akan menerima “Kode QR” pada aplikasi Pos Indonesia atau Pospay.

Jika Anda berhasil mendapatkan kode QR, Anda dapat datang ke Pos Indonesia untuk mengambil uang BSU tersebut. Di sana, para pegawai Pos akan membantu pencairan BSU.

FAQ

Berkut beberapa pertanyaan seputar Aplikasi Pospay Pencairan BSU.

  • Apakah Aplikasi Pospay resmi keluaran Pos Indonesia ?
    Iya benar resmi yang bisa kalian download secara langsung
  • Apakah aman menggunakan Aplikasi Pospay ?
    Sangat aman
  • Bagaimana Cara Cek Penerima BSU melalui Pospay ?
    Silahkan baca penjelasannya di artikel atas
  • Apakah dikenakan biaya penggunaan Aplikasi Pospay ?
    Tidak alias gratis, kalian hanya perlu menyediakan koneksi internet

Demikianlah informasi mengenai Aplikasi Pospay untuk Cek Penerima Bantuan Subsidi Upah atau biasa disebut BSU sebesar Rp 600.000 yang diberikan oleh Pemerintah Indonesia secara cuma cuma.

Silahkan ikuti cara diatas dalam menggunakan Aplikasi Pospay yang baik dan benar agar kalian tidak salah langkah dan tahapan.

Selain Aplikasi Pospay, kalian juga bisa membaca artikel lainnya seperti Download Aplikasi Siakba Untuk Daftar PPK Pemilu 2024 Gratis.

Semua link dan cara yang admin berikan diatas ditulis dengan sebenar-benarnya dan telah melewati proses editing. Silahkan share artikel ini ke akun sosial media kalian seperti facebook, twitter maupun whatsapp. Terimakasih dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.