Cara Buka Rekening Tabunganku Bank Syariah Bukopin

  • 2 min read
  • Feb 17, 2021

Menggunakan tagline “Melayani dengan Hati Nurani” Bank Syariah Bukopin menawarkan beberapa layanan tabungan yang dapat dinikmati oleh semua konsumennya. Salah satu yang tabungan yang paling dicari adalah Tabunganku iB yang menawarkan persyaratan mudah dan ringan untuk perorangan.

Jadi rasanya pantas kalau cara buka rekening tabunganku bank Syariah Bukopin adalah salah satu hasil pencarian yang paling dicari di portal Google. Lantas, bagaimana sebenarnya cara membuka rekening tabungan ini?

Dasar Akad

Cara Buka Rekening Tabunganku Bank Syariah Bukopin

Tidak lengkap tentunya jika sebuah produk bank syariah tidak memiliki dasar akad yang jelas. Khusus untuk TabunganKu Bank Syariah Bukopin, akad yang digunakan adalah akad wadi’ah yad dhamanah. Akad ini berarti bahwa pihak bank dapat menggunakan dana tersebut untuk keperluan investasi tetapi juga akan siap untuk menjamin ketersediaan dana ketika nasabah ingin menariknya.

Cara Buka Rekening TabunganKu Bank Syariah Bukopin

Nah, identik dengan beberapa produk tabungan lain, calon konsumen hanya perlu menyiapkan beberapa syarat dan ketentuan yang tertera di bawah ini:

  1. Perseorangan: TabunganKu adalah jenis tabungan yang mengincar dan dikhususkan untuk penggunaan perorangan. Oleh karena itu, dalam penggunaannya, tabungan ini tidak dibolehkan untuk digunakan demi kepentingan korporat maupun perusahaan.
  2. Usia: sesuai dengan aturan yang berlaku, tiap konsumen yang ingin membuka rekening TabunganKu Bank Syariah Bukopin harus berusia minimal 17 tahun. Untuk membuktikannnya, calon nasabah akan diminta untuk membawa fotocopy KTP/SIM/Paspor. 

Untuk calon nasabah yang masih di bawah umur, pihak Bank Syariah Bukopin masih akan memberikan kesempatan untuk membuka rekening ini dengan melampirkan fotocopy kartu pelajar atau surat keterangan sekolah disertai dokumen identitas serta surat persetujuan orang tua atau wali.

  1. Formulir: untuk keperluan dan kelengkapan administrasi, calon nasabah juga akan diminta untuk mengisi formulir kartu ATM.

Setelah memenuhi ketiga syarat di atas, calon nasabah juga harus paham betul beberapa catatan pembiayaan yang akan dijelaskan seperti berikut ini:

Setoran

Berbeda dengan tabungan lainnya yang memerlukan setoran awal yang besar, TabunganKu Bank Syariah Bukopin hanya meminta Rp20.000 sebagai setoran awal dan minimal Rp.10.000 untuk setoran berikutnya. Tapi perlu diingat bahwa setiap nasabah harus memiliki saldo minimum Rp20.000.

Penarikan

Meski tidak tergolong jenis tabungan yang prestis, namun TabunganKu Bank Syariah Bukopin memberikan kebebasan yang cukup luas dengan skema penarikan hingga Rp 100 juta per hari di teller. Penarikan melalui ATM hanya diberikan ruang Rp.10 juta sementara pemindahbukuaan dicatatkan pada rentangan Rp 25 juta per hari.

Biaya

Cara Buka Rekening Tabunganku Bank Syariah Bukopin

Kelebihan utama dari rekening tabungan ini ada pada skema pembiayaannya yang rendah. Tiap nasabah yang memiliki akun TabunganKu Bank Syariah Bukopin akan mendapatkan kebebasan untuk membayar beberapa biaya termasuk:

  • Bebas biaya administrasi bulanan.
  • Bebas biaya administrasi ATM.
  • Bebas biaya penarikan tunai di teller.
  • Biaya saldo dorman (tidak ada transaksi 6 bulan berturut-turut) sebesar Rp. 2.000,-/ bulan. 

Untuk nasabah yang berencana menutup rekening TabunganKu Bank Syariah Bukopin akan dikenakan biaya sebesar Rp.20.000. Tapi apabila saldo dalam rekening tidak mencukupi ambang batas minimal selama enam bulan berturut-turut maka pihak Bank Syariah Bukopin akan menutup rekening tersebut secara otomatis.

Nah itulah tadi cara buka rekening TabunganKu Bank Syariah Bukopin yang dapat dilakukan di semua cabang Bank Syariah Bukopin di Indonesia. Gimana mudah bukan? Ayo mulai memilih produk bank syariah!