Persyaratan, Manfaat, dan Cara Buka Tabungan BTN Haji Plus

  • 2 min read
  • Jan 15, 2021

Siapa yang tak mau melaksanakan ibadah haji? Sebagai orang Islam, pastinya Anda ingin segera menunaikan rukun Islam yang kelima ini, bukan? Namun pada kenyataanya, tidak semua muslim bisa menunaikan ibadah haji karena beberapa alasan, seperti usia lanjut, tidak mampu secara fisik, dan yang paling banyak dipersoalkan adalah masalah pembiayaan haji yang amat mahal.

Untuk mengatasi hal ini, bank BTN mencoba membantu para nasabahnya supaya mau mengangsur tabungan haji secara rutin supaya di masa yang akan datang, mereka bisa menunaikan ibadah haji.

Lalu, bagaimanakah cara buka tabungan BTN Haji Plus? Apa saja manfaat atau keuntungan yang bisa diraih oleh nasabah bila mengikuti program tabungan haji ini? Untuk menjawab semua hal tersebut, mari simak dengan baik penjelasannya berikut ini.

Manfaat Memiliki Tabungan BTN Haji Plus

Bank BTN tabungan haji termasuk salah satu tabungan haji yang bagus di Indonesia dan dikhususkan untuk para calon jemaah haji. Program tabungan haji ini dilakukan dengan adanya kerja sama antara pihak bank BTN dengan Kantor Kementerian Agama RI. Dengan memiliki tabungan haji plus ini, Anda sebagai nasabah bank BTN akan memperoleh keuntungan atau manfaat, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Anda akan digratiskan dari biaya administrasi pemeliharaan rekening tabungan bulanan.
  • Jika jumlah saldo di rekening tabungan Anda telah mencapai $ US 4.000 ataupun lebih sesuai dengan ketentuan BPIH (Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji) yang ditentukan oleh Kementerian Agama, maka Anda dipastikan akan memperoleh Nomor Urut Kepastian Keberangkatan Haji. Nomor urut tersebut disesuaikan dengan jumlah kuota nasional yang ditetapkan oleh pemerintah Arab Saudi untuk para calon jemaah haji Indonesia.
  • Nasabah yang memiliki tabungan haji maupun tabungan umrah akan mendapatkan souvenir yang menarik dari bank BTN dan bisa digunakan saat Anda melaksanakan ibadah haji maupun umrah.

Beberapa Syarat untuk Membuka Tabungan BTN Haji Plus

Cara buka tabungan BTN Haji Plus sebenarnya begitu mudah untuk dilakukan jika Anda telah mengetahui informasinya dengan benar. Namun, untuk bisa membuka rekening tabungan haji ini, Anda perlu memperhatikan beberapa syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh bank BTN. Adapun beberapa  cara buka tabungan BTN Haji Plus, antara lain:

  • Nasabah yang menabung sifatnya perorangan ataupun lembaga tertentu.
  • Status nasabah adalah Warga Negara Indonesia (WNI). Khusus untuk WNA (Warga Negara Asing), bisa menyertakan Surat Izin Domisili.
  • Lampirkan fotokopi identitas pribadi, seperti KTP/SIM/Paspor yang masih berlaku.
  • Saldo minimal saat penyetoran awal adalah¬† 500.000.
  • Untuk penyetoran selanjutnya, Anda bebas menabung berapa saja sesuai dengan kondisi keuangan Anda.
  • Mengisi formulir pendaftaran terlebih dahulu.
  • Nasabah perseorangan maupun lembaga bertanggung jawab atas pemeliharaan rekening tabungan haji.
  • Nasabah bisa menggunakan rekening tabungan bila telah mendapatkan persetujuan dari bank BTN.

Sistem Imbal Hasil pada Tabungan BTN Haji Plus

Sistem tabungan haji plus ini dijalankan dengan cara imbal hasil dan sesuai dengan syariah ekonomi Islam dan cukup kompetitif. Imbal hasil tersebut bisa di-autodebet untuk dijadikan sebagai infak, shadaqah, maupun zakat.

Adapun sistem imbah hasil yang ditetapkan adalah 15,5% untuk nasabah, sedangkan pihak bank BTN akan memperoleh imbal hasil sebesar Rp 84,5%.

Ketetapan ini sewaktu-waktu bisa saja berubah sehingga Anda sebaiknya mencari informasi terlebih dahulu sebelum membuka rekening tabungan haji.

Cara buka tabungan BTN Haji Plus memang mudah, bukan? Jika Anda sudah memiliki banyak uang, yuk secepatnya buka rekening tabungan haji di bank BTN.

Rajinlah menabung dan lakukan penyetoran secara rutin. Perlahan, namun pasti saldo tabungan Anda semakin bertambah hingga cukup untuk melakukan pembiayaan ibadah haji.