Cara Bayar dan Beli Listrik Lewat Bank BRI Tanpa Ribet

Posted on

Semua masyarakat pasti membutuhkan listrik untuk kebutuhan pokok sehari-hari. Masyarakat yang membutuhkan listrik bisa mengajukan pemasangan baru ke kantor PLN di wilayah masing-masing yang mana ada sejumlah biaya pemasangan yang harus dibayarkan untuk proses instalasinya.

Ada 2 tipe listrik PLN yang kita kenal, yaitu sistem prabayar atau token dan pascabayar atau abodemen yang ditagih setiap bulannya sesuai dengan listrik yang kita gunakan berdasarkan meteran listrik. Untuk sebagian orang, menggunakan listrik dengan tipe prabayar seperti pembelian token listrik ini dianggap lebih hemat dan bisa terkontrol dengan baik.

Anda bisa membatasi dengan pembelian listrik dengan nominal tertentu agar pemakaian tetap hemat per bulannya. Bila anda lebih suka membayar tagihan bulanan, silahkan pilih listrik abodemen atau pascabayar. Kelebihan listrik abodemen ini adalah anda tidak perlu repot melakukan pengisian listrik ke meteran seperti listrik prabayar. Berapapun jumlah pemakaian listrik anda akan ditagihkan setiap bulannya.

Beli Token Listrik Lewat Bank BRI
Beli Token Listrik Lewat Bank BRI

Untuk para nasabah Bank BRI, anda dapat melakukan pembayaran listrik di ATM BRI. PLN telah bekerja sama dengan Bank BRI untuk mempermudah akses para pelanggannya dalam membayar listrik sehingga anda punya alternatif tempat untuk membayar listrik. Biasanya tempat pembayaran listrik selain ATM yaitu kantor pos. Di kesempatan kali ini kita akan membahas cara bayar listrik lewat ATM BRI. Silahkan simak di bawah ini.

  1. Silahkan masukkan kartu ATM BRI anda ke mesin ATM
  2. Input 6 digit PIN ATM anda
  3. Pilih “Pembayaran”
  4. Pilih “Listrik atau PLN”
  5. Pilih “Pasca bayar”
  6. Input 12 digit ID pelanggan PLN
  7. Di layar mesin ATM akan muncul informasi pembayaran anda
  8. Jika sudah benar pilih “Bayar”
  9. Simpan struk sebagai bukti pembayaran anda

Untuk pembayaran listrik melalui ATM BRI tidak dikenakan potongan biaya administrasi pembayaran listrik. Potongan hanya berlaku untuk tagihan yang anda bayarkan. Bila anda tidak sempat ke ATM, pembayaran listrik juga dapat anda lakukan melalui layanan Internet Banking dan Mobile banking. Anda harus mengaktifkan kedua layanan tersebut di customer service Bank BRI ketika akan menggunakannya.

Demikian info singkat mengenai cara bayar listrik melalui ATM BRI. Semoga info ini bermanfaat untuk anda yang membutuhkannya.