29 Cara Belanja Di Shopee COD : Syarat, Cara Bayar & Minimal Belanja

  • 4 min read
  • May 28, 2021

Cara Belanja Di Shopee COD- Trend belanja online memang sangat booming belakangan ini. Bahkan bisa dibilang trend belanja online sudah mulai mengalahkan belanja secara offline ke toko-toko, mall ataupun supermarket.

Salah satu e-commerce yang cukup besar di Indonesia yakni Shopee. Pasti kalian sudah banyak yang mengenal Shopee kan. Atau mungkin kalian sudah sering menggunakan Shopee untuk berbelanja segala macam keperluan.

Shopee memang berkembang begitu pesat di Indonesia dalam kurun waktu 5 tahun terakhir. Bahkan Shopee sudah disebut sebagai E-Commerce Unicorn dengan nilai transaksi diatas Rp 1 Triliun.

Wow hebat banget ya Shopee bisa sebesar seperti sekarang ini. Tentunya itu semua dijalankan Shopee dengan menggunakan banyak strategi seperti promo melimpah, cashback besar, diskon, gratis ongkir dan masih banyak lainnya.

Tak hanya promo, Shopee juga mampu berkembang berkat layanan terbaik yang mereka berikan kepada para pengguna Shopee. Terbaru, mereka memiliki layanan yang namanya belanja Shopee COD.

Tutorial Belanja di Shopee COD

Cara Belanja Shopee Bayar Ditempat

Ini merupakan layanan terbaru dari Shopee dan paling banyak digunakan saat ini. Seperti namanya, Shopee COD atau Shopee Cash On Delievery atau sebutan gampangnya adalah belanja bayar ditempat.

Trend belanja bayar ditempat memang begitu menguntungkan bagi para pembeli yang memiliki Cash berlebih. Kita juga tak perlu repot repot untuk ke ATM untuk bayar secara online. Tinggal tunggu kurir datang membawa barang dan kita bayar disaat itu juga.

Tentunya, belanja di Shopee COD memiliki ketentuan tersendiri yang sudah ditetapkan langsung oleh Shopee. Ketentuan dan syarat tersebut sudah tidak bisa diganggu gugat oleh pihak manapun.

Kali ini pintarcaricuan.com akan memberikan cara belanja di Shopee COD beserta dengan Syarat, Cara Bayar dan Minimal belanja menggunakan metode COD. Yuk simak semua penjelasannya dibawah ini.

Syarat Shopee COD

Sebelum masuk ke proses pembelian barang melalui COD, kita harus tahu terlebih dahulu mengenai syarat belanja di Shopee COD. Syarat ini memang sudah ditetapkan langsung oleh pihak Shopee untuk menjaga kedua belah pihak dari hal apapun termasuk penipuan dan pemerasan harga COD. Yuk simak syarat COD Shopee :

1. Penjual Mendukung Sistem COD

Hal pertama syarat belanja di Shopee COD adalah penjual sudah mendukung metode pembayaran ini. Jika sudah mendukung COD, maka barang yang akan kita beli bisa memilih metode pembayaran COD. Biasanya dalam katalog juga sudah mencantumkan metode COD dalam pembayaran.

Jika penjual belum mendukung sistem COD dari Shopee, maka kita tak akan bisa melakukan belanja dengan COD. Untuk itu silahkan cari dan pilih penjual yang sudah mendukung metode pembayaran ini.

2. Minimal Belanja di Shopee COD

Shopee juga sudah menetapkan minimal belanja di Shopee COD. Mulai tanggal 4 Januari 2021, Shopee memberikan syara minimal belanja COD adalah Rp 0 dan maksimal belanja COD adalah Rp 3.000.000. Jadi jika nominal diatas Rp 3.000.000 maka tidak akan bisa menggunakan metode COD.

Lantas bagaimana dengan nominal pembelian yang tidak bulat seperti Rp 1.000.900. Silahkan melakukan kesepakatan dengan kurir untuk membulatkan pembayaran.

3. Pastikan Alamat Pengirim Termasuk Dalam Area Jangkauan COD

Kalian harus memastikan alamat pengirim sudah masuk dalam area jangkauan sistem pembayaran Shopee COD. Ini memang diharuskan agar pesanan kalian bisa sampai dengan cepat dan aman. Berikut detail area pengiriman sistem COD.

Berikut area yang dijangkau berdasarkan jasa kirim yang menggunakan metode pembayaran COD:

 

 

J&T ExpressShopee ExpressStandar EkspresID Express
SamedayStandard
Area JangkauanSeluruh IndonesiaBanten, DKI, Jawa BaratBali, Banten, DKI, Jawa Bara dan lainnyaBanten, DKI, Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa TengahBengkulu, Jambi, Jawa Tengah, Lampung, Kalimantan Utara

4. Metode Jasa Kirim

Syarat untuk berbelanja di Shopee COD adalah metode jasa kirim yang sudah ditentukan. Kalian bisa menggunakan kurir J&T Express, Shopee Express dan JNE (Pengiriman dari luar negeri), dan ID Express.

5. Biaya Belanja Shopee COD

Per tanggal 9 April 2021, Shopee akan mengenakan biaya penanganan yang berlaku untuk semua pengguna Shopee. Berikut detail biaya penanganan Shopee COD :

  • Untuk pesanan COD pertama s/d ke-6 kali akan dikenakan biaya penanganan sebesar 0%.
  • Untuk pesanan COD ke-7 kali dan seterusnya akan dikenakan biaya penanganan sebesar 3%.
  • Penjual yang teridentifikasi secara sistem memiliki pesanan dropship melebihi pesanan normal, maka seluruh pesanannya akan dikenakan biaya penanganan sebesar 9%.
  • Pembeli yang teridentifikasi menggunakan Browser PC/Komputer ataupun Mobile Web saat melakukan checkout akan dikenakan biaya penanganan sebesar 9%.
  • Penjual yang teridentifikasi secara sistem memiliki pesanan dropship melebihi pesanan normal, maka seluruh pesanannya akan dikenakan biaya penanganan sebesar 9%.

Cara Mencari Penjual Shopee COD (Bayar Ditempat)

Seperti penjelasan sebelumnya, kita harus tahu mana penjual Shopee yang mendukung COD dan yang tidak. Karena kalau belum mendukung sistem COD, maka kalian tidak bisa menggunakan metode bayar ditempat. Yuk simak cara mencari penjual Shopee COD.

1. Melihat Detail Barang

Sebelum membeli, silahkan cek detail barang tersebut. Jika ada tulisan COD Bayar Ditempat maka berarti barang tersebut sudah bisa dibeli menggunakan metode COD. Jika tidak ada, maka kalian tidak bisa menggunakan sistem COD.

2. Mencari Dari Kotak Search

Cara mudah untuk menemukan penjual COD adalah menggunakan kotak search aplikasi Shopee. Silahkan ketik COD bayar ditempat dan enter pada kotak search. Nantinya kalian akan diberikan daftar barang yang bisa dibeli dengan sistem COD.

3. Menggunakan Tab Filter

Cara ketiga untuk megecek penjual yang sudah mendukung COD adalah dengan tab filter. Silahkan cari barang yang ingin kalian beli dan klik tab COD. Maka barang akan otomatis terfilter yang sudah mendukung fitur COD Shopee.

Cara Belanja di Shopee COD

Oke, setelah kita mengetahui syarat dan cara mencari penjual yang sudah mendukung Shopee COD, maka kita bisa masuk ke proses belanja di Shopee COD. Caranya mudah kok dan tidak jauh berbeda dengan belanja biasa. Yuk simak caranya dibawah ini :

  • Download dan Instal Aplikasi Shopee di PlayStore ataupun AppStore
  • Login menggunakan ID dan Password Kalian
  • Cari barang yang kalian ingin beli
  • Jika sudah menemukan barangnya, Klik Beli Sekarang
  • Lanjutkan Klik Checkout
  • Masukkan alamat pengiriman
  • Gunakan Voucher gratis ongkir atau voucher lainnya
  • Pilih Opsi Pengiriman COD
  • Pilih Metode Pembayaran Bayar di tempat (COD)
  • Klik Buat Pesanan
  • Belanja di Shopee COD Berhasil
  • Kalian tinggal menunggu barang di kirim oleh kurir
  • Bayar sesuai  dengan nominal belanjaan
  • Selesai

FAQ

Berikut beberapa pertanyaan seputar cara belanja di Shopee COD :

  • Bagaimana cara COD Shopee ?
    Cara barang, beli dan pilih metode pembayaran COD. Untuk lebih lengkapnya silahkan ikuti semua petunjuknya diatas
  • COD Shopee Minimal belanja berapa ?
    Tidak ada miminal belanja Shopee COD
  • COD Shopee maksimal belanja berapa ?
    Maksimal belanja Shopee COD adalah Rp 3.000.000
  • Bagaiaman cara pembayaran ditempat ?
    Kalian perlu membayar ketika barang dikirim oleh kurir
  • Apakah barang Shopee COD bisa dibatalkan ?
    Bisa, jika status barang belum dikirim atau belum di proses. Namun jika sudah dikirim maka tidak bisa dibatalkan
  • Bagaimana cara batalkan pesanan Shopee COD bayar ditempat ?
    Silahkan klik menu pesanan, klik di proses, klik batal dan selesai
  • Apakah ada biaya tambahan ketika menggunakan Shopee COD Bayar ditempat ?
    Kalian akan dikenakan biaya penanganan dan biaya kirim barang

Demikianlah informasi mengenai cara belanja di shopee COD bayar ditempat dengan mudah dan cepat. Silahkan ikuti semua petunjuk diatas agar tidak terjadi kesalahan ketika berbelanja.

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan memudahkan kalian yang ingin menggunakan fitur belanja bayar ditempat dari Shopee. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya yang hanya kami sampaikan di pintarcaricuan.com seperti Cara Aktifkan Fitur ShopeePaylater. Terimakasih dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.