Cara Buat Rekening BRI Untuk Pelajar dan Syaratnya

Posted on

Syarat untuk membuka rekening di Bank BRI menurut sebagian besar masyarakat lebih mudah dari bank lain. Calon nasabah yang akan membuka rekening tabungan di Bank BRI bisa membuat rekening tabungan tanpa NPWP dan juga setoran awal pembukaan rekening yang lebih terjangkau. Nah, untuk anda yang mempunyai anak usia pelajar atau dibawah 17 tahun juga syaratnya mudah. Bank BRI menyediakan rekening tabungan khusus untuk anak yaitu BRI Junio.

Jika anak-anak dibawah 12 tahun yang ingin membuka rekening tabungan BRI Junio, pembukaan rekeningnya harus didampingi oleh orang tua. Untuk usia 12 sampai 17 tahun boleh menggunakan kartu pelajar. Uang setoran di awal pembukaan rekening BRI Junio terjangkau bagi pelajar, yakni sebesar Rp.100.000 sampai Rp.150.000.

Yang menjadi kejutan di rekening tabungan tipe Junio ini adalah jenis tabungan ini memiliki fasilitas dan fitur yang cukup lumayan untuk ukuran pelajar. Para nasabahnya mendapatkan buku tabungan, Kartu ATM BRI Junio, layanan internet banking, mobile banking dan asuransi.

Syarat Lengkap Pembuatan Rekening BRI Junio

Untuk calon nasabah berusia di atas 17 tahun, mereka harus memilih jenis tabungan lain yang sesuai peruntukkannya. Rekening BRI Junio ini hanya dikhususkan bagi anak di bawah 17 tahun.

Pembuatan rekening BRI Junio terbagi atas 2 golongan, anak yang berusia 12 tahun dan anak di atas umur 12 tahun. Syarat untuk keduanya tentu berbeda. Silahkan simak infonya di bawah ini.

Usia di bawah 12 Tahun

Untuk anak di bawah 12 tahun biasanya belum memiliki kartu pelajar. Kartu identitas yang harus dilampirkan sebagai syarat untuk pembuatan rekening BRI Junio adalah Kartu Keluarga. Saat pembuatan rekening ini, para calon nasabah harus didampingi oleh orang tua atau wali karena masuk kategori anak di bawah umur.

Untuk orang tua atau wali yang menjadi pendamping wajib memiliki rekening BRI terlebih dahulu. Jika belum, maka harus membuat rekening BRI jenis Simpedes atau Britama. Untuk persyaratannya juga cukup mudah, identitas diri seperti KTP dan setoran awal untuk pembukaan rekening BRI sebesar Rp.250.000. Untuk NPWP tidak wajib, jika ada silahkan disertakan.

Untuk calon nasabah BRI Junio, setoran awal pada saat pembukaan rekening adalah minimum sebesar Rp.100.000. Jika lebih diperbolehkan karena setoran maksimalnya tidak dibatasi.

Cara mudah buka rekening untuk pelajar di BRI
Cara mudah buka rekening untuk pelajar di BRI

Usia di atas 12 Tahun dan di bawah 17 Tahun

Pada kategori umur ini, calon nasabah bisa melakukan pembuatan rekening BRI Junio tanpa didampingi oleh orang tua atau wali. Persyaratan yang harus disiapkan lumayan banyak. Dokumen yang harus dibawa adalah KTP salah satu orang tua /wali dan surat persetujuan dari orang tua untuk pembukaan rekening di Bank BRI. Akan tetapi, orang tua pada kategori umur ini tidak wajib memiliki rekening Bank BRI.

Syarat berikutnya yang harus dibawa adalah Kartu Pelajar. Biasanya di usia ini yang melakukan pembuatan rekening adalah pelajar SMP atau SMA. Siapkan kartu pelajar yang asli dan fotokopi untuk cadangan ketika diperlukan.

Setoran awal pembukaan rekening BRI Junio untuk kategori umur ini adalah Rp.150.000. Ini adalah jumlah minimum saat pembukaan rekening. Jumlah maksimal tidak dibatasi. Nantinya, uang akan masuk ke dalam rekening dan bisa ditarik kapan saja melalui ATM BRI.

Cara Membuat Rekening BRI Junio

Pada dasarnya, pembuatan rekening BRI Junio sama saja dengan pembuatan rekening BRI jenis yang lain. Calon nasabah cukup datang ke Bank BRI terdekat dari tempat tinggal dan juga membawa syarat yang diperlukan untuk pembukaan rekening BRI Junio. Pilihlah cabang Bank BRI yang sesuai dengan wilayah tempat tinggal anda agar tidak memerlukan surat keterangan domisili.

Pada saat di Bank BRI, silahkan ambil nomor antrian untuk pembukaan rekening dengan tujuan ke customer service. Tunggu hingga nomor antrian anda dipanggil dan sampaikan maksud dan tujuan anda ke Bank BRI yaitu ingin melakukan pembukaan rekening BRI Junio.

Silahkan serahkan syarat yang anda bawa seperti kartu identitas asli dan beberapa dokumen pendukung. Setelah itu, anda akan mengisi formulir pembukaan rekening BRI. Terkadang  di beberapa Bank BRI, formulir dibantu pengisiannya oleh customer service. Anda cukup menjawab pertanyaan yang ditanyakan oleh customer service tersebut sampai selesai.

Setelah pengisian formulir pembukaan rekening, customer service akan membuatkan buku tabungan dan kartu ATM BRI jenis BRI Junio. Setelah itu anda bisa langsung ke bagian teller untuk penyerahan setoran minimum awal. Jika uang yang anda setorkan di teller sudah tercetak di buku tabungan, pembuatan rekening sudah selesai. Biasanya proses pembuatan rekening tidak memakan waktu yang lama tergantung ramai atau tidaknya antrian saat itu.

Fasiltas Rekening BRI Junio

Seperti yang sudah disebutkan di atas, fasilitas yang didapatkan oleh nasabah BRI Junio ini selain mendapatkan buku tabungan dan kartu ATM, mereka juga mendapatkan fasilitas internet banking dan mobile banking.

Kartu ATM BRI Junio adalah kartu ATM jenis private label. Anda bisa gunakan untuk tarik tunai, transfer ke sesama nasabah BRI atau bank lain, bisa juga tarik tunai di ATM BERSAMA. Jika ingin berbelanja, anda bisa gunakan kartu ATM ini untuk pembayaran jenis Debit BRI.

Para nasabah BRI Junio mendapatkan fasilitas electronic banking yang terdiri dari Internet Banking, Mobile Banking, dan SMS Banking. Jika anda ingin menggunakan layanan ini anda harus mengaktifkan layanan ini di customer service Bank BRI. Tips untuk anda, aktifkan layanan electronic banking ketika anda berada di Bank BRI untuk pembukaan rekening baru sehingga anda tidak perlu bolak balik ke bank.

Biaya Pembuatan Rekening BRI Junio dan Administrasinya

Untuk biaya pembuatan BRI Junio sebenarnya gratis. Anda hanya perlu membayar materai 6 ribu dan anda harus membeli materai tersebut. Bank BRI biasanya sudah menyediakannya, anda cukup mengganti uang yang nilainya sama dengan harga materai.

Selain itu, anda juga membayar biaya pembuatan buku tabungan dan kartu ATM BRI Junio seharga Rp.25.000,-. Biaya pembuatan buku tabungan dan kartu ATM terkadang tidak diminta akan tetapi dipotong dari saldo rekening tabungan anda. Pemotongan biaya ini hanya sekali, kecuali buku tabungan atau kartu ATM anda hilang atau rusak maka diperlukan biaya penggantian baru. Untuk anda yang akan mengaktifkan layanan electronic banking, tidak akan dikenakan biaya saat akan mengaktifkan layanan ini. Anda hanya akan dikenakan potongan per bulan untuk administrasi sebesar Rp.10.000,-.

Kelebihan dan Kekurangan Rekening Tabungan BRI Junio

                Kelebihan :

  • Mendapatkan buku tabungan, kartu ATM BRI Junio, dan layanan electronic banking
  • Tarik tunai maksimal Rp.5.000.000,- dan Transfer Rp.20.000.000,-
  • Jika pada rekening tabungan khusus anak di bank lain tidak mendapat bunga bank, maka di BRI Junio ini nasabah akan mendapatkan bunga bank
  • Asuransi kecelakaan sampai dengan Rp.150.000.000,- jika saldo minimum pada rekening sebesar Rp.500.000,-
  • Rekening atas nama nasabah sendiri bukan atas nama orang tua atau wali

Kelebihan :

  • Kartu ATM yang digunakan untuk tabungan jenis ini adalah Private Label. Tidak terdapat logo Maestro dan Cirrus. Anda tidak dapat menggunakan kartu ATM jenis ini di luar negeri
  • Rekening berstatus dorman jika saldo minimum anda sebesar Rp.50.000,-. Biaya administrasi akan bertambah sebesar Rp.10.000,-
  • Rekening akan hangus jika berstatus dorman dan tidak bertransaksi selama 542 hari
  • Tarik tunai lewat teller bank akan dikenakan biaya Rp.10.000,-

Demikian info tentang cara membuat rekening BRI Junio untuk pelajar. Tipe rekening jenis ini boleh dibilang cukup mempunyai fitur dan fasilitas lengkap untuk anak atau pelajar. Semoga informasi ini berguna untuk anda yang akan membuat rekening tabungan jenis ini.