Wajib Disimak! Inilah Cara Buka Tabungan BRI Syariah iB dan Syaratnya

  • 2 min read
  • Feb 02, 2021

Akhir-akhir ini, keberadaan bank-bank syariah makin berkembang di tanah air. Bank syariah hadir untuk memenuhi kebutuhan perbankan atau keuangan bagi umat Islam di Indonesia.

Adanya bank syariah juga menjawab kebutuhan banyak nasabah yang mencoba menghindari adanya riba dalam transaksi perbankan yang merupakan bagian penting dalam ajaran agama Islam di bidang ekonomi.

Bank Rakyat Indonesia (BRI) juga turut dalam memenuhi kebutuhan ekonomi umat Islam di Indonesia dengan cara mengeluarkan layanan produk BRI syariah yang tentunya disesuaikan dengan syariat Islam.

Kira-kira apa saja cara buka tabungan BRI syariah IB dan syaratnya? Apa saja keuntungan yag bisa diperoleh oleh nasabah jika membuka rekening tabungan ini? Untuk itu, silahkan Anda simak penjelasannya seperti berikut.

Prinsip Perbankan BRI Syariah

Cara Buka Tabungan BRI SyariahCara Buka Tabungan BRI Syariah

BRI syariah telah ada di negeri ini selama 10 tahun, bahkan merupakah bank syariah yang paling besar dengan jumlah nasabah mencapai ribuan orang lebih.

Dengan prinsip bebas riba, berarti bank syariah tidak mengenal istilah bunga bank. Lalu, bagaimanakah caranya bank ini mendapatkan laba? Caranya adalah dengan sistem nisbah (bagi hasil). 

Dalam BRI syariah, terdapat adanya akad wadi’ah (sebagai titipan) dan mudharabah (kerja sama). Dengan prinsip akad semacam itu, maka Anda sebagai nasabah bank syariah ini bisa memperoleh laba berupa imbalan atau bagi hasil sesuai dengan kesepatakatan antara Anda dengan pihak bank sejak awal membuka rekening tabungan syariah.

Macam Produk Tabungan BRI Syariah

Ada beberapa produk tabungan di bank BRI syariah yang mesti Anda ketahui agar kebutuhan akan masalah keuangan Anda terpenuhi. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  1. Tabungan Faedah BRI Syariah iB
  2. Tabungan Simpanan Pelajar (Simpel) BRI Syariah iB
  3. Tabungan Haji BRI Syariah iB
  4. Tabungan Impian BRI Syariah iB

Cara Buka Tabungan BRI Syariah iB dan Syaratnya secara Singkat dan Gampang

Terdapat beberapa cara buka tabungan BRI syariah iB dan syaratnya yang begitu mudah dan bisa diproses dengan cepat. Adapun beberapa syarat buka rekening BRI syariah 2020 dan caranya adalah sebagai berikut:

  • Sebagai calon nasabah, Anda mesti mengisi formulir permohonan rekening tabungan BRI syariah iB.
  • Usia minimal saat mendaftar adalah 17 tahun.

Cara Buka Tabungan BRI Syariah

  • Memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  • Menunjukkan KTP asli dan melampirkan fotokopi KTP tersebut.

Keuntungan Memilih Tabungan BRI Syariah iB

Ketika Anda mengurus pendaftaran, Anda tidak akan dikenakan beban biaya administrasi. Semuanya proses administrasi dilakukan sesuai dengan akad wadi’ah yad dhamanah. Anda akan lebih mendapatkan keuntungan dibandingkan bila Anda menjadi nasabah bank konvensional.

Sebab, Anda tidak akan dikenakan biaya administrasi pemeliharaan rekening per bulan, setoran awal bisa sejumlah Rp 100.000, dan setoran yang ringan mulai dari Rp 10.000. Di samping itu, Anda juga tidak akan diminta biaya administrasi jika akan menutup rekening Anda.

Semua bank syariah di tanah air, termasuk bank BRI syariah akan diawasi keberadaannya oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS) dan Dewan Syariah Nasional (DSN).

Kedua macam dewan tersebut beranggotakan ratusan ulama yang akan mengkaji lebih dalam mengenai beragam jenis produk perbankan syariah supaya sesuai dengan kaidah Islam. 

Silahkan buktikan sendiri kemudahan cara buka tabungan BRI syariah iB dan syaratnya. Ajak pula sahabat maupun kerabat Anda lainnya untuk membuka rekening tabungan di bank ini. Raihlah kepuasan dan ketenangan dalam transaksi perbankan syariah demi masa depan yang lebih gemilang.