20 Cara Cek Tagihan Listrik PLN Online Terbaru 2021

Posted on

Cara Cek Tagihan Listrik PLN Online- Layanan listrik memang sangat diperlukan bagi kita dalam menjalani semua aktifitas setiap hari. Misalnya untuk menonton tv, charge elektronik, kulkas, AC, lampu dan lainnya. Layanan listrik di Indonesia sendiri terus bekembang dengan cepat.

PLN memang tak mau ketinggalan dengan kemajuan pesat teknologi. Demi meningkatkan fasilitas yang diberikan, PLN tengah melakukan pengembangan dalam sistem online.

Tak hanya itu, PLN juga diketahui sedang melakukan pembangunan pembangkit listrik baru untuk memenuhi kebutuhan warga Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Bagi kalian yang belum tahu, PLN Sendiri memiliki dua jenis langganan yang disediakan yakni PLN Pascabayar dan PLN Prabayar. Apasih perbedaanya antara kedua ini ? yuk simak ulasannya dibawah :

Cara Mengecek Tagihan Listrik PLN Prabayar dan Pascabayar

Cek tagihan PLN via Online
Cek tagihan PLN via Online

Perbedaan PLN Pascabayar dan PLN Prabayar

  • PLN Pascabayar adalah layanan listrik yang bisa digunakan tanpa batas dengan biaya tagihan di akhir bulan. PLN Pascabayar merupakan layanan lama yang diberikan oleh PLN bagi pelanggan. Bahasa mudahnya yakni pakai listrik dulu, bayar belakangan.
  • Sementara untuk PLN Prabayar adalah layanan listrik yang bisa digunakan ketika kita membeli saldo/token. Yup ini adalah sistem baru yang dikeluarkan oleh PLN dan biasa digunakan oleh rumah-rumah pribadi. Untuk membeli token ada caranya sendiri yakni cara isi token listrik via ATM BCA.

Cara Hitung Tagihan PLN Pascabayar

Meskipun PLN sudah meluncurkan layanan token PLN Prabayar, pengguna dari PLN Pascabayar masih terbilang cukup banyak, terutama rumah besar dan pengusaha. Tagihannya akan semakin besar jika kita menggunakan kWH yang besar juga.

Jika total listrik yang kita gunakan perhari misalnya adalah 15.000 watt dengan tarif per kWH 1200, maka tagihan listrik yang harus kalian bayarkan di akhir bulan adalah: 15 X 1200 X 30 hari = Rp 540.000.

Syarat Pendaftaran Layanan PLN

Sebelum menggunakan layanan listrik pintar dari PLN, kita wajib mengajukan pendaftaran. PLN sendiri sudah menyiapakan dua cara untuk melakukan pendaftaran yakni konvensional dan online. Untuk syaratnya sendiri tidak terlalu berbeda yaitu Foto copy KTP dan yang asli, Kartu Keluarga serta Gambar denah rumah yang ingin dipasang layanan listrik.

Cara Cek Tagihan Listrik PLN

Setelah menggunakan Layanan PLN kita wajib selalu mengontrol penggunaan. Di usahakan untuk terus melakukan pengecekan tagihan Listrik PLN agar tidak terjadi kesalahan tagihan. Berikut beberapa cara cek tagihan Listrik PLN dibawah ini :

1.) Cara Cek Tagihan Listrik PLN via PLN Mobile

PLN Mobile merupakan aplikasi resmi yang dikeluarkan oleh pihak PLN demi memudahkan para penggunanya. Terdapat berbagai macam fitur dalam aplikasi ini yang salah satunya adalah cek tagihan. Yuk simak caranya :

  • Siapkan smartphone yang terkoneksi internet
  • Masuk ke Playstore atau AppStore
  • Install Aplikasi PLN Mobile
  • Setelah itu buka Aplikasi PLN Mobile
  • Pilih Menu Informasi
  • Lalu Pilih Informasi Tagihan dan Listrik
  • Masukkan Nomor ID Pelanggan/IDPEL
  • Klik Cari
  • Tunggu Sebentar
  • Layar akan menampilkan detail nama dan total tagihan listrik
  • Selesai

2.) Cara Cek Tagihan Listrik PLN via Email PLN

Cara kedua ini juga cukup mudah yakni kita hanya perlu mengirim email kepada PLN. Namun kita wajib mendaftar di e-billing PLN terlebih dahulu. Setelah memiliki e-billing langsung email PLN ke [email protected].

3.) Cara Cek Tagihan Listrik PLN via Telepon

Cek tagihan lewat telepon sangat mudah dilakukan dan fleksibel. Kita hanya perlu menyiapkan handphone dengan pulsa yang cukup lalu Dial ke nomor resmi PLN yakni 123, jangan lupa juga untuk mencantumkan kode area. Misalnya, Jakarta, berarti telepon ke (021)-123.

4.) Cara Cek Tagihan Listrik PLN via SMS

Selain via telepon, kita juga mengecek tagihan listrik PLN lewat SMS. Namun setiap sms akan dikenakan biaya sebesar Rp 500,- belum termasuk ppn (10%). Yuk simak cara cek tagihan listrik nya :

  • Cara Cek Tagihan Listrik per Bulan: Silahkan kirim sms ke 8123 dengan Format : Rek (spasi) Nomor ID Pelanggan, Contoh Rek 123344133355
  • Cara Berlangganan Pemberitahuan Informasi Tagihan Listrik Otomatis : Silahkan kirim sms ke 8123 dengan Format PLN (spasi) ON (spasi) Nomor ID Pelanggan, Contoh PLN ON 123344133355
  • Jika ingin berhenti berlangganan : Silahkan kirim sms ke 8123 dengan Format PLN (spasi) OFF (spasi) Nomor ID Pelanggan, Contoh PLN OFF 123344133355

Demikianlah mengenai informasi cara cek tagihan listrik via online terbaru dan paling cepat. Semoga cara ini bisa dilakukan dengan mudah dan bisa membantu kalian untuk mengecek tagihan.

Setelah tahu tagihan listrik, silahkan melakukan pembayaran dengan cara bayar listrik PLN via ATM BCA. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya yang kami sampaikan hanya di pintarcaricuan.com. Terimakasih.