Cara Melacak Nomor Rekening Penipu Online Mudah

Posted on

Perkembangan zaman yang semakin maju membuat tindak kejahatan juga terjadi di dunia digital khususnya perbankan. Contoh kasus penipuan yang marak terjadi adalah jual gadget dengan harga tidak masuk akal, pinjaman online dengan syarat mudah, dan hadiah kuis. Sebagian dari anda mungkin pernah mendapatkan sms atau telepon mengatasnamakan perusahaan atau figur tertentu untuk modus penipuan.

Anda bisa mencegah tindakan tersebut dengan cara melacak nomor rekening penipu dengan mudah. Anda bisa melakukannya melalui laptop / pc dan smartphone. Untuk anda yang belum mengetahui caranya, silahkan ikuti terus pembahasan ini hingga akhir.

Untuk mengecek nomor rekening yang diduga penipu, anda bisa buka website CekRekening.id untuk melacak nomor rekening si pelaku. Pada website akan tertera nama pemilik rekening dan informasi bank. Biasanya jika nomor rekening tersebut terindikasi pernah menipu, pada layar akan tampil beberapa laporan dari orang lain yang pernah tertipu dengan nomor rekening yang sama. Tidak menutup kemungkinan juga andalah orang pertama yang terkena kasus penipuan oleh oknum tersebut. Bila anda sudah mendapatkan informasi mengenai nomor rekening penipu, anda bisa melaporkan ke Bank.

Cara melacak nomor rekening penipu di cekrekening id
Cara melacak nomor rekening penipu di cekrekening id

Cara Melacak Nomor Rekening Penipu Lewat Website CekRekening.id

Bila anda sudah melakukan pelacakan nomor rekening penipu di website CekRekening.id, anda bisa meminimalisir tindak kejahatan ang terjadi pada diri anda. Untuk langkah-langkahnya, silahkan simak pembahasannya di bawah ini.

  1. Buka website CekRekening.id
  2. Input nama bank yang digunakan oleh pelaku
  3. Input nomor rekening pelaku
  4. Pilih “Periksa Rekening”
  5. Setelah beberapa saat akan muncul informasi yang terkait dengan rekening apakah pernah bermasalah atau tidak
  6. Periksa juga informasi pemilik rekening dan lainnya
  7. Data yang anda dapatkan bisa digunakan sebagai bukti untuk melaporkan tindak kejahatan pelaku

Apa itu CekRekening.id ?

CekRekening.id adalah website resmi dari Kemenkominfo yang mempunyai tujuan membantu masyarakat memeriksa nomor rekening yang diduga untuk melakukan tindak kejahatan. Anda dapat mengakses layanan CekRekening.id melalui smartphone, laptop dan PC. Tidak ada pungutan biaya untuk mengakses layanan ini alias gratis.

Fungsi Layanan CekRekening.id

Selain berfungsi sebagai sarana untuk melacak identitas pelaku penipuan, CekRekening.id juga berfungsi mengumpulkan informasi mengenai rekening pelaku tindak penipuan. Bekal informasi yang anda dapatkan dari CekRekening.id dapat anda pakai untuk melakukan pemblokiran rekening penipu. Anda bisa meminimalisir tindak kejahatan yang terjadi pada anda dan orang lain agar tidak semakin banyak korban yang terkena penipuan.

Cara Melaporkan Pelaku Penipuan

Setelah anda mendapatkan bukti mengenai informasi rekening pelaku, anda bisa melaporkan kepada pihak kepolisian dan setelah itu akan dilacak lalu diproses secara hukum. Cara ini harus dilakukan agar para penipu jera dan semakin memperkecil gerak pelaku kejahatan agar tidak merugikan orang banyak.

Demikianlah informasi yang bisa kami rangkum mengenai cara melacak nomor rekening penipu dengan mudah. Silahkan ikuti cara di atas apabila anda belum mengetahui cara dan langkah yang harus ditempuh. Semoga berguna bagi anda yang membutuhkan.