Cara Membayar PBB Melalui ATM BCA Cepat dan Mudah

  • 2 min read
  • Sep 05, 2020
Cara Membayar PBB Melalui ATM BCA Cepat dan Mudah

Pemilik properti sudah tidak asing dengan yang namanya PBB atau Pajak Bumi dan Bangunan. PBB adalah pajak yang dikenakan kepada pemilik properti terdiri dari tanah dan bangunan. Setiap pemilik PBB wajib membayarkan pajak setiap tahun tergantung seberapa luas dan seberapa besar bangunan yang dimiliki.

PBB bukan hanya diperuntukkan bangunan rumah milik pribadi saja. Pemilik ruko atau kantorpun juga wajib pajak. Di era modern ini, melakukan pembayaran PBB bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja karena dimudahkan oleh teknologi. Sekarang ini orang lebih cenderung praktis dan tidak mau bersusah payah antri di kantor pos atau ke kantor pajak hanya untuk membayar PBB.

Pembayarannya bisa dilakukan lewat ATM. Pada pembahasan kita kali ini, penulis akan membahas mengenai cara membayar PBB lewat ATM BCA. Bank BCA telah diberikan akses oleh pemerintah untuk memproses pembayaran PBB sehingga memudahkan anda untuk mengurus pembayarannya.

Cara Bayar Pajak Rumah Via Online
Cara Bayar Pajak Rumah Via Online

Cara membayar PBB melalui ATM BCA pastinya lebih simpel dan mudah. ATM BCA sekarang ini mempunyai fitur untuk menerima pembayaran PBB, jadi tidak ada kata untuk menunda pembayaran PBB dikarenakan kesibukan anda yang tidak bisa pergi ke kantor pajak atau membayar melalui kantor pos. Jika anda telat membayar PBB, maka konsekuensinya akan terkena denda. Besaran denda tersebut bergantung pada data yang tertera di dalam PBB tersebut. Harap diingat kapan harus membayar, dan bayarlah pajak tepat waktu.

Warga negara yang baik adalah warga yang selalu taat untuk membayar pajak. Sudah menjadi keharusan bahwa setiap warga negara mengetahui jika telat melakukan pembayaran pajak maka ada denda yang harus dibayarkan. Cara membayar PBB lewat ATM BCA akan kita ulas di bawah ini.

Cara Membayar PBB Melalui ATM BCA

Sebenarnya, membayar PBB lewat ATM BCA pada umumnya sama dengan membayar tagihan melalui ATM. Intinya adalah anda tidak perlu repot untuk mengantri dan cukup sediakan waktu beberapa menit untuk pergi ke ATM BCA terdekat dari lokasi anda.

  • Sebelum melakukan pembayaran PBB melalui ATM, pastikan data PBB sudah siap dan lengkap seperti Nomor Objek Pajak dan Tahun Pembayaran Pajak
  • Silahkan ke ATM BCA yang terdekat dari tempat anda
  • Seperti biasa, masukkan kartu ATM ke mesin ATM dan input 6 digit PIN ATM BCA
  • Pilih “Pembayaran”
  • Pilih “Pajak”
  • Input nomor objek pajak yang tertera
  • Lalu input tahun pembayaran PBB
  • Setelah itu di layar akan muncul detail info PBB anda
  • Periksa kembali detailnya, jangan sampa salah input
  • Jika sudah benar pilih “BAYAR”
  • Simpan struk sebagai bukti pembayaran yang sah

Cara Membayar PBB Offline

Sebenarnya ada cara yang bisa dilakukan dengan mudah juga dan tidak perlu pergi ke kantor pajak, atau kantor pos sekalipun. Selain tempat yang memang mengurusi pembayaran PBB tersebut, biasanya akan ada petugas dari kelurahan setempat yang akan mengantar surat pemberitahuan pembayaran PBB anda. Anda bisa memberikan biaya yang tertera di PBB melalui petugas kelurahan tersebut. Cukup mudah dan bisa dilakukan dari rumah anda.

Sekian pembahasan kita kali ini mengenai cara pembayaran PBB yang bisa dilakukan melalui ATM BCA dan Offline. Ada bebrapa metode dan yang kami ulas kali ini adalah metode yang sering digunakan oleh sebagian besar masyarakat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *