20 Cara Mengatasi Kartu ATM BNI Tertelan 2021 : Ganti Kartu & Biaya

  • 4 min read
  • Jul 11, 2021

Cara Mengatasi Kartu ATM BNI Tertelan- Memiliki sebuah rekening tabungan dan kartu ATM adalah hal wajib bagi orang dewasa ataupun anak muda. Yup, rekening ini bisa kita gunakan untuk berbagai hal seperti menabung uang, bayar tagihan, transfer uang, beli pulsa, bayar belanjaan dan masih banyak lainnya.

Beragam manfaat tersebut bisa kita dapatkan secara gratis dan mudah untuk digunakan. Yup, teknologi semakin maju seperti sekarang ini. Bank bank besar di Indonesia pun berlomba lomba dalam mengembangkan teknologi yang mereka berikan bagi para nasabah.

Mesin ATM menjadi salah satu layanan atau fasilitas dari perbankan yang paling sering kita lihat dan mungkin digunakan dikehidupan sehari hari. Di ATM, kita bisa melakukan banyak hal seperti tarik tunai, cek saldo, transfer uang dan lainnya.

Karena sebuah mesin, tentunya ada saja masalah yang kerap terjadi pada mesin ATM dan berdampak langsung bagi penggunanya. Salah satu masalah yang paling banyak terjadi adalah kartu ATM tertelan di mesin ATM.

Tutorial Atasi Kartu ATM BNI Tertelan

Kartu Debit BNI Tertelan di Mesin ATM

Mungkin kalian pernah mengalami masalah ini. Kartu ATM tertelan kerap terjadi di semua pengguna Bank termasuk BNI. Pastinya kalian cukup kesal karena kartu ATM BNI tertelan di mesin ATM saat melakukan transaksi.

Bagi pengguna baru Bank BNI, pasti cukup bingung dan gegabah dengan apa yang harus dilakukan ketika mengalami masalah tersebut.

Kali ini pintarcaricuan.com akan memberikan informasi mengenai cara mengatasi kartu ATM BNI tertelan secara lengkap dan detail. Informasi ini bisa kalian ikuti agar terhindar dari indikasi kejahatan di mesin ATM. Yuk simak penjelasan selengkapnya.

Penyebab Kartu ATM BNI Tertelan

Sebelum masuk ke pembahasan, kita harus tahu terlebih dahulu apa saja penyebab kartu ATM BNI bisa tertelan di mesin. Setelah mengetahui penyebabnya, maka kita bisa dengan mudah mengatasi masalah tersebut. Mari simak.

1. Mesin ATM BNI Error

Penyebab pertama kartu Debit BNI bisa tertelan adalah karena mesin ATM BNI sedang error. Karena ini sebuah mesin, ada kalanya mengalami error dalam sistem mesin tersebut. Untuk itu, sebelum melakukan transaksi kalian wajib memperhatikan layar ATM apakah normal ataupun mengalami masalah.

Biasanya mesin ATM yang sedang error akan muncul pesan bahwa ATM tidak bisa digunakan. Untuk itu, kalian harus dan wajib melihat kondisi mesin ATM terlebih dahulu sebelum memasukkan kartu.

2. Server Bank Offline

Penyebab kedua kartu ATM BNI bisa tertelan di mesin adalah karena server Bank sedang offline. ATM tertelan memang sangat rentan terjadi di malam hari bertepatan dengan jadwal offline Bank. Untuk itu kalian harus menghindari transaksi di malam hari.

Jika memang sangat terdesak, usahakan menunggu sampai jam offline berakhir. Untuk jadwal Bank offline silahkan cek di website BNI secara langsung.

3. Mesin ATM BNI Sudah Sangat Lama

Mesin ATM lama bisa menjadi pemicu atau penyebab atm BNI kalian tertelan. Meski mendapatkan maintenance secara rutin, namun mesin yang sudah lama tentunya memiliki kekuatan yang tidak terlalu besar.

4. Kartu ATM BNI Rusak

Penyebab keempat kartu ATM BNI kalian tertelan yakni kartu tersebut sudah rusak. Contohnya adalah kuningan ATM sudah mulai menghitam, kartu ATM tertekuk atau patah, strip hitam ada kartu ATM BNI mulai hilang dan lainnya.

Jika kartu kalian termasuk dalam salah satu contoh kartu rusak, maka sebaiknya mengganti kartu tersebut ke Bank BNI secara langsung. Kalian hanya dikenakan pergantian kartu sebesar Rp 20.000.

Cara Mengatasi Kartu ATM BNI Tertelan

Terdapat beberapa cara atau tahapan untuk mengatasi kartu ATM BNI yang tertelan didalam mesin. Kalian bisa mengikuti semua petunjuk ini agar terhindar dari tindak kejahatan orang yang tidak bertanggung jawab. Mari simak.

1. Jangan Panik

Hal pertama jika kalian mengalami kartu ATM BNI tertelan adalah jangan panik. Silahkan tunggu beberapa saat, mungkin kartu ATM bisa keluar kembali. Kalau kita panik, bisa saja situasi ini akan dimanfaatkan oleh oknum jahat yang ingin menguras isi saldo ATM kalian.

2. Jangan Tinggalkan Mesin ATM

Setelah keadaan kita rileks dan tidak panik, langkah selanjutnya adalah jangan sesekali tinggalkan mesin ATM. Tunggu di mesin ATM dalam kurun waktu 1 jam. Jangan sampai ada oknum yang justru menggunakan ATM dan menguras uang kalian.

3. Blokir Kartu ATM BNI

Sambil menunggu di mesin ATM tadi, kita bisa melakukan pemblokiran kartu ATM BNI. Silahkan menghubungi call center Bank BNI langsung ataupun menggunakan layanan Mobile Banking BNI untuk melakukan pemblokiran. Infokan saja bahwa kartu kalian tertelan dan minta untuk diblokir secara langsung.

4. Ganti Kartu ATM BNI Baru

Okeh setelah di blokir, kalian bisa meninggalkan mesin ATM tersebut untuk pulang ataupun langsung pergi ke Bank BNI terdekat untuk mendapatkan pergantian kartu baru. Jika kartu tertelan di pagi hari, kalian masih memiliki banyak waktu untuk melakukan pergantian kartu.

Jangan lupa membawa buku tabungan dan identitas diri ketika mengajukan kartu ATM baru di Bank BNI. Harap lakukan step ini sesegera mungkin agar kalian bisa beraktifitas kembali.

FAQ

Berikut beberapa pertanyaan seputar cara mengatasi kartu ATM BNI terblokir :

  • Bagaimana cara mengeluarkan kartu ATM yg tertelan?
    Silahkan tunggu beberapa saat, jangan tinggalkan mesin ATM paling lama 1 jam. Jika kartu tidak keluar, silahkan blokir kartu tersebut.
  • Berapa lama mengurus ATM yang tertelan?
    Hanya beberapa menit saja
  • Mengurus ATM terblokir BNI bayar berapa?
    Gratis alias tidak dipungut biaya sedikitpun
  • Berapa biaya pergantian kartu ATM BNI yang tertelan ?
    Biaya pergantian kartu dikenakan sekitar Rp 20.000
  • Apa kartu ATM BNI yang tertelan wajib di blokir ?
    Sangat wajib, agar kita terhindar dari modus ganjal ATM

Demikianlah informasi mengenai cara mengatasi kartu ATM BNI tertelan dengan baik dan benar. Silahkan ikuti semua step diatas dengan teliti agar saldo dalam rekening kalian aman.

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan memudahkan kalian dalam mengatasi masalah ketika kartu ATM BNI tertelan. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya yang hanya kami sampaikan di pintarcaricuan.com seperti cara top up Gopay lewat BNI.

Terimakasih sudah mau mampir dan membaca di website kami. Silahkan share artikel ini ke akun sosial media kalian seperti facebook dan twitter. Sampai jumpa di artikel menarik selanjutnya.