Cara Menggunakan Mesin EDC MANDIRI Dengan Benar

Posted on

Bertransaksi di ATM sudah umum dilakukan oleh para nasabah bank yang ada di Indonesia. Akan tetapi, untuk perihal pembayaran anda juga bisa melakukannya melalui mesin EDC. Fasilitas mesin EDC ini sangat mudah kita jumpai di kehidupan sehari-hari mulai dari minimarket, toko besar, lalu mall dan supermarket. Hampir semua bank besar menerbitkan mesin EDC salah satunya adalah Bank Mandiri.

Mesin EDC merupakan fasilitas yang diberikan oleh Bank penerbit mesin EDC kepada merchant yang bekerjasama. Jadi pemilik kartu ATM tertentu dapat membayar barang belanja dengan menggesek kartu debit dan kartu kredit pada mesin EDC, dalam hal ini para nasabah Bank Mandiri. Pembayaran dengan mesin EDC Mandiri simpel dan mudah. Anda tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar, cukup membawa kartu ATM Mandiri atau kartu kredit Mandiri kemanapun.

Toko yang bekerjasama dengan bank penerbit EDC Mandiri akan diuntungkan dengan peningkatan penjualan toko karena pada zaman sekarang masyarakat lebih suka bertransaksi dengan metode non tunai atau cashless. Jadi cukup menyediakan mesin EDC Mandiri maka semua transaksi bisa tercatat dengan baik. Selain itu harga mesin EDC Mandiri juga harganya cukup terjangkau untuk para merchant. Pembahasan kita di kesempatan kali ini, penulis akan memberikan info mengenai cara menggunakan mesin EDC Mandiri secara mudah. Silahkan simak di bawah ini :

Seatle Mesin EDC Bank MANDIRI
Seatle Mesin EDC Bank MANDIRI

Cara Menggunakan Mesin EDC Mandiri

Cara yang penulis sajikan ini sangat berguna bagi orang yang baru dan belum pernah sama sekali bertransaksi menggunakan mesin EDC. Para pemilik mesin EDC biasanya sudah diberikan training oleh teknisi mesin EDC saat instalasi pertama kali. Untuk anda yang belum terlalu memahami cara menggunakan mesin EDC Mandiri silahkan simak caranya di bawah ini :

  • Ketika membayar barang belanja anda, berikan kartu ATM Mandiri anda kepada kasir
  • Kasir tersebut akan menggesekan kartu ATM Mandiri anda ke mesin EDC Mandiri
  • Silahkan input 6 digit nomor PIN ATM Mandiri anda
  • Serahkan prosesnya kepada kasir
  • Jika transaksi berhasil, struk transaksi anda akan tercetak dari mesin EDC tersebut

Masalah Pada Mesin EDC dan Cara Mengatasinya

Setiap mesin EDC Mandiri atau mesin EDC dari Bank lain kadangkala timbul masalah ringan dalam pengoperasiannya. Untuk pemilik mesin EDC yang ada di toko atau para kasir yang selalu standby menggunakan mesin EDC, informasi ini sangat berguna untuk anda.

Please Try Again

Penyebab masalah ini biasanya timbul karena Reversal, Signal yang tidak stabil atau Line telepon yang terputus. Solusinya adalah merestart ulang mesin EDC. Caranya tekan FUNCTION 3 dan tekan ENTER dan input password EDC. Mesin EDC akan restart dan kembali normal seperti sedia kala.

Line Idle

Untuk kasus line idle seringkali terjadi disebabkan oleh jaringan telepon yang mati. Anda bisa merestart mesin EDC tersebut. Bila tidak berhasil dengan cara restart, anda harus menghubungi teknisi mesin EDC untuk pengecekan mesin EDC dan perbaikan.

Reversal

Masalah error reversal mengakibatkan transaksi menjadi terhambat. Bila ingin mendeteksi penyebab errornya silahkan tekan FUNCTION 1 lalu ENTER. Setelah beberapa saat pada layar akan muncul tulisan REVERSAL lalu anda bisa tekan FUNCTION 99 lalu ENTER. Kemudian tekan angka 99 dan 3 angka terakhir mesin EDC.

Demikianlah info mengenai cara menggunakan mesin EDC Mandiri dengan mudah. Penulis juga menyajikan cara mengatasi masalah mesin EDC yang biasa muncul. Untuk harga mesin EDC Mandiri biasa dijual dengan harga sekitar 600 ribuan saja. Harga yang cukup terjangkau untuk para pelaku usaha yang ingin meningkatkan penjuala karena mengikuti tren masa kini yang cenderung bertransaksi dengan cara non tunai.