Cara Menjalankan Bisnis Katering Modal Kecil Untung Banyak

  • 4 min read
  • Dec 17, 2020

Akhir-akhir ini masyarakat mulai memahami pentingnya hidup sehat, khususnya di masa pandemi akibat Covid-19 yang mendera negeri kita, Indonesia. Hidup sehat bisa didapatkan dengan menerapkan pola hidup sehat, misanya berolahraga, tidur yang cukup di malam hari, serta konsumsi makanan sehat.

Sayangnya, seiring dengan kesibukan super tinggi dari kalangan masyarakat perkotaan, menjadikan waktu luang yang mereka miliki untuk olahraga maupun memasak sendiri makanan sehat jadi terbatas dan sulit dilakukan. Untuk mengatasinya, kebanyakan orang lebih memilih untuk berlangganan katering makanan sehat sehingga tubuh tetap fit di masa pandemi pandemi saat ini.

Berlangganan katering makanan sehat memang tergolong efektif, karena harga satu porsi makanan sehat tidak jauh berbeda dengan makanan biasa yang sering dikonsumsi, yaitu berkisar 50 ribu rupiah. Belum lagi harga langganan katering biasanya lebih murah karena dihitung per pekan atau per bulan.

Modal Awal & Perhitungan Keuntungan Bisnis Katering Sehat

A.Modal Awal

Modal Bisnis Katering
Modal Bisnis Katering

Di bawah ini akan saya sebutkan estimasi perhitungan modal awal yang akan Anda keluarkan untuk bisnis catering sehat. Harga yang tercantum pada tabel tersebut merupakan harga pasaran yang tertera di e-commerce.

Tempat makan seharga @Rp5.000. Jumlah yang dibutuhkan sebanyak 100 biji, sehingga total biaya yang dibutuhkan Rp.500.000. Selain itu, dibutuhkan juga sendok dan garpu plastik sebanyak 5 set yang masing-masing satu setnya berisi 25 biji dengan total harga Rp.32.500. Selain itu masih ada beberapa jenis item yang harus dipersiapkan sebagai modal awal semisal sticker logo merek, tas belanja kertas, dan bahan makanan serba organik. Total modal awla yang dibutuhkan berkisar 3-4 juta rupiah. Dengan modal sebesar itu, Anda sudah bisa mulai bisnis catering makanan sehat sebanyak 100 box.

Jika Anda ingin meminimalisir kembali modal awal, Anda bisa memanfaatkan perlengkapan dapur yang ada di rumah, seperti gas atau rice cooker.

B.Perhitungan Keuntungan

Keuntungan Bisnis Katering
Keuntungan Bisnis Katering

Potensi keuntungan dari bisnis katering lumayan besar. Untuk gambarannya, di bawah ini akan saya buatkan perhitungan kasar keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

Milsanya Anda menjual satu box makanan sehat sebesar 50 ribu rupiah, lalu Anda berhasil menjual 100 box per hari, maka total penjualan sebesar 5 juta rupiah. Jika modal awal yang Anda butuhkan sebesar 3 juta rupiah, maka keuntungan bersih yang Anda dapatkan dalam sebulan sebesar 2 juta rupiah. Lumayan bukan?

Keuntungan bisnis catering sehat yang bisa didapatkan memang tidak bisa besar, karena Anda tentunya membutuhkan bahan baku yang serba organik untuk tetap menjaga kualitas produk katering Anda. Tapi jika Anda mampu menjual dalam jumlah banyak, tentu keuntungan yang didapatkan akan semakin banyak pula.

Meskipun keuntungan yang di dapatkan per porsi dari katering sehat tergolong sedikit, tapi jika Anda mampu menerapkan beberapa tips tertentu, niscaya Anda bisa menghasilkan banyak penjualan dan keuntungan Anda bisa meningkat.

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya kalau bisnis katering makanan sehat memang tidak bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar. Tapi tidak usah khawatir, karena Anda bisa melakukan beberapa tips berikut agar usaha katering makanan sehat Anda bisa laris di pasaran.

 Tips Agar Usaha Katering Makanan Sehat Laris Di Pasaran

Beberapa tips tersebut adalah sebagai berikut :

1.Buat Makanan Sesuai Target Pasar

Buat Makanan Sesuai Target Pasar
Buat Makanan Sesuai Target Pasar

Meskipun keuntungan yang didapatkan pada setiap porsi makanan sehat yang Anda jual tergolong kecil, tetapi jika mampu terjual dalam jumlah besar setiap hari, tentu potensi keuntungannya akan sangat besar.

Hanya saja untuk mewujudkan hal tersebut, Anda harus bisa mementukan taget market atau pasar dari jenis katering makanan sehat jualan Anda. Dengan menentukan target pasar, tentu Anda bisa membuat jenis makanan sehat yang sesuai dengan selera dan kemampuan finansial mereka.

Salah satu contohnya adalah membuat katering makanan sehat dekat dari kampus atau pondokan mahasiswa, di mana target market Anda tentu adalah para mahasiswa. Sehingga, Anda bisa menentukan jenis makanan sehat yang bisa Anda tawarkan dalam bentuk katering yang sesuai selera dan kemampuan finansial mereka.

Sebaliknya, jika target market Anda orang-orang yang berada di kantor. Misalnya, Anda membuat warung atau lapak di sekitaran kantor pemerintah, di mana orang-orang yang bekerja di perkantoran tersebut yang akan membeli katering makanan sehat untuk makan siang mereka, tentu jenis makanan sehat yang Anda buat tidak sama dengan jenis makanan sehat bagi mahasiswa. Porsi dan harganya pun berbeda, sesuai selera dan kemampuan finansial mereka.

2.Gunakan Hanya Bahan Makanan Berkualitas

Gunakan Hanya Bahan Makanan Berkualitas
Gunakan Hanya Bahan Makanan Berkualitas

Makanan yang enak dan lezat  serta menyehatkan hanya bisa didapatkan dari bahan-bahan berkualitas. Sehebat apapun kemampuan memasak Anda, rasa lezat makanan yang Anda buat dari bahan yang tidak berkualitas tidak diimbangi dengan nilai kesehatannya.

Oleh karena itu, agar pelanggan katering makanan sehat jualan Anda senantiasa loyal bahkan mempromosikan kepada rekan atau keluarga mereka, pastikan bahan-bahan makanan yang Anda gunakan hanyalah bahan-bahan makanan yang berkualitas. Meskipun harganya sedikit mahal sehingga keuntungan Anda jadi lebih sedikit lagi untuk setiap porsinya, akan memberikan keuntungan bagi usaha dalam jangka panjang.

3.Cantumkan Kandungan dan Jumlah Kalori Pada Box Makanan

Cantumkan Kandungan dan Jumlah Kalori Pada Box Makanan
Cantumkan Kandungan dan Jumlah Kalori Pada Box Makanan

Sebaiknya Anda mencantumkan kandungan dari makanan sehat yang Anda tawarkan beserta jumlah kalori yang terdapat di dalamnya. Mengapa hal ini penting? Jawabannya karena umumnya konsumen makanan sehat sangat protektif dan teliti dalam memerhatikan kandungan makanan yang akan mereka santap.

4.Iklankan Usaha Katering Makanan Sehat Secara Online

Iklankan Usaha Katering Makanan Sehat Secara Online
Iklankan Usaha Katering Makanan Sehat Secara Online

Agar peluang larisnya produk makanan sehat yang Anda jual semakin besar, jangan batasi promosi penjualan hanya secara online saja. Di era digital saat ini, di mana orang-orang lebih senang menghabiskan waktu senggang mereka untuk online, sebaiknya Anda memanfaatkan media internet untuk mempromosikan katering makanan sehat jualan Anda secara online.

Banyak bentuk promosi secara online yang bisa Anda lakukan, misalnya dengan membuat website penjualan. Jika Anda tidak mampu membuatnya sendiri, Anda bisa menggunakan jasa orang lain untuk membuat website penjualan yang menarik.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan social media untuk menawarkan dan mempromosikan jualan katering Anda. Saat ini media social seperti facebook, instagram, twitter, dan youtube merupakan media penjualan yang sangat potensial untuk meningkatkan penjualan Anda. Sudah banyak orang yang berhasil mempromosikan produk dan jasa mereka melalui situs-situs social media tersebut.

Anda hanya perlu berusaha dan bersungguh-sungguh, serta melalui triall dan error untuk mendapatkan teknik promosi yang paling jitu untuk usaha Anda di social media yang telah disebutkan di atas.

5.Jalinan Hubungan Kemitraan dengan Food Delivery Online

Jalinan Hubungan Kemitraan dengan Food Delivery Online
Jalinan Hubungan Kemitraan dengan Food Delivery Online

Agar peluang terjualnya katering makanan sehat Anda semakin besar, cobalah jalin kemitraan dengan food delivery online yang sudah banyak bermunculan saat ini, semisal go food dan grab food. Banyaknya pelanggan layanan delivery online ini menjadikan promosi katering yang Anda tawarkan di aplikasi layanan tersebut banyak dilihat oleh pengguna aplikasi. Otomatis, peluang lakunya katering Anda akan semakin besar.

Selain kelima tips di atas, masih ada beberapa tips penting lainnya yang perlu Anda perhatikan, seperti memberikan penawaran harga spesial untuk pembelian dalam jumlah tertentu, pengadaan promo pada waktu-waktu tertentu serta tetap menjaga kualitas dan cita rasa masakan katering Anda. Semoga bermanfaat.