Inilah 2 Cara Titip Emas di Pegadaian. Dijamin Super Aman!

Posted on

Emas memang benda yang sangat berharga. Emas bukan hanya dipakai sebagai perhiasan, melainkan juga bisa dijadikan sebagai investasi jangka panjang, selain investasi properti dan investasi saham. Saking berharganya emas, beragam cara pun dilakukan supaya emas tersebut tidak hilang ataupun dicuri oleh orang lain.

Salah satu tempat yang paling aman untuk menyimpan emas bisa Anda titipkan di pegadaian? Lalu, bagaimanakah cara titip emas di pegadaian? Untuk menjawab pertanyaan ini, ada baiknya Anda simak penjelasannya berikut ini.

Cara Titip Emas di Pegadaian dengan Sistem Gadai

Cara Titip Emas di Pegadaian

Semakin berkembangnya financial techlonogy (fintech) membuat pegadaian bukan hanya dijadikan sebagai tempat menggadaikan emas atau barang berharga lainnya, melainkan juga menawarkan jasa titipan emas. Sebagaimana sistem pegadaian pada umumnya, Anda dapat menitipkan emas, baik dalam bentuk perhiasan maupun batangan ke pegadaian untuk digadaikan.

Setelah digadaikan, Anda bisa memperoleh sejumlah uang yang biasanya digunakan untuk modal usaha, pembiayaan sekolah anak, dan lain sebagainya. Sistem ini juga termasuk salah satu cara investasi emas yang banyak dilakukan oleh banyak orang.

Selama emas Anda digadaikan, Anda diwajibkan melakukan cicilan pinjaman dan ada tambahan biayanya sekitar 0,75–1.15% dari uang yang dipinjamkan kepada Anda. Biaya tersebut akan dibebankan kepada Anda setiap 15 hari. Apabila sudah jatuh tempo, Anda harus menebus emas yang digadaikan dengan sejumlah uang yang telah ditetapkan oleh pegadaian.

Jika Anda tidak melunasi dengan sejumlah uang saat jatuh tempo, maka emas Anda akan dilelang oleh pihak pegadaian emas. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk menitipkan emas dengan cara gadai? Bayangkan saja, Anda bisa menggadaikan emas dan memperoleh modal untuk usaha. Cukup menggiurkan bukan?

Cara Titip Emas di Pegadaian dengan Safe Deposit Box (SDB)

Cara Titip Emas di Pegadaian

Apabila Anda ingin menitipkan emas dengan sistem Safe Deposit Box, maka Anda perlu melakukan beberapa langkah, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Silahkan Anda mendaftar terlebih dahulu ke pegadaian dengan membayar uang pendaftaran sebesar Rp 10.000.
  • Siapkan uang sebesar Rp 500.000 untuk biaya jaminan kunci yang akan dikembalikan kepada Anda ketika berakhir masa sewa. 
  • Anda akan membayar box yang tarifnya beragam, sesuai dengan ukuran besar kecilnya box, seperti berikut:
  • Jika Anda menyewa box ukuran 3 x 10 inci, maka Anda mesti membayar uang sebesar Rp 400.000.
  • Jika Anda menyewa box ukuran 5 x 10 inci, maka Anda mesti membayar uang sebesar Rp 500.000.
  • Jika Anda menyewa box ukuran 10 x 10 inci, maka Anda mesti membayar uang sebesar Rp 800.000.

Bila Anda sudah mempunyai emas batangan yang Anda beli dari pegadaian, maka Anda sebagai nasabah pegadaian bisa melakukan konsinyasi (akad titip jual beli) di pegadaian tersebut.

Di sisi lain, apabila emas batangan yang Anda titipkan di pegadaian pada akhirnya terjual, maka keuntungan atau laba dari hasil penjualan tersebut akan dibagi antara kedua belah pihak, yaitu Anda sebagai nasabah dan pihak pegadaian itu sendiri. Pada waktu yang bersamaan, pihak pegadaian juga akan membeli emas yang Anda titipkan untuk dijadikan sebagai pengganti. 

Sekarang Anda sudah tahu bukan tentang cara titip emas di pegadaian. Ayo, tunggu apa lagi? Segera titipkan emas berharga yang Anda miliki di pegadaian saat ini juga. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih tenang, apalagi ketika harus bepergian ke luar kota dalam waktu yang lama. Selamat mencoba!