Ini Cara Ajukan Pinjaman KTA Bank MANDIRI dan Syarat yang Dibutuhkan

Posted on

KTA Bank Mandiri menawarkan pinjaman kepada anda tanpa menggunakan jaminan surat berharga dengan bunga yang kompetitif. Besaran bunga yang dikenakan mulai dari 0.59% setiap bulannya. Pinjaman jenis KTA ini biasanya diajukan oleh orang yang mempunyai kebutuhan mendesak saat membutuhkan uang tambahan untuk memenuhi keperluannya.

Untuk prosesnya sendiri, hampir sama dengan pinjaman online yang banyak beredar di era milenial ini. Proses data sampai cair hanya membutuhkan waktu 1 hari. Keuntungan KTA Bank Mandiri selain memiliki bunga yang ringan, limit pinjamannya juga terbilang tinggi yaitu sampai dengan 1 milliar dengan jangka waktu pengembalian sampai dengan 15 tahun.

Untuk persyaratan pengajuan KTA Bank Mandiri antara lain sebagai berikut :

  1. WNI dan bertempat tinggal di Indonesia
  2. Usia minimal 21 tahun saat pengajuan KTA dan sebelum memasuki usia pensiun hingga cicilan KTA lunas
  3. Sudah menjadi karyawan tetap minimal 1 tahun
  4. Memiliki pendapatan bersih minimal 3 juta per bulan

Untuk dokumen yang dibutuhkan sebagai persyaratan adalah :

  1. Mengisi formulir pengajuan dengan lengkap
  2. Fotokopi E-KTP
  3. Fotokopi NPWP untuk limit diatas 50 juta
  4. Surat keterangan penghasilan / Slip Gaji bulan terakhir
  5. Surat Keputusan (SK) pengangkatan pegawai (khusus TNI / Polri)

Pinjaman jenis ini memiliki bunga yang ringan, plafon yang besar, dan tenor sampai dengan 15 tahun menjadi keunggulan KTA Bank Mandiri dibandingkan dengan KTA dari bank lain.

Agar pengajuan KTA anda di Bank Mandiri dapat disetujui, anda bisa mengikuti kiat-kiat berikut :

Pinjaman KTA Bank MANDIRI
Pinjaman KTA Bank MANDIRI
  1. Memeriksa Skor Kredit di SLIK OJK

Jika anda memiliki riwayat tunggakan atau telat membayar tagihan kartu kredit, sudah pasti pengajuan KTA Bank Mandiri akan ditolak karena skor kredit anda yang jelek.

Suatu bank akan mempertimbangkan pemberian pinjaman melalui catatan kredit calon nasabahnya. Skor kredit tersebut terbagi dalam beberapa golongan kolektibilitas. Mulai dari angka 1 sampai 5. Bila skor kredit anda 1 berarti anda termasuk orang yang bisa dipercaya karena menunjukkan status kredit lancar. Apabila anda mempunyai skor kredit 5, anda masuk dalam kategori kredit macet dengan tunggakan di atas 180 hari.

Untuk memperbaiki skor kredit anda, caranya adalah melunasi seluruh tunggakan pinjaman atau angsuran yang masih ada. Jika calon nasabah sering telat membayar angsuran, bank tidak mau mengambil resiko dengan memberikan pinjaman.

Silahkan cek skor kredit anda terlebih dahulu di kantor OJK dengan membawa syarat seperti KTP atau Paspor untuk WNA.

  1. Membuka Rekening Tabungan di Bank Mandiri

Cara ini tidak tertulis di dalam persyaratan pengajuan KTA. Namun, sudah pasti anda akan diminta membuat rekening tabungan di Bank Mandiri dengan setoran awal minimum 500 ribu.

Jika anda memiliki rekening tabungan di Bank Mandiri, Bank akan sangat mudah melihat cash flow anda. Selain itu yang paling penting adalah Bank lebih mudah menganalisa kelayakan anda untuk menerima pinjaman dari Bank Mandiri. Sebaiknya anda juga sudah memiliki rekening tabungan yang aktif minimal 6 bulan terakhir sebelum mengajukan KTA Bank Mandiri.

Kemungkinan lebih besar lainnya adalah anda payroll di rekening Bank Mandiri. Bank Mandiri akan lebih suka memberi pinjaman kepada nasabah yang melakukan payroll di Bank Mandiri. Selain itu, nasabah juga mempunyai kesempatan untuk mendapat penawaran yang menarik.

  1. Simulasikan Cicilan KTA Bank Mandiri

Memiliki penghasilan besar belum tentu juga pengajuan KTA anda disetujui oleh pihak Bank Mandiri. Jika mempunyai banyak hutang atau cicilan dimana-mana sudah pasti Bank akan menolak pengajuan anda.

Sebaiknya simulasikan angsuran KTA sebelum anda memutuskan untuk mengajukan pinjaman. Setelah melakukan simulasi, anda akan mengetahui alokasi dana untuk membayar angsuran KTA dan tidak menggangu stabilitas kebutuhan anda setiap bulannya.

Untuk melakukan simulasi, anda bisa menggunakan kalkulator KTA pada website resmi Bank Mandiri atau datang ke customer service Bank Mandiri terdekat dari tempat anda.

  1. Memberikan Informasi Secara Akurat dan Lengkap

Salah satu faktor yang membuat pinjaman anda tidak disetujui adalah hanya karena anda salah memberikan alamat atau nomor yang bisa dihubungi. Hal ini tampak sepele, namun bisa membuat pengajuan pinjaman anda ditolak oleh Bank. Sebaiknya teliti kembali sebelum menyerahkan formulir pengajuan pinjaman agar data yang anda berikan akurat dan lengkap.

  1. Mengajukan KTA Bank Mandiri di Website Perbandingan Produk Finansial

KTA Bank Mandiri memiliki banyak keunggulan, akan tetapi cara pengajuannya masih terbilang konvensional. Anda harus repot mendatangi kantor cabang Bank Mandiri dan mengajukan pinjaman.

Di era milenial ini seiring kemajuan dan perkembangan teknologi, pengajuan pinjaman dari Bank Mandiri tidak lagi sulit dan terbilang mudah. Anda bisa melakukannya kapanpun dan dimanapun. Cukup membuka website yang menyajikan perbandingan produk finansial dari berbagai bank, anda bisa mengajukan KTA Bank Mandiri online. Biasanya pada website tersebut juga tersedia formulir pengajuan pinjamannya.

Ada biaya-biaya yang dikenakan saat anda mengajukan pinjaman jenis KTA seperti asuransi jiwa, biaa provisi dan biaya administrasi. Hitung dengan cermat agar tidak salah langkah ke depannya dan neraca keuangan anda tetap seimbang.