Ini Syarat dan Cara Mengajukan Pinjaman di Bank BRI

Posted on

Semakin lama kebutuhan hidup yang semakin meningkat terkadang membuat kita butuh tambahan dana segar untuk mencukupi kebutuhan tersebut. Kabar baiknya, pinjaman dari Bank BRI semakin banyak pilihan menyesuaikan dengan kebutuhan anda.

Memang ini yang harus dilakukan oleh Bank yang ada di Indonesia. Memberikan inovasi dan fasilitas yang dibutuhkan oleh para nasabahnya agar semakin nyaman melakukan transaksi keuangan. Pada pembahasan kita kali ini, penulis akan memberikan info mengenai syarat dan cara mengajukan pinjaman Bank BRI. Silahkan disimak di bawah ini :

Syarat dan Cara Mengajukan Pinjaman di Bank BRI

Untuk syarat dan cara mengajukan pinjaman Bank BRI terbilang mudah. Anda bisa datang ke kantor cabang Bank BRI terdekat dari tempat tinggal anda. Untuk syarat yang dibutuhkan terbagi 2 jenis yaitu syarat umum dan khusus. Penjelasannya ada di bawah :

Syarat Umum untuk Mengajukan Pinjaman Bank BRI

  • Isi formulir pengajuan pinjaman BRI
  • Membuat rekening Britama
  • Usia minimal adalah 21 tahun atau telah menikah
  • Pinjaman sesuai domisili dimana anda tinggal saat ini
  • Membawa dokumen fotocopy seperti E-KTP, Kartu Keluarga, NPWP, Foto Suami Istri, Surat Keterangan Penghasilan / Surat Keterangan Usaha, dll.
Mudahnya Mengajukan KPR di Bank BRI
Mudahnya Mengajukan KPR di Bank BRI

Untuk jenis pinjaman yang ada di Bank BRI, pilihlah sesuai dengan kebutuhan. Jenis-jenis pinjaman Bank BRI adalah :

  1. KPR Bank BRI

Pinjaman yang satu ini sudah tentu tidak asing bagi anda yang akan atau ingin membeli rumah secara cicilan. Bank BRI bisa membantu anda untuk mewujudkan impian anda. Jenis properti yang bisa menggunakan KPR BRI diantarana adalah rumah, ruko, apartemen, dan sebagainya. KPR BRI bisa digunakan untuk membeli properti baru, properti second atau bekas, pembangunan properti, take over dari bank lain.

Untuk syarat dan cara mengajukan pinjaman Bank BRI jenis KPR BRI, syaratna adalah syarat umum seperti yang sudah dijelaskan di atas.

  1. KPRS Bank BRI

KPRS BRI merupakan pinjaman dari Bank BRI untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah yang ingin membeli rumah secara cicilan. Kriteria penghasilan untuk KPRS BRI adalah orang yang berpenghasilan kurang dari 4 juta per bulan.

Pinjaman KPRS BRI mempunyai tenor hingga 20 tahun lamanya. Untuk syarat dan cara mengajukan pinjaman KPRS BRI diantaranya pembelian rumah tinggal untuk dihuni sendiri dan tidak boleh dijual atau disewakan dalam jangka waktu 5 tahun. Pembelian rumah menggunakan KPRS BRI hanya dari developer yang sudah bekerjasama dengan Bank BRI.

  1. KKB BRI

Untuk pembelian kendaraan secara kredit, Bank BRI menyediakan pinjaman KKB BRI yang bisa membantu anda mencicil kendaraan baru atau bekas. KKB BRI mempunyai keuntungan bebas provisi tidak seperti KKB di Bank lainnya.

Untuk persyaratan pinjaman KKB BRI hanya bisa diajukan oleh nasabah yang taat hukum.

  1. KKB BRI Refinancing

Pinjaman KKB BRI Refinancing ini berguna untuk anda yang membutuhkan dana ekstra dengan cepat dengan menjaminkan kendaraan yang anda miliki. Untuk KKB BRI Refinancing juga tidak dikenakan biaya provisi dan tidak mempunyai syarat khusus untuk mengajukannya.

  1. KKB Motor Premium

Bila anda ingin melakukan pembelian motor mewah secara cicilan, anda akan dibantu oleh pinjaman dari Bank BRI untuk mewujudkannya. Tidak ada persyaratan khusus untuk mengajukannya asalkan anda memenuhi kriteria dari segi penghasilan dan mampu membayar angsuran setiap bulannya.

  1. Briguna Karya

Pinjaman Briguna Karya merupakan jenis Kredit Tanpa Agunan yang diperuntukkan bagi nasabah yang mempunyai gaji tetap. Jenis pinjaman ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan dan yang pasti syarat dan cara mengajukan pinjaman Bank BRI jenis ini sangat mudah.

Anda cukup melengkapi persyaratannya seperti E-KTP, NPWP, KK, Surat Keterangan Karyawan Tetap, Surat Keterangan Penghasilan, Buku Tabungan BRI, Pas Foto Suami Istri bila sudah menikah, Surat Rekomendasi dari Perusahaan, dan mengisi formulir pengajuan pinjaman BRI.

  1. Briguna Purna

Pada pinjaman Briguna Purna, sumber pembayaran cicilan setiap bulannya diambil dari dana pensiun yang didapatkan setiap bulan. Jenis pinjaman ini merupakan pinjaman khusus untuk orang yang sudah pensiun.

Nominal persetujuan kredit yang bisa didapatkan menyesuaikan dengan kemampuan bayar nasabah. Syaratnya juga terbilang mudah. Di antaranya menyerahkan Surat Keterangan Pensiun yang asli dan Kartu Identitas Pensiun dan dapat dikembalikan jika cicilan sudah lunas.

  1. Briguna Umum

Pinjaman Bank BRI jenis Briguna Umum merupakan Kredit Tanpa Agunan yang cicilan setiap bulannya diambil dari gaji setiap bulan dari nasabah masih aktif bekerja sampai nasabah tersebut pensiun.

Untuk syarat dan cara mengajukan pinjaman Bank BRI jenis Briguna Umum cukup mudah. Syaratnya umum dan menyertakan SK pensiun sama dengan Briguna Purna.

  1. Briguna Pendidikan

Dari namanya saja kita sudah tahu bahwa pinjaman ini dikhususkan untuk nasabah yang memiliki tujuan pendidikan dan mempunyai penghasilan tetap. Syarat yang berlaku adalah syarat pada umumnya mengajukan pinjaman di BRI.

  1. Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Jenis pinjaman ini dikhususkan untuk pengusaha yang membutuhkan modal atau investasi dengan batas kredit sampai 500 juta dan plafond kredit sampai 25 juta.

Pinjaman ini diperuntukkan bagi pelaku usaha mikro, usaha kecil dan koperasi yang mendapat jaminan dari perusahaan penjamin kredit. Syarat untuk mengajukan kredit ini diantaranya E-KTP, KK, dan Surat izin Usaha tentunya.

  1. Kupedes

Untuk pinjaman jenis Kupedes, bisa digunakan untuk berbagai keperluan oleh pengusaha dan pribadi. Pinjaman Kupedes juga memiliki bunga yang bersaing dengan jenis pinjaman yang sama dengan bank lain.

Syarat dan cara mengajukan pinjaman Kupedes BRI adalah menyertakan Surat Legalitas Usaha dari kepala desa / kelurahan setempat / pasar, E-KTP, dan mempunyai pengalaman usaha min. 1 tahun.

  1. Kredit Modal Kerja

Pinjaman dari Bank BRI jenis ini digunakan sebagai dana untuk segala jenis kegiatan operasional usaha.

  1. Kredit Investasi

Kredit Investasi diperuntukkan untuk anda yang mempunyai kebutuhan modal untuk produk investasi.

  1. Kredit Pangan

Kredit investasi atau modal kerja di bidang pangan ini diberikan untuk mendukung kegiatan pangan dan maritim. Pengajuan pinjaman ini harus menyertakan keterangan lama usaha, SIUP, Akta Pendirian Perusahaan, TDP, SITU, IUMK dan identitas diri seperti persyaratan umum dan sebagainya.

  1. Resi Gudang

Pinjaman ini dikhususkan untuk kelompok tani, gapoktan, dan koperasi. Jangka waktu pinjaman ini adalah 6 tahun maksimal. Untuk plafond maksimal dari pinjaman sekitar 70% dengan bunga 6% per tahunnya.

Untuk syarat yang harus disiapkan diantaranya adalah SIUP, daftar anggota petani, dan sebagainya.

  1. Kredit Kemitraan

Pinjaman jenis ini untuk membiayai anda yang membutuhkan modal kerja atau pembelian inventaris perusahaan dengan tujuan meningkatkan produktifitas kerja dan pencapaian target produksi.

Anda bisa mengajukan pinjaman ini melalui kantor cabang BRI terdekat dengan membawa persyaratan umum dan beberapa dokumen pendukung usaha anda.