Ini Syarat Lengkap Buka Tabungan MANDIRI Syariah

Posted on

Salah satu Bank Syariah yang ada di Indonesia adalah Bank Syariah Mandiri. Pelayanan perbankan di Bank Syariah Mandiri sesuai dengan namanya yakni menerapkan syariat islam di dalamnya. Calon nasabah bebas untuk menentukan jenis tabungan mana yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Syarat-syarat umum untuk membuka rekening tabungan di Bank Syariah Mandiri juga sama seperti Bank konvensional yaitu membawa identitas diri salah satunya E-KTP.

Pada kesempatan kali ini penulis akan membagikan informasi tentang syarat buka rekening Mandiri Syariah yang perlu anda ketahui sebelum memutuskan akan membuka rekening di Bank tersebut. Meskipun Bank Syariah Mandiri berbasis Syariah, untuk menjadi nasabah anda tidak wajib beragama Islam.

  1. Tabungan Bank Syariah Mandiri Umum / Reguler

Tabungan jenis ini menggunakan akad syariah Mudharabah Muthlaqah yang menawarkan para nasabahnya sistem bagi hasil yang kompetitif.

Transaksi juga bisa dilakukan lewat teller seperti Bank pada umumnya atau menggunakan ATM Mandiri Syariah yang sudah banyak tersebar di berbagai wilayah Indonesia khususnya tempat yang ramai pengunjung.

Calon nasabah yang ingin memiliki tabungan Bank Syariah Mandiri wajib membawa E-KTP atau SIM sebagai identitas diri dan menyerahkan setoran awal dengan minimal Rp.80.000,-

Pembuatan rekening untuk perusahaan, ada beberapa dokumen tambahan yang diperlukan yaitu Akte Perusahaan, SIUP, dan beberapa dokumen pendukung.

Pembuatan rekening tabungan Syariah Mandiri untuk perusahaan mewajibkan setoran awal minimal Rp.1.000.000,-

Untuk setoran berikutnya minimal Rp.10.000,-. Saldo yang mengendap di rekening minimal sebesar Rp.50.000,-. Biaya administrasi setiap bulannya Rp.7.000,-. Jika anda ingin menutup rekening dikenakan biaya Rp.20.000,-

Ini cara buka rekening MANDIRI Syariah dan Syaratnya
Ini cara buka rekening MANDIRI Syariah dan Syaratnya
  1. Tabungan Bank Syariah Mandiri Simpatik

Tabungan Syariah Mandiri Simpatik menggunakan prinsip wadiah dan transaksi keuangan yang mudah dilakukan oleh nasabah. Bila anda ingin membuka rekening tabungan jenis Simpatik persyaratan identitas diri seperti E-KTP dan setoran awal minimal Rp.20.000,- wajib anda siapkan.

Untuk jenis tabungan ini anda tidak mendapatkan kartu ATM seperti rekening tabungan pada umumnya. Untuk dapat memiliki tambahan kartu ATM anda dikenakan biaya setoran awal minimal Rp.30.000,-

Setoran minimum selanjutnya sebesar Rp.10.00,- dan saldo yang mengendap di rekening anda adalah Rp.20.000,-. Untuk biaya administrasi per bulan adalah Rp.2.000,- dan biaya penggunaan kartu ATM Rp.2.000,-. Bila anda ingin menutup rekening dikenakan biaya Rp.10.000,-.

  1. Tabunganku Bank Syariah Mandiri

Rekening Syariah Mandiri Tabunganku ini dikelola secara Syariah dengan akad wadhi’ah yad dhamanah. Syarat membuka rekening jenis ini tetap sama dengan Bank pada umumnya yaitu identitas diri yang asli seperti E-KTP.

Setoran awal minimum hanya sebesar Rp.20.000,- dan tidak mendapatkan kartu ATM. Bila anda ingin tambahan kartu ATM maka setoran awal minimum menjadi Rp.80.000,-.

Setoran minimum selanjutnya hanya sebesar Rp.10.000,- dan untuk biaya administrasi setiap bulannya dikenakan Rp.2.000,-.

  1. Tabungan Berencana Bank Syariah Mandiri

Bila anda memiliki rencana keuangan tertentu dalam jangka waktu tertentu pula, rekening tabungan berencana bisa anda pilih untuk rencana keuangan anda. Nasabah yang memiliki rekening tabungan berencana akan mendapatkan keuntungan bagi hasil dan nisbah berjenjang.

Akad mudharabah muthlaqah menjadi prinsip dasar untuk rekening tabungan jenis ini. Nasabah juga bisa mengatur sendiri jangka waktu tabungan minimal 1 tahun dan maksimal 10 tahun dan setoran awal minimal Rp.100.000,-

Syarat membuka rekening tabungannya juga sama seperti Bank pada umumnya yaitu identitas diri seperti E-KTP atau SIM. Nasabah juga harus sudah mempunyai rekening tabungan atau Giro di Bank Syariah Mandiri. Nasabah juga berhak atas perlindungan asuransi bila memiliki rekening ini.

  1. Tabungan Investa Cendekia Bank Syariah Mandiri

Untuk para orangtua yang ingin menjamin pendidikan anaknya di masa depan dan memilih tabungan berprinsip syariah, anda bisa memilih tabungan Investa Cendekia dari Bank Syariah Mandiri. Selain itu nasabah juga akan mendapatkan gratis asuransi perlindungan.

Untuk jangka waktunya anda bisa tentukan sendiri mulai dari 1 tahun dan maksimal 20 tahun. Selama anda dalam jangka waktu yang sudah ditentukan sebelumnya, penarikan uang tidak bisa dilakukan sampai jatuh temponya.

Untuk setoran wajib bulanan minimal sebesar Rp.100.000,- sampai Rp.10.000.000,- dengan nilai kelipatan Rp.50.000,-

Tabungan ini memiliki sistem bagi hasil yang kompetitif. Setoran juga dapat ditambahkan diluar setoran wajib bulanan. Syarat yang paling wajib adalah anda sudah memiliki tabungan Bank Syariah Mandiri sebelumnya sebagai rekening sumber.

  1. Tabungan Dollar Bank Syariah Mandiri

Tabungan mata uang dollar ini bisa dilakukan penarikan dan penyetoran kapanpun dengan mengikuti aturan dan kebijakan Bank Syariah Mandiri. Transaksi dengan tabungan dollar bisa dikonversi dengan nilai rupiah.

Tabungan ini juga menggunakan prinsip Syariah. Calon nasabah Tabungan Dollar Bank Syariah Mandiri wajib menyiapkan setoran awal minimum USD 100 dan saldo minimum adalah USD 100.

Biaya administrasi setiap bulan adalah USD 0.5 yang dipotong dari saldo utama anda.

Persyaratan untuk membuka rekening tabungan dollar sama dengan rekening tabungan yang lainnya yaitu E-KTP atau SIM. Bila anda melakukan penutupan rekening ini akan dikenakan biaya USD 5.

  1. Tabungan Pensiun Bank Syariah Mandiri

Untuk Tabungan Pensiun dari Bank Syariah Mandiri, pihak Bank bekerjasama dengan PT. Taspen yang menyiapkan tabungan di masa tua atau pensiun. Prinsip Syariah untuk tabungan ini adalah Mudharabah Muthlaqah. Nasabah juga bisa melakukan penarikan tabungan kapanpun sesuai dengan kesepakatan dengan pihak Bank.

Syarat untuk calon nasabah yang akan membuka rekening tabungan pensiun adalah :

  • E-KTP atau SIM
  • Penerima tunjangan pensiun dari PT Taspen yaitu Veteran PKRI dan KNIP
  • Pensiunan atau calon pensiunan dari PNS, Hakim, TNI, Polri, serta Pejabat Negara
  1. Tabungan Kurban Bank Syariah Mandiri

Bila anda ingin mempersiapkan dana untuk berkurban atau Aqiqah anak, anda bisa memilih Tabungan Kurban. Untuk setoran awal minimal calon nasabah wajib menyediakan Rp.50.000,- dan setoran rutin setiap bulan minimal Rp.25.000,-.

Dana dalam rekening tabungan kurban bisa dicairkan bila anda akan berkurban atau aqiqah dengan saldo minimum Rp.50.000,-.

Bila Itulah tadi informasi tentang jenis tabungan Mandiri Syariah dan syarat buka rekening Mandiri Syariah. Semoga bisa membantu anda menentukan tabungan yang akan anda pilih untuk rencana keuangan anda.