Ini Ukuran Kartu ATM yang Perlu Kalian Ketahui

  • 1 min read
  • Oct 19, 2020

Fasilitas milik perbankan yang lekat dengan kehidupan masyarakat sehari-hari adalah kartu debit / ATM dan kartu kredit. Setiap nasabah yang memiliki tabungan di bank akan diberikan kartu ATM sebagai penunjang transaksi perbankan. Penggunaannya untuk berbagai macam transaksi seperti membeli pulsa pra bayar, membayar tagihan PDAM, membeli token listrik, transfer antar bank, dan lain-lain.

Kartu ATM sangat memberikan kemudahan untuk melakukan transaksi kapanpun kita butuhkan. Sebagian besar masyarakat di Indonesia memiliki rekening tabungan dan kartu ATM dari bank seperti BCA, Mandiri, BRI, BNI dan masih banyak lagi untuk berbagai keperluan mereka.

Mengenai kartu ATM, apakah anda sudah mengetahui ukuran kartu ATM? Mungkin sepintas pernah bertanya-tanya dalam hati, kira-kira berapa sih dimensi kartu ATM? Pada pembahasan ini penulis akan membahasnya secara singkat dan yang pasti mudah dipahami.

Bila anda perhatikan, ukuran untuk kartu debit dan kredit semuanya mempunyai ukuran yang sama. Bahan yang digunakan untuk pembuatan kartunya juga kurang lebih sama. Akan tetapi, kartu ATM bank yang ada di Indonesia berbeda dengan standar di luar negeri. Silahkan simak pembahasan di bawah ini.

Kartu ATM MANDIRI Syariah
Kartu ATM MANDIRI Syariah

Ukuran Kartu ATM Semua Bank di Indonesia Sesuai Standar ISO

Jika mengacu pada standar ISO Indonesia, ukuran semua kartu ATM sudah disamakan. Dari segi panjang dan lebar kartu semua sama. Untuk kartu ATM di Indonesia menggunakan ukuran 85.60 x 53.98 mm. Ukuran kartu tersebut juga sudah dipakai untuk pembuatan kartu kredit. Sedangkan untuk ketebalan kartu berbeda-beda.

Anda bisa menghubungi call center bank masing-masing untuk pertanyaan lebih lanjut atau anda bisa menanyakan perihal kartu debit atau kartu kredit kepada pabrik pembuat kartu yaitu PT. ION Indotek.