Inilah 11 Cara Membedakan Emas Asli dan Emas Palsu

  • 4 min read
  • Nov 24, 2020
Inilah 11 Cara Membedakan Emas Asli dan Emas Palsu

Saat ini berinvestasi emas merupakan salah satu jenis investasi paling laris, paling mudah, dan paling menguntungkan. Tidak heran jika orang mulai berbondong-bondong ikut menanam investasi dalam bentuk emas tersebut.

Sayangnya, saat ini banyak emas palsu yang beredar, sehingga orang-orang yang ingin menanam investasi dalam bentuk emas harus berhati-hati agar tidak tertipu membeli emas palsu. Jika itu terjadi, yang ada bukannya untung malah buntung.

Oleh karena itu, Anda harus memastikan keaslian emas tersebut sebelum Anda membelinya. Jangan tergesa-gesa hanya karena harga yang murah yang ditawarkan jika tidak ingin menyesal di kemudian hari.

11 Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu Secara Manual

Agar Anda mudah membedakan emas yang asli dan emas yang palsu, di bawah ini akan saya sebutkan 11 cara yang bisa Anda gunakan untuk membedakannya. Semoga dengan menerapkan cara-cara yang akan saya sebutkan, Anda bisa menjamin keaslian emas yang akan Anda beli untuk investasi. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca detail ulasannya di bawah ini :

Cara bedakan Emas Asli dan Emas Palsu
Cara bedakan Emas Asli dan Emas Palsu

1.Perhatikan Fisiknya

Salah satu cara membedakan antara emas asli dan emas palsu adalah dengan melihat dari ciri fisiknya. Sebab, biasanya pada emas asli terdapat cap yang menandakan kadar emas.

Biasanya kadar emas tersebut menggunakan satuan fineness (1-999 atau 0.1-0.999). Di masyarakat umumnya menggunakan satuan karat dalam angka, semisal 10K, 18K, atau 24K.

2.Cek Sertifikat Emas

Langkah termudah yang bisa dilakukan untuk memastikan keaslian emas yang Anda miliki adalah dengan memeriksa keaslian sertifikat emas tersebut. Faktanya, sebagian sertifikat emas Antam yang beredar ternyata palsu namun banyak orang yang tidak menyadarinya.

Untuk mengecek apakah sertifikat emas Antam asli atau palsu, cobalah letakkan sertifikat tersebut di bawah sinar ultraviolet. Jika sertifikat tersebut asli, akan terlihat adanya garis-garis minor warna warni seperti layaknya uang kertas dan blok berwarna hijau di setiap deskripsi detail sertifikat. Perhatikan juga logo watermark perusahaan pencetak sertifikat.

3.Cek Perubahan Warna

Cara berikutnya yang juga bisa Anda lakukan untuk mengetahui asli tidaknya sebuah emas adalah dengan menggesekkan jari ke area tertentu pada emas. Jika saat digosok terjadi perubahan warna seperti pudar atau tidak seragam, bisa dipastikan kalau emas itu palsu. Jika tidak berubah, berarti emas tersebut asli.

4.Gigit Emas

Emas merupakan logam yang lunak, sehingga mudah untuk dibentuk. Semakin tinggi kadar karatnya, maka akan semakin lembut pula emasnya.

Nah, Anda bisa menjadikan ini sebagai trik untuk mengetahui apakah emas itu asli atau palsu. Cobalah menggigit emas tersebut. Jika terdapat bekas gigitan yang tertinggal, kemungkinan besar emas itu adalah asli. Tapi jika terasa keras sekali dan tidak ada bekas apa-apa, bisa jadi itu emas palsu. Tapi mata Anda harus jeli untuk melihat bekas gigitan itu.

5.Goreskan Pada Keramik atau Kertas

Cara lain yang juga bisa Anda lakukan untuk mengecek apakah emas itu asli atau palsu adalah dengan menggoreskannya pada keramik atau kertas. Jika emas itu asli, tidak bakal meninggalkan jejak saat digoreskan di kertas atau keramik. Sebaliknya jika emas itu palsu, akan meninggalkan goresan.

Hanya saja cara ini terbilang cukup berisiko karena dapat merusak emas. Tapi kalau Anda bersedia mengambil risiko, ya silakan dilakukan.

6.Cek Menggunakan Magnet

Emas tidak saja dikenal sebagai logam yang lembut, tetapi juga  tidak akan bisa tertarik dengan magnet. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan trik ini untuk memastikan apakah emas itu asli atau palsu.

Cobalah menggunakan magnet dengan kekuatan besar dan arahkan ke emas. Jika tertarik magnet, berarti emas itu emas palsu.

Hanya saja, pengujian dengan magnet tidak bisa memberikan jaminan 100 persen disebabkan banyaknya logam lain yang juga bersifat nonmagnetik.

7.Cek di Butik LM Terdekat

Salah satu cara yang paling efektif untuk membuktikan apakah emas itu palsu atau tidak adalah dengan mengunjungi butik logam mulia terdekat. Sudah pasti mereka bisa langsung memberitahumu soal keaslian emas yang Anda miliki saat ini.

8.Cek Kepadatan Emas

Cara lainnya yang juga bisa dilakukan untuk mengecek keaslian emas yang Anda miliki adalah dengan mengecek tingkat kepadatan emas tersebut. Cara ini bisa dibilang yang paling mendekati valid.

Mengapa demikian? Jawabannya karena emas merupakan logam yang memiliki tingkat kepadatan yang sangat banget. Jadi sekali ditemukan logam lain yang mampu menyaingi kepadatan emas. Kesimpulannya, semakin tinggi kepadatan maka akan semakin murni logam mulia itu.

Cara melakukan pengujian adalah sebagai berikut :

  1. Langkah pertama adalah dengan mengisi air di gelas atau botol yang ada takaran ukuran mililiter
  2. Selanjutnya masukkan emas dengan cara digantung dengan benang
  3. Perhatikan perbedaan air antara sebelum dan sesudah emas direndam
  4. Gunakan rumus perhitungan kepadatan = massa dibagi volume. Jika angka yang terlihat mendekati 19 gram per millimeter, pertanda emas asli.

9.Uji Pakai Keramik

Coba uji keaslian emas tersebut dengan menggunakan keramik. Caranya, goreskan emas pada permukaan keramik. Jika emas itu asli, tidak akan meninggalkan goresan. Adapun jika emas itu palsu, akan meninggalkan goresan berwarna hitam atau sejenisnya.

10.Uji Dengan Asam

Cara terakhir yang bisa Anda gunakan untuk mengecek apakah emas tersebut asli atau palsu adalah dengan memanfaatkan larutan asam nitrat. Caranya, teteskan asam nitrat ke permukaan emas. Jika muncul reaksi warna kehijauan, pertanda emas itu palsu.

Demikian pula jika emas ini menampakkan reaksi seperti warna susu, pertanda emas tidak murni 100%, tetapi sudah dilapisi perak. Sebab, emas yang asli tidak akan memberikan reaksi apapun saat ditetesi asam nitrat.

11.Gunakan Aplikasi CertiEye

Cara lain yang juga bisa Anda gunakan untuk mengecek apakah emas tersebut asli atau palsu adalah dengan menggunakan aplikasi CertiEye. Metode ini sangat cocok bagi Anda yang membeli emas Antam.

Sebab, teknologi CertiEye merupakan inovasi terbaru yang ditujukan untuk meningkatkan keamanan produk emas batangan ANTAM. Cara penggunaannya juga cukup mudah, karena Anda hanya perlu mengunduh aplikasi tambahan di ponsel pintar (smartphone) mereka, yaitu aplikasi berbasis internet CertiEye.

Setelah aplikasi tersebut diunduh, Anda bisa langsung melakukan pemindaian (scan) di barcode (CertiCode) yang tertera pada setiap produk emas batangan yang Anda beli. Pokoknya selama Anda melakukan pembelian emas Antam, dijamin Anda gampang untuk membedakan mana emas yang asli dan mana yang palsu dengan menggunakan bantuan aplikasi tersebut.

Demikianlah informasi seputar 11 cara mengetahui emas palsu atau asli yang bisa saya bagikan pada artikel kali ini. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat khususnya bagi Anda yang ingin menanam investasi dalam bentuk emas. Dengan menggunakan cara yang saya sebutkan di atas, Anda bisa terhindar dari kerugian karena membeli emas palsu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *