Inilah 4 Tips Bisnis Kuliner yang Perlu Diterapkan Saat New Normal

  • 4 min read
  • Dec 18, 2020
Inilah 4 Tips Bisnis Kuliner yang Perlu Diterapkan Saat New Normal

Saat ini bisnis kuliner merupakan sebuah jenis bisnis yang sangat menarik untuk dilakukan. Alasannya, peluang bisnis ini besar dan luas, serta senantiasa berkembang dalam kondisi apapun juga termasuk saat pandemi atau masa new normal.

Makanan merupakan kebutuhan utama setiap orang, sehingga bisnis kuliner berpotensi untuk meraih banyak keuntungan dalam penjualannya.

Karena fakta inilah, tidak heran jika semakin banyak orang yang terjun ke dalam bisnis kuliner. Terlebih lagi di masa new normal, di mana orang-orang lebih memilih untuk berlangganan katering daripada harus repot-repot ke warung atau restoran untuk makan dan berbaur dengan orang-orang.

Oleh karena itulah, Anda harus memiliki strategi bisnis yang baik agar bisnis kuliner Anda bisa bersaing dengan bisnis lainnya. Tanpa strategi  bisnis yang baik, bisnis kuliner yang Anda jalankan sulit untuk berkembang, bahkan bisa tergeserkan oleh bisnis kuliner lainnya.

4 Tips Bisnis Kuliner Saat New Normal

Untuk keberhasilan dan kemajuan bisnis kuliner yang Anda jalankan, sebaiknya Anda menjalankan 4 tips bisnis kuliner yang cocok untuk Anda terapkan saat new normal. Keempat tips tersebut adalah sebagai berikut :

1.Mempunyai Ciri Khas Unik

Mempunyai Ciri Khas Unik
Mempunyai Ciri Khas Unik

Meskipun bisnis kuliner memiliki potensi pasar yang besar, akan tetapi tingkat persaingan yang akan dirasakan dalam menjalankannya juga sangat ketat. Untuk merasakan keberhasilan, Anda harus bersungguh-sungguh dan profesional dalam menjalankannya.

Maka dari itu, Anda harus bisa menjadikan kuliner Anda bersaing dengan para pebisnis kuliner lainnya. Nah, supaya bisa terlihat menarik di antara para kompetitor, pastikan Anda bisa membuat ciri khas untuk kuliner yang Anda jalankan.

Sebaiknya Anda mulai memikirkan produk-produk unik yang belum ada di pasaran. Jika Anda kesulitan, cobalah memodifikasi produk yang sudah ada menjadi hal menarik. Misalnya, saat Anda berjualan sambal atau abon, maka agar terlihat berbeda dan unik, Anda bisa mengambil konsep go-green dengan menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan saat mengemas produk.

Selain itu, pada setiap produk yang dipesan, Anda bisa memberikan edukasi terkait daur ulang dari wadah yang telah digunakan. Hal ini tentunya bakal menjadikan bisnis kuliner Anda terlihat berbeda dan memiliki keunikan tersendiri. Selain itu, bisnis yang Anda kelola juga memiliki value yang baik di mata konsumen.

2.Perhatikan Kualitas Rasa, Harga dan Value Produk

Perhatikan Kualitas Rasa, Harga dan Value Produk
Perhatikan Kualitas Rasa, Harga dan Value Produk

Dalam menjalankan bisnis kuliner, harus dipahami bahwa kualitas rasa dan harga merupakan modal penentu keuntungan yang bisa Anda dapatkan ke depannya.

Fakta dalam dunia kuliner saat ini yaitu sudah semaki banyak bermunculan para pebisnis kuliner yang mampu mengelola bisnis kuliner hanya bermodalkan bahan-bahan biasa yang mudah ditemukan di pasaran, tapi dapat laku terjual dengan harga yang lumayan.

Mengapa bisa demikian? Jawabannya karena orang bisa akan tetap membeli makanan/minuman meskipun harganya tidak murah selama ada faktor yang mendorong mereka untuk membelinya. Di antara faktornya adalah rasa yang enak, kemasan menarik,  hingga nilai yang akan didapatkan oleh konsumen saat membeli produk tersebut.

Contoh sederhana dalam hal ini adalah saat Anda berjualan sambal biasa yang memang sangat mudah ditemukan di pasaran. Akan tetapi karena Anda menggunakan konsep ramah lingkungan, meskipun Anda menjualnya dengan harga yang lebih mahal, para pecinta lingkungan kemungkinan besar akan tetap membelinya karena value yang Anda tawarkan kepada mereka.

3.Teruslah Melakukan Inovasi

Teruslah Melakukan Inovasi
Teruslah Melakukan Inovasi

Dunia kuliner terus mengalami perkembangan sesuai dengan tingkat selera masyarakat yang juga turut berkembang dalam mengonsumsi makanan/minuman. Tidak heran jika dalam kurun waktu tetentu terus bermunculan jenis makanan dan minuman terbaru.

Oleh karena itu, selaku pebisnis kuliner, Anda mesti terus beradaptasi dengan tidak berhenti untuk melakukan inovasi. Ya, inovasi adalah tips bisnis kuliner yang harus Anda terapkan.

Dengan melakukan inovasi dalam berbisnis akan membuat pelanggan Anda tak bosan karena produk kamu selalu menggairahkan. Selain itu, dengan berinovasi Anda pun memiliki peluang untuk mendapatkan konsumen baru.

Oleh karena itu, Anda perlu untuk mengasuh kemampuan inovasi, karena ke depannya akan sangat membantu Anda untuk bisa bertahan dalam mencapai kesukesan yang diinginkan.

4.Lakukan Penjualan Secara Online Dengan Maksimal

Lakukan Penjualan Secara Online Dengan Maksimal
Lakukan Penjualan Secara Online Dengan Maksimal

Di masa new normal, penggunaan internet di kalangan masyarakat semakin meningkat. Apalagi internet membantu Anda dalam melakukan hubungan dengan teman, kolega atau konsumen walaupun tidak bertemu secara tatap muka.

Di masa digital saat ini, berpromosi secara online masih dinilai ampuh untuk diterapkan pada bisnis, dan menjadi tips bisnis kuliner yang efektif. Keberadaan protokol kesehatan ketat yang dilakukan pemerintah menjadikan banyak orang masih mengandalkan membeli makanan secara online untuk sehari-hari, baik melalui aplikasi atau media sosial.

Sebagai pebisnis kuliner, Anda sebaiknya memanfaatkan momen ini dengan mempromosikan dan menawarkan layanan kuliner Anda secara online. Dengan begitu, target market Anda akan semakin luas karena bisa menjangkau berbagai daerah di indonesia, bahkan hingga daerah-daerah pelosok sekalipun selama di daerah tersebut terdapat akses internet.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam mempromosikan bisnis kuliner Anda secara online, di antaranya dengan membuat toko online atau website penjualan. Jika Anda tidak mampu membuatnya sendiri, Anda tinggal menggunakan jasa orang lain dalam hal ini.

Setelah Anda memiliki toko online atau website penjualan untuk bisnis katering Anda, tinggal memaksimalkan kinerja toko online tersebut. Untuk itu Anda butuh untuk mendapatkan peringkat yang baik di search engine Google maupun yang lainnya.

Selain mempromosikan dan menawarkan bisnis katering dengan menggunakan media toko online, Anda juga bisa memanfaatkan market place yang sudah banyak bermunculan saat ini, seperti shopee, bukalapak, tokopedia, olx, dan yang lainnya.

Setiap hari para pengunjung yang datang berkunjung ke situs-situs market place di atas sangatlah banyak, sehingga bentuk promosi yang Anda lakukan bisa lebih maksimal, sehingga produk yang Anda tawarkan bisa dilihat oleh banyak orang. Sudah banyak bukti keberhasilan dari orang-orang yang memanfaatkan market place untuk menawarkan produk maupun jasa  yang ditawarkannya.

Anda juga sebaiknya memaksimalkan upaya promosi melalui media social yang populer saat ini seperti facebook, twitter, instagram, whatsapp, telegram, serta youtube. Sebab, para pengguna situs-situs social media di atas sangatlah banyak, sehingga menjadi ‘lahan basah’ bagi usaha yang Anda jalankan.

Tapi ingat, hendaknya Anda mengetahui bagaimana cara berpromosi yang baik di social media. Jangan sampai Anda asal-asalan dalam berpromosi sehingga menyebabkan teman-teman Anda di social media terganggu dengan hal tersebut.

Oleh karena itu, Anda perlu mempelajari bagaimana memaksimalkan social media untuk kepentingan bisnis Anda. Sudah banyak yang membuktikan efektivitas berpromosi di social media, Anda tinggal melakukannya secara maksimal.

Demikianlah informasi seputar 4 tips bisnis kuliner yang perlu diterapkan saat new normal. Dengan menerapkan tips-tips tersebut, usaha kuliner yang Anda jalankan berpeluang untuk meraih kesuksesan di masa mendatang.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *