Inilah 5 Cara Mendapatkan Uang Berlimpah Dari Google

  • 4 min read
  • Oct 11, 2020

Seiring dengan semakin banyaknya pengguna internet, menjadikan internet sebagai salah satu ladang terbaik untuk mendapatkan penghasilan tambahan, bahkan penghasilan utama. Dari berbagai sumber penghasilan yang ada di internet, ada beberapa penghasilan dari Google yang menjadi favorit para kawula muda.

Mungkin Anda bertanya-tanya apa sajakah penghasilan dari Google tersebut? Untuk lebih jelasnya, silahkan baca kelanjutan artikel di bawah ini.

Inilah 5 Cara Mendapatkan Uang Berlimpah Dari Google

1.Google AdSense

Cara Mendapatkan Uang dari Google AdSense
Cara Mendapatkan Uang dari Google AdSense

Google AdSense saat ini menjadi salah satu bentuk monetize yang sangat digemari oleh orang-orang yang berkecimpung dalam dunia blogging atau bisnis online. Sebab, saat seseorang diterima sebagau publisher Google Adsense, peluang untuk mendapatkan penghasilan besar setiap bulannya sangat tinggi, asalkan mau berusaha dan bekerja keras.

Cara kerja Google Adsense adalah pemilik blog atau website mendaftarkan situsnya ke Google Adsense. Setelah itu pemiliki blog atau website harus memasukkan script yang sudah ditetapkan oleh Google ke dalam website pendaftar. Nah, setelah script dimasukkan, pihak Google akan melakukan review kelayakan blog atau website tersebut untuk menjadi mitra Google Adsense sebagai publisher mereka.

Jika pendaftaran diterima, maka iklan akan muncul. Jika tidak, maka iklan tidak muncul dan akan ada pemberitahuan penolakan dari Google ke email yang digunakan mendaftar . Di situ akan diterangkan alasan penolakan dan diminta untuk memperbaikinya sebelum mengajukan permohonan ulang.

Perhitungan pendapatan dihitung berdasarkan klik iklan yang dianggap valid. Semakin banyak klik iklan valid, maka publisher akan mendapatkan semakin  banyak bayanran tentunya. Oleh karena itu, traffik  yang berlimpah merupakan salah satu syarat sukses seseorang yang ingin berbisnis Google Adsense.

2.Google Play Store

Cara mendapatkan uang dari google admob
Cara mendapatkan uang dari google admob

Selan mendapatkan uang dari Google dengan menjadi publisher Google Adsense, cara lainnya yang juga bisa dilakukan adalah mendapatkan hasilnya dari berjualan aplikasi lewat Google Play Store. Tentu saja untuk bisa berjualan aplikasi, Anda harus memiliki kemampuan coding mumpuni agar bisa membuat aplikasi yang berkualitas.

Saat ini pengguna Android di seluruh dunia sudah mencapai angka yang luar biasa,sehingga betul-betul merupakan pasar empuk untuk aplikasi-aplikasi di Play Store. Hanya saja, tentunya Anda baru bisa memperoleh penghasilan lewat berjualan aplikasi di Google, apabila aplikasi tersebut memang layak, berkualitas, fitur lengkap, dan menarik perhatian pengguna.

Jika Anda merasa kesulitan membuat aplikasi berbayar, cobalah  tawarkan in-app purchases. Dengan cara ini Anda bisa  mendapatkan penghasilan melalui fitur-fitur dan elemen yang ditambahkan di dalam aplikasi. Misalkan saja Anda mengembangkan aplikasi gaming, maka bisa menambahkan opsi membeli gem atau pakaian hingga senjata untuk karakter yang bisa dibeli dengan metode pembayaran online.

Selain kedua cara di atas, Google Play Store juga menyediakan tiga cara lainnya yang bisa Anda gunakan dalam meraup penghasilan yakni in-app advertising, subscription dan sponsorship. Untuk in-app advertising, penghasilan bisadidapatkan setiap kali pengguna menonton iklan atau berbagi banner iklan saat menjalankan aplikasi.

Sementara untuk subscription, pendapatan diperoleh dari para pengguna yang berlangganan aplikasi Anda dalam waktu tertentu. Terakhir untuk cara sponsorship, Anda dapat menjalin bekerjasama dengan pihak ketiga dalam membuat aplikasi. Apabila aplikasi sudah digunakan secara global, tentu penghasilan yang bisa Anda dapatkan bakal fantastis. Namun jika Anda baru memulainya, tentunya butuh waktu dan modal untuk promosi.

3.Google Map

Cara mendapatkan uang dari google map
Cara mendapatkan uang dari google map

Jika Anda termasuk pecinta travelling? MakaAnda berpeluang besar mendapatkan penghasilan dari  Google Maps. Ya, meskipun berbeda dengan cara mendapatkan lainnya untuk mendapatkan uang dari Google, tetap saja insentif yang diberikan oleh Google bakal cukup menguntungkan. Melalui fitur Maps, Google memberikan kesempatan bagi siapa saja yang ingin berkontribusi mengembangkan platform geo-location. Artinya, Anda bisa mengisi konten pada peta digital yang dibuat oleh Google.

Beberapa konten yang bisa dilakukan seperti melakukan review terhadap sebuah lokasi, menilai sebuah lokasi, menambahkan foto di lokasi tertentu, mengubah informasi hingga menjawab pertanyaan dari pengguna internet lainnya.

Semakin banyak kontribusi yang dilakukan, tentunya peluang untuk mendapatkan sejumlah poin yang nantinya bisa ditukarkan untuk insentif atau reward khusus dari Google semakin besar pula.

Contoh rewardnya seperti voucher hotel, diskon, maupun tiket alat transportasi, termasuk bonus kapasitas Google Drive hingga mencoba fitur-fitur terbaru dari Google. Kendati bukan dalam bentuk uang, tentunya berbagai insentif di atas akan sangat menggiurkan bagi mereka para traveller sejati.

4.Youtube

Cara mendapatkan uang dari youtube
Cara mendapatkan uang dari youtube

Saat ini Youtube menjadi salah satu cara paling diminati oleh kawula muda dalam mencari uang di Google. Apalagi sudah sangat banyak bukti anak-anak muda yang mampu meraih penghasilan yang fantastis dengan menjadi  seorang Youtuber.

Saat kontent Youtube  Anda menarik, tentu saja banyak orang yang akan menontonnya. Di saat viewer dan subcriber channel Youtube Anda sudah memenuhi syarat dari Google, ketika itulah Anda bisa mengajukan Youtube AdSense.

Tidak jauh berbeda dengan Google AdSense, semakin tinggi viewers yang dimiliki oleh sebuah channel, maka iklan yang terpasang tentunya akan semakin banyak pula, sehingga penghasilan Anda semakin melimpah. Tak cuma memperoleh uang dari Youtube saja, Anda juga bisa melakukan kerjasama dengan berbagai brand dan mendapat penghasilan tambahan.

Tapi ingat, menjadi seorang Youtuber tidaklah mudah. Di samping Anda harus memiliki kreativitas tinggi sehingga mampu menghasilkan ide-ide cemerlang setiap saat, video yang bakal menjadi konten juga harus menarik. Oleh karena itu, Anda  harus memiliki kamera yang berkualitas untuk melakukan perekanan dan proses editing yang betul-betul optimal. Belum lagi persaingan di kalangan Youtuber saat ini sudah semakin ketat sehingga Youtube selalu memperbarui aturan monetisasi, menjadikan Anda harus mampu menjadi content creator yang pantang menyerah.

5.Google My Business

Cara mendapatkan uang dari google my bussines
Cara mendapatkan uang dari google my bussines

Salah  satu cara mendapatkan uang dari Google adalah dengan memanfaatkan Google My Business. Hanya saja, cara yang satu ini berbeda dari 4 cara sebelumnya. Kalau 4 cara sebelumnya kita mendapatkan penghasilan yang diberikan oleh pihak Google. Adapun menggunakan Google My Business hanyalah sebuah cara yang digunakan untuk membantu memperkenalkan dan memudahkan orang mendapati usaha yang kita kelola, baik itu restoran, toko bunga, bengkel dan aneka bisnis lainnya.

Sebab melalui Google My Business, Anda dapat membuat profil pada bisnis yang dikelola. Profil yang dibuat semisal nama bisnis, jadwal operasional, daftar produk barang atau jasa yang ditawarkan (bisa di-update), foto, maupun website/blog/media sosial resmi hingga review dari konsumen sebelumnya.

Tentunya keberadaan dari profil ini bakal membantu Anda dalam meningkatkan omzet bisnis.  Sehingga, secara tidak langsung Anda mendapatkan bantuan dari Google dalam kelangsungan bisnis Anda. Tak berhenti di situ, Google My Business juga menyediakan tampilan website sederhana demi meningkatkan eksposure dan reputasi agar bisnis yang Anda jalankan dan kelola makin terlihat profesional.

Wah, ternyata mendapatkan uang dari Google banyak caranya! Untuk bisa mengetahui mana cara yang paling tepat dan cocok bagi Anda, sebaiknya Anda mencoba melakukannya satu per satu dengan serius. Anda harus fokus ke satu jenis monetize terlebih dahulu, melakukannya secara profesional dan berkesinambungan, sampai Anda menemukan yang paling tepat dan cocok bagi Anda. Tapi sekali lagi perlu diingat, tidak ada yang instant dalam meraih sebuah keberhasilan.