Inilah 5 Cara Mendapatkan Uang dari Youtube, Lengkap dan Ampuh!

  • 4 min read
  • Sep 30, 2020

Di masa dahulu saat anak-anak ditanya ingin menjadi apa? Maka jawaban mereka bermacam-macam, ada yang ingin menjadi dokter, pegawai negeri, dan lain sebagainya. Jawaban tersebut muncul dari pemahaman sebagian dari mereka kalau pekerjaan yang bisa menjamin hidup yang lebih baik adalah apa yang telah disebutkan dalam jawaban tersebut.

Tentu saja kondisi saat ini sudah berbeda, karena seiring dengan berkembangnya teknologi, mulailah bermunculan berbagai jenis bisnis atau profesi yang menguntungkan dan bisa dijalankan meskipun seseorang tidak mengenyam bangku pendidikan yang tinggi.

Salah satu jenis profesi yang bisa dijalankan adalah dengan menjadi seorang youtuber. Tidak tanggung-tanggung, bahkan saat ini sudah banyak youtuber yang berhasil mendapatkan banyak keuntungan hanya dengan mengupload video ke youtube.

5 Cara-Cara Ampuh Memperoleh Penghasilan Fantastis dari Youtube

Berikut ini 5 cara-cara ampuh memperolah penghasilan fantastis dari youtube. Dengan mengetahui cara-cara tersebut, tentu Anda akan lebih semangat untuk menjadi seorang youtuber. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan di bawah ini.

1.Daftar Google AdSense

Daftar Google AdSense
Daftar Google AdSense

Salah satu cara yang dilakukan oleh youtuber di seluruh dunia untuk memperoleh penghasilan adalah menjadi mitra Google Adsense. Selayaknya saluran TV yang mendapatkan uang dari jasa pemasangan iklan, begitu pulalah konsep Google AdSense di Youtube. Untuk bisa memperoleh penghasilan, Anda harus membuat channel Youtube pribadi. Tentu saja Anda juga mesti melengkapi channel tersebut dengan memasang foto profil, banner dan deskripsi.

Apabila channel Anda sudah benar-benar lengkap, Anda tinggal mendaftar akun Google AdSense dan melakukan monetisasi konten. Melalui layanan Youtube Partner Program (YPP), para content creator dapat menghasilkan uang lewat AdSense. Hanya saja per 16 Januari 2018, Youtube menetapkan beberapa syarat khusus bagi para Youtuber yang ingin memperoleh penghasilan lewat AdSense.

Adapun syarat-syarat tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Channel baru bisa didaftarkan Adsense apabila memiliki minimal waktu tonton (watch time) berjumlah 4.000 jam dan 1.000 subscriber selama 12 bulan terakhir
  2. Konten-konten video yang diupload haruslah ramah pengiklan. Oleh karena itu, jika video tersebut berisi konten sugestif seksual (telanjang dan humor seksual), kekerasan, penggunaan bahasa yang vulgar dan kotor, promosi obat terlarang, serta subyek atau peristiwa sensitif, tentu akan ditolak mentah-mentah oleh pengiklan
  3. Konten yang dibuat haruslah menggunakan video dan audio sendiri atau gratis yang disediakan Youtube, sehingga tidak ada masalah dengan hak cipta orang lain di kemudian hari.

Jika channel yang Anda buat memenuhi semua syarat-syarat di atas, maka akan ada peninjauan dari Google AdSense sebelum disetujui. Selain itu, Anda juga bisa mengecek total pendapatan (dalam USD) melalui pengaturan channel. Meskipun awalnya tidaklah besar, tapi semakin rutin Anda mengunggah video, tentu saja pendapatan yang bisa Anda peroleh akan makin tinggi pula. Intinya, semakin disukai video Anda dan memiliki jumlah viewers membludak, tentunya iklan yang dipasang oleh AdSense bakal beragam dan bernilai besar.

2.Optimasi Konten Video

Optimasi Konten Video
Optimasi Konten Video

Salah satu penyebab utama mengapa sebuah video tidak memiliki jumlah penonton sesuai harapan tidak lain karena kurangnya optimasi konten. Sebagaimana halnya sebuah artikel baru bisa menempati posisi teratas dalam halaman pencarian Google dengan kriteria tertentu, maka video Youtube juga wajib memenuhi beberapa hal supaya masuk daftar trending dan banyak ditonton. Oleh karena itu, berikut ini beberapa langkah optimasi konten video di Youtube yang bisa Anda lakukan:

  1. Membuat dan menayangkan video orisinal buatan Anda sendiri
  2. Membuat judul menarik dan memasang foto thumbnail yang dapat menarik perhatian calon penonton.
  3. Terapkan teknik SEO dalam konten video yang Anda unggah, termasuk dalam judul, deskripsi maupun meta tag
  4. Menerapkan Call to Action kepada penonton, semisal mengajak mereka untuk membagikan video Anda dan memberikan komentar serta melakukan subscribe
  5. Promosikan video di media sosial (Instagram, Facebook, Twitter) atau blog Anda

3.Menguasai Algoritma Youtube

Menguasai Algoritma Youtube
Menguasai Algoritma Youtube

Jika Anda ingin maksimal sebagai Youtuber, sebaiknya Anda mencoba memahami algoritma yang ditetapkan Youtube. Mulailah mempelajari High Retention Video alias rata-rata video yang ditonton. Sebagai contoh, saat Anda mengunggah video berdurasi 10 menit, tapi ternyata rata-rata cuma ditonton 5 menit, berarti retensi Anda adalah 5 menit. Semakin tinggi retensi, maka peluang masuk trending di Youtube akan semakin besar pula.

Selain retensi, algoritma ranking di Youtube juga turut dipengaruhi oleh jumlah komentar. Video yang menduduki peringkat atas akan cenderung memiliki banyak komentar. Selain itu, jumlah like dan subscribe dari penonton yang baru saja menonton video menunjukkan konten Anda berkualitas. Terakhir, algoritma Youtube juga dipengaruhi share video, CTR (Click Through Rate) dan durasi video. Di mana makin panjang video, tentu semakin berpeluang untuk berada pada posisi pencarian teratas. Meskipun demikian, tetap saja kualitas konten yang disajikan tetap memberi pengaruh besar.

4.Affiliate Marketing dan Endorse

Affiliate Marketing dan Endorse
Affiliate Marketing dan Endorse

Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh penghasilan dari Youtube adalah lewat konsep Affiliate Marketing. Mudahnya, Anda memberikan tautan pembelian produk dari marketplace tertentu yang sudah terhubung ke akun. Tentu saja setiap konsumen yang membeli produk melalui  tautan Anda, akan semakin menambah penghasilan..

Tautan tersebut bisa Anda tuliskan ke dalam deskripsi supaya penonton lebih tertarik. Dalam hal ini, beberapa konten video seperti review dan unboxing HP, laptop maupun gawai lainnya berpeluang menggunakan metode afiliasi ini. Serupa dengan afiliasi, konsep endorse juga bisa digunakan. Di mana untuk endorse, Anda mesti menjalin kerjasama dengan sponsor dan mengenalkan atau menawarkan produk sponsor itu ke penonton lewat video.

5.Berjualan Merchandise

Berjualan Merchandise
Berjualan Merchandise

Cara paling terakhir yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan penghasilan lewat Youtube adalah merchandise. Oleh karena itu, apabila channel Anda mendapatkan banyak subscriber dan penonton setia, jangan ragu untuk menjual merchandise atau produk bisnis Anda sendiri.

Cobalah untuk menawarkan produk bisnis seperti berjualan snack, item kuliner hingga sepatu atau tas handmade. Agar lebih maksimal, cobalah lakukan interaksi dengan setiap penonton karena bagaimanapun mereka adalah pangsa pasar Anda. Makanya, semakin aktif dan ramah seorang Youtuber, tentu peluang untuk menggaet penonton baru akan semakin besar dan semakin mudah. Perlahan tapi pasti, Anda bisa menjadi seorang Youtuber yang sukses dan memperoleh penghasilan fantastis setiap bulannya.

Sekian kiranya penjelasan seputar cara ampuh mendapatkan penghasilan dari youtube yang bisa saya bagikan pada artikel kali ini. Semoga Anda bisa mendapatkan tambahan pengetahuan yang bermanfaat terkait masalah ini. Bagi Anda yang ingin mencoba menjadi seorang youtuber, sebaiknya Anda tidak terbatas pada teori saja tanpa praktek, karena hanya dengan praktek pengalaman Anda akan bertambah.

Tapi sebelumnya, perlu diingat bahwa hasil tidak akan didapatkan secara instan. Semua membutuhkan proses, serta melalui triall and error. Oleh karena itu, saat Anda sudah mulai menjadi youtuber, pastikan Anda tidak berhenti di tengah jalan hanya karena kendala-kendala yang dialami.