Inilah 8 Cara Mudah Memperoleh Passive Income

  • 4 min read
  • Sep 21, 2020

Seiring dengan keinginan untuk mendapatkan penghasilan tambahan di masa pandemi akibat Covid-19 saat ini, orang-orang mulai memikirkan jenis-jenis bisnis yang bisa dijalankan dengan mudah namun bisa memberikan penghasilan dan bersifat passive income.

Untuk memperoleh passive income, ada beberapa jenis bisnis yang bisa dijalankan. Selama Anda mau konsisten dalam melakukannya, potensi keberhasilan bisnis yang dijalankan tersebut sangatlah besar. Baiklah, di bawah ini akan saya sebutkan jenis-jenis bisnis yang dapat dijalankan dengan mudah dan bisa memberikan passive income.

Detail Ulasan 8 Cara Mudah Memperoleh Passive Income

Sampai saat ini menjadi karyawan di sebuah instansi pemerintah atau perusahaan tetap menjadi primadona di sebagian besar masyarakat Indonesia. Namun bagi kelompok milenial, menjadi karyawan sudah tidak bisa digolongkan sebagai kutamaan lagi. Sebab, yang paling diinginkan adalah menjalankan sebuah bisnis yang bisa memberikan keuntungan dalam keadaan pemilik bisnis banyak menghabiskan waktu di rumah atau travelling.

Kira-kira gambaran di atas bisa diwujudkan? Jawabannya bisa, yaitu dengan mendapatkan passive income! Oleh karena itu, di bawah ini akan saya ulas beberapa ide yang sangat menarik untuk dilakukan:

1.Jadi Penulis Artikel

Mendapatkan Passive Income Dari Jasa Content Writer
Mendapatkan Passive Income Dari Jasa Content Writer

Di zaman yang serba internet saat ini, kemampuan menulis artikel memiliki posisi teratas dan menjadi salah satu peluang untuk mendapatkan penghasilan secara online. Perlu diketahui bahwa saat ini konten masihlah menjadi pilar terpenting dalam sebuah produk online. Anda yang pandai menulis artike, bisa memilih untuk jadi blogger atau Youtuber.

Meskipun untuk memulai profesi ini sangatlah berat, namun jika Anda mau bersungguh-sungguh dalam membangunnya, fokus dan konsisten dalam melakukannya, maka potensi keberhasilan Anda dalam menjalankan bisnis tersebut sangatlah besar.

Jika Anda membangun blog misalnya, di mana Anda mampu konsisten dalam mengupdate artikel-artikel berkualitas dan berhasil mendapatkan banyak pengunjung blog, maka Anda bisa melakukan pendaftaran blog ke Google Adsense. Saat ini menjadi publisher Google Adsense merupakan salah satu bentuk kerja sampingan online yang sangat menghasilkan.

2.Menyewakan Properti

Mendapatkan Passive Income Dari Bisnis Properti
Mendapatkan Passive Income Dari Bisnis Properti

Jenis bisnis yang satu ini merupakan sumber passive income yang menjadi primadona sejak dulu hingga sekarang. Kenyataannya memang demikian, di mana properti merupakan sumber penghasilan pasif paling potensial karena harganya properti yang terus meningkat setiap tahun. Anda bisa menyewakan ruko, kamar kos, rumah kontrakan, lahan parkir, lahan kosong, apartemen, dan lain sebagainya.

Seiring dengan fakta semakin menipisnya jumlah lahan kosong setiap tahunnya, sementara harga beli properti terus melambung, menjadikan masyarakat lebih memilih untuk menyewa saja. Dengan menyewakan properti, tentu saja Anda tak perlu ribet melakukan pengawasan karena pihak penyewa harus bertanggung jawab selama masa sewa.

3.Unggah Foto/Desain di Platform Resmi

Mendapatkan Passive Income Dari Bisnis Desain
Mendapatkan Passive Income Dari Bisnis Desain

Apakah Anda senang atau hobi dengan hal-hal yang berbau fotografi atau desain? Jika iya, maka Anda berpeluang besar mendapatkan passive income dengan target pasar global. Caranya cukup mudah, karena Anda tinggal mengunggah karya foto yang paling menarik atau hasil desain grafis Anda yang paling ciamik ke sebuah platform. Nantinya Anda bakal memperoleh bayaran tatkala karya tersebut dilirik oleh pengguna internet. Tentunya jika foto atau desain yang diunggah semakin eksklusif, tentunya bakal banyak orang tertarik dan bersedia membelinya. Setelah itu Anda hanya perlu menunggu saja sampai uang bayaran itu masuk ke rekening.

4.Mengumpulkan Royalti

Mendapatkan Passive Income Dari Royalti
Mendapatkan Passive Income Dari Royalti

Apakah Anda suka menulis atau menciptakan sesuatu yang unik, menarik, atau bermanfaat? Jika iya, maka Anda bisa menggunakannya sebagai sumber passive income. Untuk karya tulis misalnya, setiap karya tulis yang Anda hasilkan dicetak terus, maka Anda bakal memperoleh royalti sekalipun karya tulis itu sudah Anda tulis bertahun-tahun silam.

5.Bikin Kursus Online

Mendapatkan Passive Income Dari Bisnis Kursus Online
Mendapatkan Passive Income Dari Bisnis Kursus Online

Apabila Anda memiliki keahlian dalam sebuah bidang, seperti memasak, pertanian hingga kepenulisan, tentunya Anda bisa merangkum materi itu dan menawarkannya dalam bentuk paket pelatihan online. Untuk proses pelatihan Anda tidak perlu keluar rumah, cukup menggunakan email atau video dan e-book, dan semisalnya sebagai media pelatihan. Masyarakat yang ingin mengikutinya tinggal mendaftar dan membeli paket pelatihan itu kapanpun, sehingga Anda bisa meraup penghasilan pasif yang menjanjikan.

6.Membuat Aplikasi/Software

Mendapatkan Passive Income Dari Membuat Aplikasi
Mendapatkan Passive Income Dari Membuat Aplikasi

Programmer saat ini menjadi salah satu profesi yang sangat menjanjikan, karena memang gaya hidup masyarakat yang serba gawai. Bukan hanya sebagai sumber active income, keahlian coding dan tentunya menjadi programmer ini bisa menjadi passive income yang sangat menjanjikan. Bagaimana caranya? Ciptakan aplikasi untuk smartphone atau software berbayar yang bermanfaat bagi banyak orang.

Kapanpun aplikasi atau software yang Anda ciptakan tersebut dibeli oleh orang, maka Anda akan memperoleh penghasilan bulanan. Bahkan jika Anda mampu menciptakan program berbahasa Inggris yang dapat digunakan pasar global, tentunya passive income yang akan Anda dapatkan berupa ribuan Dollar AS.

7.Rental Kendaraan Bermotor

Mendapatkan Passive Income Dari Bisnis Rental Kendaraan
Mendapatkan Passive Income Dari Bisnis Rental Kendaraan

Peluang passive incomeĀ  tidak hanya bisa Anda dapatkan dengan menyewakan properti, namun sumber penghasilan pasif yang konvensional dan sampai saat ini termasuk paling banyak dipilih banyak masyarakat Indonesia adalah rental kendaraan bermotor. Oleh karena itu, jangan meremehkan hal tersebut, karena penghasilan bisnis rental kendaraan bermotor terbukti meningkat berkali-kali lipat di musim liburan. Meskipun di masa pandemi Covid-19 saat ini yang begitu menghantam kelangsungan rental kendaraan bermotor, faktanya bisnis ini masih tetap mempunyai peluang passive income besar. Sebab itu, Anda tak perlu keluar, karena Anda hanya perlu menunggu kendaraan diambil dan diantarkan lalu memperoleh pendapatan.

8.Bisnis Franchise

Mendapatkan Passive Income Dari Bisnis Franchise
Mendapatkan Passive Income Dari Bisnis Franchise

Jenis bisnis apapun yang Anda jalankan, baik yang bergerak di bidang kuliner, minuman kekinian atau bahkan pelayanan jasa, maka peluang untuk meraup passive income melalui skema franchise tetap besar. Istilah franchise alias waralaba memungkinkan orang lain membuka bisnis dengan brand yang Anda bangun, mulai dari produk yang ditawarkan, konsep marketing, hingga packaging.

Melalui skema waralaba yang sudah ditetapkan, tentunya Anda sebagai pemilik bisnis dapat menawarkan paket tertentu. Dengan begitu, nantinya Anda tidak perlu repot-repot membuka cabang, melakukan perekrutan dan pelatihan pegawai baru. Sebab, semua hal tersebut sudah dilakukan oleh pihak pembeli waralaba. Dengan demikian, Anda hanya tinggal menanti passive income yang bersumber dari pembelian produk, dengan jumlah dan ketentuan yang telah ditetapkan dalam kontrak kerjasama.

Penjelasan jenis-jenis kerjasa sampingan online dan contoh passive income yang sudah dibahas di atas, tentunya menjadi bukti bahwa peluang untuk meraup penghasilan pasif yang menjanjikan bukanlah mimpi belaka atau angan-angan kosong semata. Namun tentunya untuk mewujudkan impian menjadi seseorang yang senantiasa memperoleh penghasilan sekalipun tidak bekerja, maka Anda harus membangunnya sejak sekarang. Dalam hal ini Anda harus sungguh-sungguh dan konsisten dalam menjalankannya.

Demikianlah informasi seputar cara mudah mendapatkan passive income yang bisa saya bagikan pada artikel kali ini. Semoga artikel ini bisa memberikan tambahan informasi, khususnya bagi Anda yang ingin sekali mendapatkan passive income tersebut namun kebingungan dalam menentukan bentuk bisnis apa saja yang perlu dijalankan.