Apa Saja Syarat Dan Jenis Pinjaman Di Pegadaian?

Posted on

Setiap orang dihadapkan dengan masalah keuangan yang semakin hari semakin bertambah. Tak heran jika beberapa orang saat ini memutar otak untuk memenuhi kebutuhan tersebut dengan menggunakan pegadaian. Sebelumnya, ketahui dahulu syarat dan jenis pinjaman di pegadaian.

Anda tentu sudah tidak asing lagi mengenai istilah pegadaian. Kebutuhan hidup dari waktu ke waktu yang semakin tinggi saat ini membuat sebagian masyarakat kebingungan untuk memenuhinya. Seperti kebutuhan makan, biaya pendidikan, dan lain sebagainya. Untuk itulah hadirnya pegadaian dapat menjadi solusi bagi kebutuhan hidup tersebut.

Syarat Dan Jenis Pinjaman Di Pegadaian

Pegadaian sering digunakan sebagai salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang dipenuhi. Pegadaian sendiri termasuk sebagai bagian BUMN yang bergerak pada sektor keuangan. Dengan visinya melayani masyarakat yang ingin mendapatkan pinjaman memakai sistem gadai.

Untuk menggunakan pegadaian ini sendiri, Anda perlu mengetahui terlebih dulu apa saja syarat dan jenis pinjaman yang berlaku di pegadaian. Beberapa syarat tersebut disesuaikan dengan jenis pegadaian yang ingin digunakan. Di bawah ini beberapa syarat dan jenisnya yang bisa Anda ketahui.

Syarat Dan Jenis Pinjaman Di Pegadaian

Saat ini sendiri pegadaian sudah memiliki berbagai jenis layanan produk pinjaman yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan masyarakat. Apabila Anda ingin menggunakan pinjaman tersebut maka ketahui dahulu apa saja syarat yang ditentukan. Adapun beberapa jenis sekaligus syarat dari pegadaian tersebut sebagai berikut:

KCA atau pinjaman pegadaian melalui kredit cepat dan aman

Jenis pinjaman di pegadaian yang pertama adalah KCA. Ini merupakan salah satu jenis pegadaian yang bisa Anda dapatkan lewat outlet pegadaian terdekat. Anda bisa mengajukan pinjaman dengan dana mulai dari Rp. 50.000 saja.

Adapun beberapa syarat pinjaman di pegadaian KCA yang perlu Anda penuhi seperti:

  1. Fotocopy kartu identitas resmi yang berlaku, seperti KTP/SIM/paspor
  2. Menyerahkan barang jaminan seperti emas, kendaraan, laptop, dan lainnya

Tentu beberapa syarat pinjaman di pegadaian jenis yang satu ini sangat mudah untuk dikakukan. Terlebih, apabila Anda tidak dapat melakukan pembayaran tepat waktu maka pinjaman tersebut dapat diperpanjang jangka waktunya selama 4 bulan. Anda juga bisa melakukan perpanjangan waktu berkali-kali.

Pinjaman lewat pegadaian Rahn

Apabila Anda menginginkan dana pinjaman yang cepat dengan proses pinjaman yang sesuai syariah, maka pegadaian jenis Rahn bisa jadi solusinya. Seperti dengan syarat dan jenis pinjaman di pegadaian jenis KCA, Anda perlu menyerahkan agungan maupun barang jaminan serta fotocopy identitas diri yang masih berlaku. 

Untuk mendapatkan dana tersebut Anda bisa memberikan agunan berupa emas, berlian, laptop, smartphone, atau barang bernilai lainnya seperti mobil ataupun sepeda motor. Saat memilih jenis pinjaman yang satu ini, Anda tidak perlu khawatir mengenai barang yang digadaikan. Pasalnya, semua barang yang digadai akan tersimpan dengan aman. 

Syarat Dan Jenis Pinjaman Di Pegadaian

Pada layanan pinjaman jenis yang satu ini sendiri Anda bisa melakukan pinjaman hingga Rp 50.000 sampai Rp 500.000.000 ataupun lebih. Pinjaman tersebut dapat dikembalikan dalam jangka waktu 4 bulan ataupun diperpanjang hanya dengan mengangsur sebagian uang pinjaman.

Selain beberapa jenis pinjaman yang sudah disebutkan di atas, tentu masih ada jenis pinjaman lainnya yang bisa Anda pilih. Yang pasti, semua jenis pinjaman tersebut bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Dengan harapan adanya pinjaman yang menjadi layanan masyarakat tersebut dapat membantu kebutuhan masyarakat terpenuhi dengan mudah.

Saat Anda memiliki masalah keuangan, maka pegadaian bisa Anda jadikan pilihan untuk mengajukan pinjaman. Namun tetap pastikan bahwa jenis pinjaman yang Anda pilih tersebut sesuai dengan tujuan pinjaman serta dapat memenuhi kebutuhan dengan lebih mudah.