Inilah Cara Jitu untuk Atasi Lupa PIN ATM Bank Danamon

  • 2 min read
  • Dec 09, 2020
Cara Jitu untuk Atasi Lupa PIN ATM Bank Danamon

Apakah Anda pernah mengalami lupa PIN hingga kartu debit atau kartu ATM bank Danamon Anda terblokir? Pasti rasanya sangat kesal bukan? Anda sudah harus ke luar rumah untuk pergi ke ATM dan tiba-tiba saja kartu ATM Anda terblokir.

Namun, Anda tak perlu cemas karena kini ada cara mudah untuk mengatasi masalah lupa PIN ATM Bank Danamon. Mari simak penjelasannya pada artikel ini.

Cara Mengatasi Lupa PIN ATM Bank Danamon

Kartu ATM Danamon terblokir biasanya terjadi karena beberapa hal, seperti Anda sebagai pemegang kartu ATM lupa nomor PIN saat akan transaksi di ATM.

Selain itu, alasan kartu ATM ataupun kartu kredit bank Danamon terblokir juga bisa disebabkan Anda salah dalam memasukkan nomor PIN selama 3 kali berturut-turut.

Proses pemblokiran akan terjadi secara otomatis untuk menjaga terjadinya kejahatan dalam transaksi keuangan, contohnya pembobolan rekening nasabah tertentu oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Pemblokiran ini juga umumnya terjadi di bank-bank lainnya.

Adapun beberapa tips dalam mengatasi lupa PIN ATM Bank Danamon, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Segera datangi bank Danamon terdekat, kemudian carilah bagian customer service.
  • Ceritakan keluhan Anda kepada customer service tersebut.
  • Customer service biasanya akan menanyakan nama ibu kandung Anda, nomor telepon, maupun KTP/SIM yang masih berlaku. Customer service akan mencocokkan data Anda dengan data yang ada pada kartu ATM.
  • Customer service akan meminta Anda untuk membuat PIN yang baru. Cobalah Anda nomor PIN yang berbeda agar tidak mudah diretas oleh orang lain.
  • Jika sudah selesai, Anda akan dimintai biaya pergantian PIN ATM sebesar Rp 25.000.

Untuk Anda yang menggunakan layanan SMS Banking Danamon, Anda juga perlu melakukan setting ulang jika Anda merubah PIN dengan yang baru.

Selain mengganti dengan PIN yang baru, Anda juga akan diminta untuk merubah password demi keamanan. Dalam proses SMS banking ini, Anda akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 60.000.

Kegunaan PIN dalam Transaksi Keuangan

PIN ialah singkatan dari Personal Identification Number. Pada dasarnya, PIN merupakan nomor kode yang biasanya digunakan dalam transaksi keuangan melalui media elektronik.

Umumnya, bank-bank lokal maupun internasional menggunakan PIN untuk membantu mengaktifkan transaksi keuangan para nasabahnya.

Terkadang, pemakaian PIN juga diikuti dengan adanya pengisian username dan password nasabah. Para ahli perbankan sengaja menggunakan PIN sebagai pengganti tanda tangan nasabah. Dahulu, PIN terdiri atas 4 angka. Namun sekarang PIN terdiri atas 6 angka. 

Tips Membuat Nomor PIN yang Aman

Menurut media Nordpass, ada beberapa password maupun PIN yang sangat umum digunakan oleh para nasabah bank. Beberapa di antaranya adalah nomor yang saling berurutan (seperti 123), nomor sama yang diulangi berkali-kali (semisal 55555), dan lain sebagainya.

Kejahatan di bidang transaksi keuangan semakin lama semakin lihai. Pelakunya adalah orang-orang pintar yang ingin merampas uang milik nasabah lain dengan cara kasat mata. Maka dari itu, silahkan Anda coba buat PIN dan password baru yang tidak sama dengan beberapa contoh PIN tersebut agar uang di rekening Anda selalu aman.

Sekarang, Anda sudah tahu kan cara mudah untuk mengatasi ketika Anda Lupa PIN ATM Bank Danamon. Anda tidak perlu panik lagi ketika kartu ATM Anda terblokir karena pemblokiran tersebut merupakan salah satu cara dari pihak bank untuk melindungi uang dalam rekening Anda.

Selamat bertransaksi melalui bank Danamon. Jaga rahasia PIN Anda dengan baik supaya Anda tenang dan nyaman. 

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *