Cara Membuka Rekening Tabungan Atas Nama Perusahaan

  • 2 min read
  • Feb 19, 2021

Sebuah perusahaan tentu memerlukan kemudahan transaksi untuk setiap aktivitasnya. Saat ini sendiri sudah ada banyak perusahaan yang menggunakan tabungan untuk menyimpan, mentransfer, maupun mencatat pembukuan dengan baik.

Sebagai pemilik perusahaan, Anda juga dapat membuka tabungan dengan cara membuka rekening tabungan atas nama perusahaan pada penjelasan berikut.

Ada banyak jenis bank ternama di Indonesia yang bisa Anda pilih. Dengan menjadi nasabah pada salah satu bank tersebut, maka perusahaan tentu akan semakin mudah dalam melakukan transaksi keuangan.

Cara Membuka Rekening Tabungan Atas Nama Perusahaan

Perusahaan sendiri dapat menggunakan nama badan usaha yang dimiliki. Dengan begitu, perusahaan tersebut dapat melakukan management keuangan dengan mudah. Baik itu dalam hal mengetahui keuntungan, profit, bahkan kerugian yang terjadi di setiap bulannya.

Banyaknya jenis bank yang ada di Indonesia, tentu juga memiliki fasilitas yang berbeda-beda. Akan tetapi, ada baiknya jika Anda memilih jenis bank yang memang bermanfaat dan berfungsi dengan baik dalam mendukung perkembangan perusahaan. 

Terlebih bagi Anda yang ingin melakukan transaksi luar negeri, maka pastikan Anda memilih bank yang dapat digunakan untuk bertransaksi memakai dollar. Lalu, apa saja syarat dan ketentuan dalam membuka tabungan dengan memakai nama perusahaan tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini.

Syarat dan Cara Membuka Rekening Tabungan Atas Nama Perusahaan

Terdapat beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk membuka rekening tabungan dengan memakai nama perusahaan. Umumnya, saat ingin melakukan pembukaan rekening tersebut Anda akan dimintai setoran awal dengan nominal uang yang lebih besar dibandingkan dengan tabungan perorangan.

Setidaknya, nominal tersebut sebesar Rp 1.000.000 untuk setoran awalnya. Untuk lebih tepatnya, Anda dapat mencari informasi langsung pada petugas yang ada di bank tersebut. Selanjutnya, Anda juga perlu menyerahkan beberapa dokumen yang diperlukan. 

Beberapa dokumen yang perlu Anda serahkan seperti kartu identitas pemilik perusahaan. Anda dapat menggunakan kartu identitas seperti KTP/SIM/Paspor. Kemudian sertakan juga beberapa dokumen lain yang diperlukan.

Untuk persyaratan lebih lanjut Anda dapat mencari informasi selengkapnya sesuai dengan jenis bank yang ingin Anda lakukan pendaftaran. Namun, untuk memiliki rekening tabungan atas nama perusahaan tersebut, ada baiknya Anda menyiapkan beberapa legalitas yang diperlukan seperti:

SKDP atau Surat Keterangan Domisili Perusahaan

Merupakan surat yang menerangkan tentang keberadaan dimana perusahaan Anda berdomisili. Dengan adanya surat tersebut, maka perusahaan Anda terbukti memiliki lokasi usaha yang jelas terutama di mata hukum.

Akta Pendirian Perusahaan

Cara Membuka Rekening Tabungan Atas Nama Perusahaan

Selain SKDP, Anda juga perlu menyiapkan akta pendirian perusahaan. Yang mana akta tersebut merupakan pedoman awal dalam menjalankan sebuah usaha. Dalam akta tersebut nantinya terdapat informasi penting mengenai perusahaan Anda. Seperti nama perusahaan, jenis usaha, jumlah modal, saham, hingga kedudukan perusahaan itu sendiri.

Surat Izin Usaha

Anda juga perlu menyiapkan surat izin usaha yang sedang dijalankan. Bagi Anda yang sudah lama terjun dalam bidang usaha tersebut tentu sudah tidak asing lagi dengan surat izin usaha atau yang sering disebut dengan SIUP. Yang mana surat tersebut memiliki peranan penting bagi setiap pengusaha dalam menjalankan usahanya.

NPWP

Kepanjangan dari Nomor Pokok Wajib Pajak yang dapat menginformasikan bahwa perusahaan Anda sudah menaati kewajibannya sebagai WNI yang baik. Yakni warga negara yang taat akan aturan pajak.

Tanda Daftar Perusahaan

TDP atau Tanda Daftar Perusahaan merupakan sebuah dokumen yang dapat dijadikan bukti bahwa perusahaan Anda sudah terdaftar sebagai salah satu perusahaan yang legal dan sah dalam mata hukum. 

Itulah berbagai syarat dan cara membuka rekening tabungan atas nama perusahaan yang bisa Anda ketahui. Syarat di atas perlu Anda siapkan dengan lengkap untuk dapat membuka rekening tabungan menggunakan nama perusahaan Anda sendiri.