Merchandise yang Menarik Membantu Menjadikan Bisnismu Laris Manis

  • 4 min read
  • Nov 18, 2020

Salah satu strategi yang bisa kamu lakukan untuk menjadikan bisnismu laris manis adalah dengan membuat suatu merchandise. Banyak bentuk merchandise yang bisa kamu bagikan, misalnya gantungan kunci, notes, card holder, dan lain sebagainya.

Umumnya merchandise diberikan oleh sebuah perusahaan tertentu secara cuma-cuma kepada konsumen mereka, dengan mencantumkan logo dari brand perusahaan yang bersangkutan. Dengan sebab itu, konsumen menjadi senang dan berubah menjadi pelanggan yang loyal.

Pemberian merchandise tentu saja tidak hanya bisa dilakukan oleh perusahaan-perusahaan. Kamu sebagai pengusaha kecil-kecilan juga bisa membuatnya. Dengan strategi merchandise, peluang bisnis kamu akan semakin besar.

Hal-Hal Penting Terkait Merchandise yang Perlu Diketahui

Ada beberapa hal penting terkait merchandise yang perlu kamu ketahui, sebagaimana yang akan saya sebutkan di bawah ini.

Merchandise Untuk Konsumen
Merchandise Untuk Konsumen

A.Pentingnya Merchandise

Sebagaimana yang telah saya singgung di atas, keberadaan merchandise dapat menarik konsumen baru ke dalam bisnis yang kamu kelola, bahkan menjadikannya sebagai pelanggan loyal. Di sinilah letak pentingnya merchandise.

Tidak heran jika merchandise disebut sebagai metode promosi yang efektif untuk meningkatkan brand awareness pada bisnis.

kalau begitu, seberapa pentingkah peran merchandise sebagai promosi dalam kemajuan bisnis kamu? Berikut penjelasannya.

1.Sebagai Daya Tarik Konsumen

Sudah merupakan hal yang lumrah kalau seseorang akan merasakan kegembiraan saat mendapatkan sebuah pemberian berupa pernak-pernik unik. Apalagi jika merchandise yang diberikan sangat bermanfaat untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Misalnya saja, seorang ibu rumah tangga yang memperoleh merchandise piring cantik pada suatu pembelian produk, di mana si ibu pastinya akan sangat senang karena piring cantik tersebut sangat bermanfaat baginya.

2.Mendorong Terjadinya Daya Saing Produk

Tingkat persaingan pasar saat ini semakin besar dan sulit untuk dihindari lagi. Terlebih lagi persaingan antara brand lokal dengan luar yang saat ini sedang ramai-ramainya terjadi.

Maka dari itu, usahakan kamu bisa memberikan nilai tambah yang bisa menjadi pembeda antara produkmu dengan produk pesaing. Tentunya, merchandise bisa menjadi salah satu cara yang sangat menarik perhatian target pasarmu.

Dengan adanya merchandise sebagai nilai lebih, tentu produkmu akan dilirik oleh konsumen sebagai keunggulan dan daya tarik. Sehingga konsumen jadi terdorong untuk membeli produkmu.

3.Wujud Apresiasi Kepada Konsumen

Tatkala bisnis kamu sudah mulai dikenal dan disukai masyarakat, seharusnya kamu memberikan apresiasi kepada mereka bukan? Hal ini penting karena tanpa konsumen, tentu bisnis yang kamu jalankan hanya akan sia-sia.

Dalam hal ini kamu bisa membuat suatu program yang kemudian kamu bisa menyertakan merchandise di dalamnya. Pasalnya, dengan memberikan merchandise kepada konsumen, secara tidak langsung akan teranggap sebagai bentuk penghargaan dari kamu kepada mereka karena sudah menjadi pelanggan setiap usahamu.

4.Media Promosi Jangka Panjang

Umumnya pemberian merchandise kepada konsumen berupa suatu barang yang bisa digunakan dalam jangka panjang. Dengan begitu, konsumen jadi lebih mudah untuk mengingat brand bisnismu yang tertera pada merchandise tersebut.

Jika kita mau melakukan perbandingan, metode promosi dengan merchandise jauh lebih efektif jika dibandingkan dengan promosi dalam bentuk booklet atau brosur. Sebab, merchandise memiliki daya guna yang lebih lama.

Sehingga tatkala konsumen butuh kepada produk atau jasa yang kamu tawarkan, tanpa ragu-ragu mereka akan segera membeli produkmu lagi. Sehingga, tujuan kamu untuk meningkatkan penjualan pun bisa tercapai.

B.Merchcandise Paling Populer dan Disukai Konsumen

Merchandise Untuk Ajang Promosi Bisnis
Merchandise Untuk Ajang Promosi Bisnis

Saat ini sudah banyak sekali jenis merchandise yang bisa kamu pilih sebagai promosi bisnismu, demikian pula harga dan kegunaannya. Untuk mendapatkan harga yang lebih murah, sebaiknya kamu memesannya dalam jumlah yang banyak.

Di bawah ini akan saya sebutkan beberapa jenis merchandise yang populer digunakan sebagai bentuk promosi dan disukai oleh konsumen.

1.Kaos

Pilihan kaos untuk merchandise yang kamu buat bisa berupa kaos berkerah atau kaos tak berkerah. Kamu bisa menambahkan logo brand atau tagline dengan desain sablon yang menarik padanya.

Pemberian merchandise kaos ini sangat tepat tatkala kamu mengadakan promosi dalam suatu acara jalan sehat, car free day atau sepeda gembira.

Kamu juga bisa membagikan kaos ini kepada konsumen yang sudah memenuhi ketentuan promo khusus, misalnya pembelian dalam jumlah tertentu, pembelian produk baru dan sebagainya.

2.Topi

Memilih topi sebagai merchandise sangat tepat dan cocok bagi kamu. Untuk modelnya, kamu bisa memilih topi berbentuk baseball cap, karena bentuk tersebut umum digunakan oleh berbagai kalangan. Selain itu, jangan sampai lupa meletakkan logo brand bisnismu di topi tersebut.

Menjadikan topi sebagai merchandise pastinya akan bermanfaat bagi konsumen. Seperti penggunaan agar terhindar dari panas matahari dan lainnya.

3.Gantungan Kunci

Jenis merchandise lainnya yang juga bisa menjadi opsi adalah gantungan kunci. Sebab, selain biaya produksi yang terjangkau, gantungan kunci tersebut juga lebih tahan lama, tidak mudah rusak, serta bisa dibuat mengikuti desain yang diinginkan.

4.Tote Bag

Tote bag atau tas jinjing juga termasuk salah satu merchandise yang dicari oleh konsumen. Terlebih lagi apabila tote bag tersebut awet dan memiliki desain menarik.

Pada merchandise, biasanya tote bag dibuat dari bahan kain kanvas. Keuntungan yang bisa kamu peroleh jika menggunakan tote bag sebagai merchandise adalah harganya yang terjangkau. Sebab, roduksi tote bag terbilang cukup murah.

5.Travel Bag atau Koper

Bagi kamu yang memiliki perusahaan biro perjalanan, sebaiknya kamu memilih merchandise eksklusif satu ini.

Meskipun anggaran yang dibutuhkan tidak sedikit untuk pembelian koper atau travel bag sebagai merchandise. Tetapi, sesekali memberikan kebahagiaan untuk konsumen tidak ada salahnya, bukan?

Oleh karena itu, buatlah koper atau travel bag yang senada dengan warna identik dari brand bisnismu. Kamu juga bisa memberikan merchandise ini dengan menetapkan beberapa syarat dan ketentuan tertentu bagi konsumen.

6.Mug atau Tumbler

Mug atau tumbler juga termasuk souvenir yang paling laris saat acara. Mug dan tumbler menjadi salah satu merchandise favorit disebabkan sifatnya yang tahan lama, serta mampu digunakan sebagai kebutuhan sehari-hari.

Oleh karena itu, mug atau tumbler merupakan salah satu merchindase yang juga banyak peminatnya. Apalagi jika jika kualitas dan desainnya menarik, tentu saja pelanggan Anda akan semakin semangat untuk mendapatkannya.

7.Alat Tulis

Untuk merchindase  berupa alat tulis, kamu dapat memilih notes atau pulpen yang sering digunakan oleh berbagai kalangan.

Selain itu, alat tulis juga dapat menjadi pilihan paling tepat jika kamu anggaran merchandisemu masih terbatas. Kamu dapat memberikan alat tulis tersebut sebagai hadiah atau ucapan terima kasih kepada konsumen yang terlibat dalam sebuah kegiatan, misalnya kegiatan seminar atau workshop.

Demikianlah informasi seputar merchandise untuk promosi bisnis dan hal-hal terkait lainnya yang perlu diketahui. Bagi Anda yang belum menerapkan sistem merchandise, cobalah dan rasakan pengaruhnya yang positif terhadap usaha atau bisnis yang kamu jalankan.