Perbedaan Kartu ATM, Kartu Kredit dan Kartu Debit Serta Fungsinya

  • 3 min read
  • Oct 17, 2020

Bila anda perhatikan, ukuran kartu ATM dan kartu kredit kurang lebih sama yaitu berukuran 85.60 x 53.98 mm. Penggunaan kedua jenis kartu ini sama-sama untuk transaksi perbankan. Bila anda mempunyai kartu kredit, anda bisa melakukan tarik tunai di mesin ATM. Kartu ATM yang anda miliki pun juga bisa digunakan untuk membayar belanja pada mesin EDC. Akan tetapi, masih ada perbedaan fungsi antara kartu ATM dan kartu kredit.

Perbedaan Kartu ATM, Kartu Kredit dan Kartu Debit

Kartu ATM merupakan kartu yang dikeluarkan oleh bank penerbit untuk melakukan transaksi pada mesin ATM. Pemilik kartu ATM dapat melakukan transaksi penarikan tunai, melakukan transfer antar bank, membeli pulsa prabayar, dan lain sebagainya.

Kartu debit sama saja dengan kartu ATM, hanya berbeda di penyebutan nama saja. Mengapa berbeda? Karena tergantung penggunaannya. Bila digunakan di mesin ATM maka penyebutannya adalah kartu ATM. Penamaan kartu debit digunakan apabila digunakan untuk bertransaksi di mesin EDC.

Lalu kartu kredit yang lain sama sekali dengan kartu ATM. Akan tetapi, bila anda menggunakan kartu kredit pada mesin ATM sangat memungkinkan. Anda bisa tarik tunai dan melakukan transaksi lain dengan lancar. Untuk perbedaannya, silahkan simak pembahasan berikut ini.

Perbedaan Macam Kartu Kredit dan Kartu Debit
Perbedaan Macam Kartu Kredit dan Kartu Debit

Perbedaan Kartu Debit dan Kartu Kredit

Pembahasan di awal kita sudah berbicara mengenai perbedaan kartu ATM / Debit dan kartu kredit. Beberapa point sudah kami rangkum untuk membahas perbedaan kedua jenis kartu tersebut.

Cara Mendapatkannya

Mendapatkan kartu ATM / debit lebih mudah dibandingkan mendapatkan kartu kredit. Cukup datang ke bank terdekat dan membuka rekening tabungan sesuai dengan kebutuhan anda.

Untuk kartu kredit, ada banyak hal yang menjadi pertimbangan bank untuk memberikan anda fasilitas ini. Salah satu faktor utama adalah penghasilan setiap bulan dari calon pemegang kartu kredit. Bila tidak memenuhi kriteria bank, aplikasi pengajuan kartu kredit anda sudah pasti ditolak.

Sistem Pembayaran dan Transaksi

Kartu ATMĀ  / Debit menggunakan saldo yang terdapat pada rekening tabungan anda. Bila anda tidak memiliki saldo ang mencukupi maka otomatis anda tidak dapat melakukan transaksi perbankan.

Untuk kartu kredit, sistem yang digunakan adalah sistem hutang. Pemilik tidak perlu mengisi saldo untuk melakukan transaksi perbankan. Fungsinya juga sama dengan kartu debit ketika akan berbelanja atau membayar tagihan, atau tarik tunai di mesin ATM.

Penggunaa kartu kredit sendiri ada batasan atau limit. Jika sudah melewati limit tersebut, anda tidak dapat melakukan transaksi. Tagihan kartu kredit akan ditagih setiap bulan dan memiliki bunga yang cukup tinggi. Sedangkan untuk kartu ATM / Debit anda tdak dikenakan bunga namun ada biaya adminstrasi penggunaan kartu sebesar Rp.10.000,- sampai dengan Rp.20.000,- setiap bulannya. Itulah perbedaan dari kedua jenis kartu tersebut.

Biaya yang Diterapkan Untuk Kartu Debit dan Kartu Kredit

Biaya yang dikenakan kepada pengguna kartu debit adalah hanya biaa administrasi kartu setiap bulan. Besarannya bervariasi tergantung jenis kartu ang digunakan.

Pada kartu kredit, hutang anda akan dikumpulkan untuk dibayarkan setiap bulan. Total tagihan yang anda bayarkan sudah termasuk bunga kartu kreditnya. Anda akan diberikan 2 opsi pembayaran yaitu melunasi penuh atau mencicil setiap bulan. Jika anda mencicil tentu bunga cicilan akan bertambah dan tagihan menjadi lebih besar.

Kelebihan dan Kekurangan

Menggunakan kartu ATM / Debit sudah jelas lebih terkontrol penggunaannya karena ada saldo yang harus anda isi ketika akan melakukan transaksi perbankan. Sedangkan untuk kartu kredit, menggunakan sistem hutang yang penggunaannya agak tidak terkontrol untuk sebagian orang.

Kelebihan kartu kredit adalah biasanya pada merchant yang telah bekerjasama dengan bank, memberikan diskon khusus bagi penggunanya. Anda juga dapat berbelanja secara virtual melalui marketplace yang juga memberikan diskon khusus untuk para pemegang kartu kredit. Untuk sistem cicilan, kartu debit tidak bisa menggunakan fasilitas ini untuk berbelanja di toko online.

Untuk keperluan mendadak, kartu kredit juga bisa digunakan sebagai alaternatif dana tambahan dikala mendesak. Anda bisa melakukan tarik tunai di ATM sama halnya dengan kartu ATM. Itulah kelebihan dan kekurangan dari masing-masing kartu debit dan kartu kredit.