Sebelum Buka Rekening, Kenali Dulu 10 Macam Jenis Produk Tabungan BCA Terbaik

Posted on

Membuka tabungan di Bank BCA adalah pilihan sebagian besar masyarakat untuk mempercayakan keuangan dan investasi mereka. Kita ketahui bersama, Bank BCA menjadi salah satu bank swasta terbesar dan mempunyai banyak sekali nasabah. Hampir di seluruh Indonesia kita dapat menemukan kantor cabang pembantu (KCP) atau ATM BCA. Dengan itu, para nasabah bisa dengan mudahnya menggunakan layanan dari Bank BCA.

Apakah anda sudah mengetahui jenis produk tabungan BCA yang terbaik untuk kebutuhan anda? Ada berbagai macam produk yang tersedia, dan setiap produk yang ditawarkan mempunyai keunggulannya masing-masing, menyesuaikan dengan kebutuhan investasi dan keuangan anda.

Jika anda ingin membuka rekening BCA baru, terdapat 10 produk tabungan BCA yang bisa anda pilih. Dibawah ini akan penulis bahas untuk anda. Langsung saja simak di bawah ini

10 Macam Jenis Produk Tabungan BCA yang Terbaik

  1. Tahapan BCA
Tahapan BCA
Tahapan BCA

Produk Tahapan BCA adalah produk tabungan atau simpanan Bank BCA yang paling populer di pilih masyarakat Indonesia. Tabungan ini terdapat paspor BCA yang juga berfungsi sebagai kartu ATM yang digunakan untuk tarik tunai dan debit.

Jika menggunakan Paspor BCA, para nasabah bisa melakukan transaksi belanja di ecommerce atau mengirimkan uang ke sesama dan bank lain.

Untuk biaya admin bulanan Tahapan BCA, dikenakan biaya Rp.15.000,- sampai Rp.20.000,- per bulan tergantung jenis kartu ATM yang anda pilih saat membuka rekening tabungan.Saldo minimum tahapan BCA adalah sebesar Rp.100.000,- dan saldo mengendap sebesar Rp.50.000,-

Mari simak 3 pilihan paspor BCA dengan jenis kartu ATM nya. Tentunya masing-masing kartu mempunyai kelebihan.

  • Paspor BCA Silver (Biru)

Limit tarik tunai, debit, ataupun transaksi online bisa sampai Rp.7.000.000,- per harinya. Jika transfer lewat mesin ATM menggunakan Paspor BCA Silver bisa sampai limit sampai Rp.25.000.000 per hari. Biaya adminnya cukup murah yakni sebesar Rp.15.000,- per bulan.

  • Paspor BCA Gold

Paspor BCA Gold memiliki limit yang lebih tinggi dari Paspor BCA Silver. Limit transaksi yang mencapai Rp50.000.000,- di berbagai toko atau merchant yang telah bekerja sama dengan Bank BCA. Biaya admin untuk Paspor BCA Gold adalah Rp.17.000,-

  • Paspor BCA Platinum

Nah, kartu Paspor BCA Platinum mempunyai limit transaksi yang besar. Bagi anda yang sering melakukan transaksi dalam jumlah besar per harinya, kartu jenis ini cocok untuk anda. Limit yang ditawarkan hingga Rp.100.000.000,-. Biaya administrasi kartu ini adalah Rp.20.000,-

Syarat dan Ketentuan Membuka Tahapan BCA

  1. Silahkan datang ke Kantor Cabang Pembantu BCA dan membawa KTP,NPWP, dan uang setoran awal sebesar Rp.500.000,-
  2. Anda akan mengisi dan tanda tangan formulir untuk membuka rekening Tahapan BCA baru
  3. Anda juga dapat mengajukan melalui website resmi klik BCA. Proses ini jauh lebih praktis tanpa harus keluar rumah dan antri di bank. Jika sudah selesai, silahkan datang da langsung serahkan berkas yang diminta oleh petugas.
  1. Tahapan Xpresi
Tahapan Expresi BCA
Tahapan Expresi BCA

Produk yang kedua adalah produk Tabungan BCA yan cocok untuk anak milenial yaitu Tahapan Xpresi. Setoran awal tabungan jenis ini sangat terjangkau yakni sebesar Rp.50.000,-

Limit yang diberikan sama dengan Paspor BCA silver, Rp.7.000.000,- untuk tarikan tunai dan Rp.25.000.000,- jika anda transfer uang sesama rekening BCA. Suku bunga simpanan untuk jenis tahapan Xpresi sampai dengan 0.6%.

Syarat dan cara membuka rekening Tahapan Xpresi:

  1. Anda bisa mengisi formulir pembukaan rekening baru dengan datang ke kantor cabang pembantu BCA atau bisa juga dilakukan dengan online di website resmi klikbca
  2. Silahkan siapkan dokumen yang dibutuhkan :

Usia kurang dari 12 tahun :

  1. Siapkan KTP salah satu orang tua
  2. Siapkan Akte kelahiran atau Kartu Keluarga
  3. Siapkan NPWP salah satu orang tua

Usia 12 sampai 17 tahun :

  1. Siapkan kartu pelajar
  2. KTP salah satu orang tua
  3. Surat persetujuan salah satu orang tua, bisa didownload di website BCA
  4. Formulir data nasabah untuk salah satu orang tua

     Untuk usia di atas 17 tahun siapkan KTP dan NPWP (bila ada)

  1. Tahapan Gold
Tahapan Gold BCA
Tahapan Gold BCA

Jika anda seorang pengusaha atau orang yang sering bertransaksi dalam jumlah besar, maka jenis rekening Tahapan Gold cocok untuk anda. Biasanya pemilik rekening jenis ini melakukan transaksi bisnis di atas Rp.10.000.000,- setiap harinya.

Biaya admin per bulan yang dibebankan tidak jauh berbeda dengan Tahapan BCA biasa, dan tergantung dari jenis kartu yang digunakan oleh nasabah. Jika saldo dibawah Rp.10.000.000,- maka nasabah akan dibebankan biaya admin per buan sebesar Rp.25.000,-

Fitur yang ditawarkan sama dengan Tahapan BCA plus fitur tambahan untuk kelancaran kegiatan usaha. Contohnya fitur appointee, seperti petugas admin yang diperbolehkan menggunakan rekening tabungan untuk melakukan transaksi keuangan.

Para nasabah pengguna Tahapan Gold juga dapat menggunakan layanan autoprint untuk mencetak buku tabungan sendiri tanpa harus repot antri di customer service.

Syarat dan cara membuka rekening BCA Tahapan Gold :

  1. Silahkan mengisi formulir permohonan pembukaan rekening Tahapan Gold di KCP BCA terdekat.
  2. Siapkan KTP dan NPWP asli
  3. Menyerahkan formulir, kelengkapan dokumen dan setoran awal untuk membuka rekening Tahapan Gold kepada customer service.

Para nasabah pengguna Tahapan Gold juga dapat menggunakan layanan autoprint untuk mencetak buku tabungan sendiri tanpa harus repot antri di customer service

Jika belum sams sekali mempunyai rekening BCA, anda harus menyerahkan setoran awal sebesar Rp.10.000.000,-. Namun apabila anda sebelumnya sudah mempunyai rekening tabungan BCA, anda cukup datang ke kantor cabang BCA dan membawa buku tabungan, KTP, dan NPWP.

  1. Tahapan Berjangka
Tahapan Berjangka BCA
Tahapan Berjangka BCA

Jika Tahapan berjangka adalah produk simpanan untuk nasabah perorangan dengan aktifitas setoran rutin dalam jumlah dan waktu tertentu saja. Biasanya, tabungan ini digunakan untuk anda yang mempunyai rencana keuangan seperti liburan atau akan melangsungkan pernikahan dalam waktu 1 sampai 2 tahun ke depan.

Tahapan berjangka mempunyai fitur auto debit setoran bulanan yang akan mendebit dana dari rekening anda mulai dari Rp.500.000,- per bulan dan mempunyai kelipatan Rp.50.000,-. Tabungan jenis ini memudahkan anda tanpa harus melakukan setoran tunai di mesin ATM atau setoran di teller bank.

Yang harus digaris bawahi yaitu tabungan ini tidak akan bisa ditarik sebelum jangka waktunya berakhir. Jadi, jeni tabungan ini cocok untuk anda yang punya kedisiplinan menabung yang tinggi.

Pada tabungan berjangka, tidak ada biaya administrasi per bulan. Saat jatuh tempo tiba, tabungan anda akan langsung ditransfer ke rekening sumber dana. Jadi semuanya serba otomatis.

Bunga dari tabungan jenis tahapan berjangka lebih tinggi dari jenis tabungan BCA yang lain, mulai dari 2.75% sampai dengan 3.75% per tahunnya.

Syarat membuka rekening BCA Tahapan Berjangka :

  • Warga Negara Indonesia
  • Berusia 12-60 Tahun
  • Mempunyai produk simpanan BCA lain sebelumnya
  1. Tapres BCA
Tapres BCA
Tapres BCA

Anda ingin mempunyai jenis tabungan di BCA yang menawarkan bunga yang kompetitif? Silahkan memilih Tapres BCA. Jika dibandingkan dengan tahapan BCA, suku bunga Tapres BCA lebih tinggi hingga 1.45%

Selain itu, Tapre BCA juga lebih praktis karena tabungan jenis ini tidak menggunakan buku tabungan seperti Tahapan BCA. Nasabah Tapres BCA akan memiliki kartu Tapres BCA yang akan berfungsi sebagai tanda pengenal nasabah.

Setoran awal minimal Tapres BCA juga lumayan besar, yakni sebesar Rp.5.000.000,- dan berlaku juga untuk saldo minimum per bulannya. Jika anda memiliki saldo di rekening di bawah Rp.5.000.000,- maka biaya admin per bulan akan mengalami penambahan biaya menjadi Rp.27.000,- dari normalnya Rp.17.000,-.

Syarat dan cara membuka rekening Tapres BCA :

  • Berusia di atas 16 Tahun
  • Mengisi formulir permohonan pembukaan rekening Tapres BCA
  • Menyiapkan KTP asli, Paspor atau Kitas untuk WNA, dan NPWP
  • Serahkan kelengkapan berkas dokumen ke KCP BCA terdekat
  1. Simpanan Pelajar BCA
Simpanan Pelajar BCA
Simpanan Pelajar BCA

Sesuai dengan namanya, Simpanan Pelajar BCA adalah produk tabungan BCA yang dikhususkan untuk para pelajar, mulai dari tingkat PAUD sampai dengan tingkat SMA yang berusia masih dibawah 17 tahun dan belum mempunyai KTP.

Tabungan Simpanan Pelajar BCA tidak dikenakan biaya administrasi bulanan dengan setoran rekening minimal hanya Rp.5.000,-. Jenis tabungan ini tidak ada sistem bunga seperti jenis tabungan lainnya.

Sebagai pengganti sistem bunga, Bank BCA mengadakan reward dengan bekerja sama dengan sekolah-sekolah dalam 1 kali setahun dengan tujuan agar para siswa di sekolah mempunyai semangat menabung .

Syarat dan cara membuka rekening Simpanan Pelajar BCA :

  • Usia di bawah 12 Tahun :
    • Akte kelahiran atau Kartu Keluarga
    • KTP salah satu orang tua
    • Kartu pelajar jika sudah ada
    • NPWP salah satu orang tua jika ada
    • Formulir data nasabah
  • Usia di bawah 12 Tahun :
    • Kartu pelajar atau Surat Keterangan Sekolah
    • KTP salah satu orang tua
    • Surat pernyataan orang tua
    • NPWP salah satu orang tua jika ada
    • Formulir data nasabah

Yang perlu anda ketahui untuk pembukaan rekening Simpanan Pelajar BCA hanya bisa dilakukan dengan sekolah yang sudah bekerja sama dengan Bank BCA.

  1. Tabunganku
Tabunganku BCA
Tabunganku BCA

Jenis Tabungan ini adalah kerjasama dengan bank yang ada di Indonesia agar lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Tabunganku bebas biaya admin bulanan dengan setoran minimum yang sangat kecil yaitu sebesar Rp.20.000,-. Bunga untuk jenis tabungan ini maksimal 1% per tahun.

Nasabah yang memiliki rekening Tabunganku bisa melakukan tarik tunai sampai dengan Rp.7.000.000,- per hari. Jika transfer antar rekening BCA sampai dengan Rp.25.000.000,- per hari.

Syarat dan cara membuka rekening BCA Tabunganku :

  • Usia dibawah 12 Tahun :
    • Akte kelahiran atau kartu Keluarga
    • KTP atau Paspor salah satu orang tua
    • NPWP salah satu orang tua jika ada
  • Usia 12 sampai 17 Tahun :
    • Kartu pelajar atau Surat Keterangan Sekolah
    • KTP atau Paspor salah satu orang tua
    • NPWP salah satu orang tua jika ada
    • Surat persetujuan orang tua untuk membuka rekening BCA
    • Formulir data nasabah
  • Usia 17 Tahun :
    • KTP atau Paspor
    • NPWP jika ada
  1. LAKU
LAKU BCA
LAKU BCA

Produk yang satu ini adalah produk tabungan BCA yang bisa melakukan transaksi tanpa menggunakan buku tabungan atau repot datang ke bank. Cara memiliki tabungan LAKU, calon nasabah harus mendaftar di agen LAKU terdekat. Para nasabah LAKU juga tidak dibebankan biaya admin per bulannya dan tetap mendapat bunga simpanan seperti jenis tabungan BCA lainnya.

Syarat dan cara membuka rekening LAKU :

  1. Silahkan datang ke agen LAKU terdekat dari domisili. Isi formulir dan identitas diri anda
  2. Setelah itu anda akan mendapatkan kartu LAKU, struk tanda bukti transaksi, dan akan ada SMS berupa nomor rekening dan nomor PIN

Transaksi yang bisa dilakukan melalui agen LAKU akan menggunakan kode OTP yang dikirimkan ke smartphone anda melalui SMS. Untuk lebih jelasnya, anda bisa menghubungi Halo LAKU 1500268.

  1. BCA Dollar
BCA Dollar
BCA Dollar

Untuk anda yang sering bertransaksi dengan valuta asing untuk bisnis, hiburan, atau investasi anda dapat memilih jenis tabungan BCA Dollar. Produk tabungan BCA Dollar yang bisa anda pilih yaitu USD dan SGD.

Jenis tabungan BCA Dollar juga dilengkapi dengan kartu ATM yang fungsinya sama dengan jenis tabungan lainnya. Bisa untuk setor tarik, juga tidak dibebankan kurs jual beli syarat dan ketentuan berlaku.

Syarat dan cara membuka rekening BCA Dollar :

  1. Berusia di atas 21 Tahun atau sudah menikah
  2. Isi formulir permohonan dengan dibubuhi materai
  3. Silahkan siapkan setoran awal sebesar SGD 200 atau USD 100
  4. Siapkan KTP asli,
  1. Deposito Berjangka
Deposito Berjangka BCA
Deposito Berjangka BCA

Bila anda mau menabung dan berinvestasi, anda dapat menggunakan jenis tabungan Deposito Berjangka. Nasabah yang menggunakan jenis tabungan ini dengan jangka waktu 1 sampai 12 bulan dengan pilihan 9 mata uang asing.

Jika anda memutuskan untuk membuka rekening deposito berjangka BCA, uang yang harus disiapkan untuk membuka rekening ini adalah Rp.8.000.000,-. Suku bunga deposito tabungan ini mencapai 6.25% per tahunnya.

Syarat dan cara membuka rekening BCA deposito berjangka :

  1. Lengkapi dan tandatangani formulir permohonan pembukaan rekening
  2. Menyiapkan KTP asli
  3. Menyetor setoran minimum yang di syaratkan oleh Bank BCA

Silahkan putuskan anda mau membuka rekening jenis apa. Lengkapi persyaratannya dan biaya bulanannya agar anda disiplin dalam menggunakannya. Semoga berguna untuk anda dan sukses selalu.