Cara Buka Rekening Tabungan Simpatik Bank Syariah Mandiri

  • 2 min read
  • Feb 16, 2021

Bank Syariah Mandiri adalah salah satu pelopor utama viralnya perbankan syariah di Indonesia. Dan seolah tidak berhenti dalam berinovasi, Bank Syariah Mandiri (BSM) selalu berhasil untuk menawarkan beberapa produk tabungan yang inovatif, mengikuti zaman namun juga tetap tunduk pada aturan perbankan dalam agama Islam.

Salah satu produk tabungan yang menjadi trending belakangan ini adalah Tabungan Simpatik milik BSM. Apa saja kelebihannya dan bagaimana cara buka rekening tabungan simpatik Bank Syariah Mandiri?

Prinsip Akad

Tiap produk tabungan bank syariah pasti akan memiliki landasan hukum yang berbeda-beda. Khusus untuk Tabungan Simpatik Bank Syariah Mandiri, calon nasabah dan pihak bank akan melakukan akad dengan dasar Wadiah atau penyimpanan.

Buka Rekening Tabungan Simpatik Bank Syariah Mandiri

Akad ini akan mengikat kedua belah pihak dalam aturan yang dikhususkan pada skema penarikan dana yang akan lebih dulu disepakati.

Biaya

Layaknya jenis produk tabungan lainnya, Tabungan Simpatik Bank Syariah Mandiri juga memiliki aturan mengenai biaya-biaya yang mesti dikeluarkan oleh nasabah. Jenis biaya pertama yang dikenakan oleh Bank Syariah Mandiri untuk para pemilik Tabungan Simpatik adalah biaya administrasi sebesar Rp2.000 tiap bulannya.

Biaya kedua adalah biaya penutupan rekening yang juga cukup rendah yakni Rp10.000. Khusus untuk jenis tabungan ini, Bank Syariah Mandiri tidak mengenakan biaya penarikan sebelum jatuh tempo, biaya dibawah saldo minimum dan biaya lain-lain. 

Persyaratan

Untuk memiliki rekening Tabungan Simpatik Bank Syariah Mandiri, calon nasabah perlu lebih dulu memahami persyaratan seperti tentang aturan perbankan perseorangan yang mengikat. Sementara untuk membuka rekening ini, calon nasabah hanya perlu menyiapkan identitas diri seperti KTP dan jangan lupa juga untuk membawa NPWP.

Untuk setoran awalnya, calon nasabah bebas memilih untuk membayar Rp20.000 yang tanpa kartu ATM dan Rp30.000 untuk mereka yang ingin menggunakan kartu ATM.

Kelebihan dan Fasilitas Tabungan Simpatik Bank Syariah Mandiri

 Area ini adalah yang paling ditunggu-tunggu oleh nasabah. Selain dana setoran awalnya yang ringan dan juga saldo minimum yang hanya Rp20.000, Tabungan Simpatik Bank Syariah Mandiri juga menawarkan beberapa kelebihan yang sangat menguntungkan nasabah.

Kelebihan utamanya ada pada bonus bulanan yang diberikan atas kebijakan Bank Syariah Mandiri. Ini berarti tidak ada fixed rate yang tentunya akan memberikan keuntungan bagi nasabah. Selain itu, fasilitas BSM Card juga dapat digunakan sebagai kartu ATM dan debit yang tentunya akan sangat berguna dalam mendukung gerakan non-tunai di Tanah Air.

Buka Rekening Tabungan Simpatik Bank Syariah Mandiri

Lebih lanjut, Tabungan Simpatik Bank Syariah Mandiri juga memudahkan para nasabahnya untuk melakukan distribusi, infaq dan zakat dalam satu platform. Urusan e-Banking juga telah cukup lengkap karena Tabungan Simpatik Bank Syariah Mandiri telah didukung oleh fasilitas BSM Mobile Banking dan BSM Net Banking.

Cara Buka Rekening Tabungan Simpatik Bank Syariah Mandiri

Dengan berbagai fitur dan kemudahan yang diberikan oleh Tabungan Simpatik Bank Syariah Mandiri, maka sulit untuk menahan diri untuk tidak berangkat ke kantor cabang Bank Syariah Mandiri terdekat dan membuat rekening tabungan ini. 

Nah hal pertama yang perlu disiapkan calon nasabah adalah dengan menyiapkan persayaratan yang ada di atas dan juga menyiapkan dana untuk setoran awal. Setelaj kedua syarat ini dipenuhi, calon nasabah perlu untuk mengunjungi CS Bank Syariah Mandiri yang nantinya akan menyodorkan formulir dan mengarahkan nasabah untuk melakukan deposit awal.

Jika semua proses dilakukan dengan seksama dan tanpa ada masalah, calon nasabah seharusnya akan dapat langsung mendapatkan manfaat dari memiliki Tabungan Simpatik Bank Syariah Mandiri.