Jenis Pembiayaan SME Bank Danamon Untuk Usaha

  • 2 min read
  • Feb 25, 2021

Salah satu bank ternama yang ada di Indonesia adalah PT Bank Danamon Indonesia Tbk. Bank yang satu ini sudah berdiri sejak tahun 1956 dan sudah memiliki anak perusahaan bernama PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk.

Selain ini bank yang satu ini juga sudah memiliki layanan berupa pembiayaan untuk usaha. Simak apa saja jenis pembiayaan SME Bank Danamon untuk usaha di bawah ini.

Berbagai Jenis Pembiayaan SME Bank Danamon Untuk Usaha

Jenis Pembiayaan SME Bank Danamon

Bank Danamon sudah menghadirkan berbagai produk SME. SME atau Small Medium Enterprise dari Bank Danamon tersebut dilakukan dengan cara menyalurkan dan bagi pengusaha yang memerlukan modal ataupun dana. Dengan adanya pinjaman modal/dana tersebut maka kebutuhan usaha yang dijalankan dapat terpenuhi dengan baik.

Terdapat berbagai jenis pembiayaan yang disediakan oleh Bank Danamon yang bisa digunakan oleh para pelaku usaha. Setidaknya terdapat delapan jenis pembiayaan yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan oleh setiap nasabahnya. Apa saja jenis pembiayaan tersebut? Anda bisa menyimaknya di bawah ini:

  • Kredit Modal Kerja

Jenis pembiayaan yang satu ini berupa pinjaman yang dapat dipakai dalam memenuhi kebutuhan modal kerja yang habis dalam satu siklus usahanya. Selain itu pinjaman ini dapat juga digunakan untuk memenuhi kebutuhan modal kerja yang bersifat khusus. Baik itu pembiayaan inventory, proyek, dan lain sebagainya.

  • Kredit Investasi

Jenis pembiayaan lainnya bernama Kredit Investasi. Ini merupakan jenis kredit yang dapat digunakan untuk melakukan pembiayaan barang modal dalam rangka modernisasi, rehabilitasi, perluasan ataupun kebutuhan khusus lainnya terkait investasi.

  • Kredit BPR

Jenis ini dapat digunakan untuk pembiayaan modal kerja BPR dalam rangka penyaluran kredit pada usaha kecil. Seperti dalam bentuk Asset Buy atau Executing.

  • Financial Supply Chain

Jenis ini merupakan pembiayaan dimana Bank Danamon sudah bekerjasama dengan para prinsipal/anchor dari para buyer/distributor guna memberikan fasilitas pembiayaan. Dengan begitu, adanya kerjasama tersebut dapat memberikan kemudahan transaksi termasuk dalam hal meningkatkan volume usaha kedua belah pihak

  • Kredit Berjangka

Pembiayaan berupa pinjaman yang dapat digunakan untuk modal kerja. Pembiayaan ini termasuk sebagai pinjaman jangka pendek namun tetap dapat dilakukan masa perpanjangan waktu. Untuk pencairan dan pembayaran pembiayaan yang satu ini sendiri nantinya akan disesuaikan dengan permintaan nasabah sesuai dengan promissory note.

Jenis Pembiayaan SME Bank Danamon

Promissory note sendiri digunakan pada saat penarikan dana pinjaman dilakukan dengan jangka waktu tertentu. Adapun batas maksimum dari jangka waktu tersebut sampai dengan jatuh tempo fasilitas kredit. Yakni maksimum promes adalah 180 hari serta tidak melewati jangka waktu SPK atau Surat Perjanjian Kredit.

  • Kredit KopKar

Berupa pinjaman modal kerja yang diberikan pada Koperasi Karyawan. Nantinya pinjaman tersebut dapat disalurkan kepada setiap anggota untuk memenuhi berbagai keperluan.

  • SME Danamon Syariah iB

Merupakan jenis pembiayaan SME Bank Danamon untuk usaha dengan skema Murabahah dan Mudharabah. Nantinya pembiayaan tersebut dapat digunakan untuk modal kerja, trade finance, sampai investasi.

Berbagai jenis pembiayaan dari Bank Danamon di atas, bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. Bank Danamon sendiri memiliki reputasi terbaik terbukti dengan hadirnya produk-produk yang dapat dimanfaatkan bagi masyarakat. Termasuk bagi para pelaku usaha yang ingin mendapatkan pinjaman untuk modal usaha mereka.

Untuk memilih berbagai jenis pembiayaan dari bank tersebut, pastikan Anda mengetahui dahulu apa saja syarat yang perlu dipenuhi. Selanjutnya, pilihlah jenis pembiayaan yang dapat memudahkan Anda mendapatkan pembiayaan serta mudah pula pengembalian biaya yang sudah digunakan nantinya.