Begini Cara Buka Tabungan Bank Panin dan Biaya Administrasinya

  • 2 min read
  • Feb 20, 2021

Keuangan merupakan salah satu hal penting yang cukup erat kaitannya dalam kehidupan sehari-hari setiap orang. Terlebih, di zaman modern seperti sekarang ini terdapat berbagai kemudahan yang bisa semua orang lakukan untuk bertransaksi. Baik itu dalam hal penyimpanan uang, pengiriman uang, dan lainnya.

Lantas, bagaimana dengan Anda? Apakah sudah memiliki tabungan tersebut? Jika belum, maka Anda bisa menyimak seperti apa cara buka tabungan bank panin dan biaya administrasinya pada penjelasan di bawah ini.

Cara Buka Tabungan Bank Panin dan Biaya Administrasi

Cara Buka Tabungan Bank Panin

Bagi Anda yang ingin membuka tabungan, bisa menyimak informasi cara buka tabungan Bank Panin dan biaya administrasinya sekaligus. Bank Panin sendiri merupakan salah satu bank yang dapat Anda pilih dengan cara pembuatan rekening yang tidak sulit.

Untuk membuka rekening atau buka tabungan pada bank tersebut, maka Anda perlu menyiapkan beberapa hal seperti berikut:

  • Identitas diri, yakni seperti SIM/KTP/Paspor sekaligus 2 lembar fotocopy identitas, serta materai 6.000
  • Anda bisa mengisi sekaligus menandatangani formulir untuk membuka buku tabungan di Bank Panin
  • Sediakan uang tunai untuk setoran awal buka tabungan

Setelah beberapa hal di atas Anda lengkapi, maka di bawah ini cara buka tabungan pada bank tersebut:

  • Pertama-tama, Anda bisa mengunjungi ke kantor Bank Panin terdekat secara langsung
  • Ambil nomor antrian yang ada pada kantor bank
  • Selanjutnya, Anda nantinya akan diminta untuk mengisi formulir kemudian menandatanganinya
  • Anda juga akan diminta untuk menyerahkan identitas diri yang sebelumnya sudah disiapkan
  • Lalu, Anda akan dimintai menyerahkan uang setoran awal tunai yang diperlukan. Besaran setor tunai tersebut paling minim adalah Rp.20.000. Jika ingin, Anda juga dapat menyetorkan dengan jumlah yang lebih besar.
  • Selanjutnya, apabila seluruh persyaratan Anda sudah selesai maka Anda akan diminta memasukkan kode PIN dari tabungan bank. Umumnya kode pin tersebut terdiri sebanyak 6 digit angka. Dengan begitu, alangkah baiknya menyiapkan digit pin tersebut sebelum berangkat ke bank.
  • Setelah selesai maka Anda akan menerima buku tabungan dari Bank Panin, kartu ATM, serta kwitansi sebagai bukti sah pendaftaran tabungan.

Dengan beberapa langkah di atas, maka Anda sudah memenuhi syarat untuk dapat memiliki rekening Bank Panin sendiri. Tentu langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas juga cukup mudah. Terlebih bank tersebut juga menyediakan beberapa jenis tabungan yang bisa Anda pilih. Apa saja? Di bawah ini diantaranya.

Beberapa Jenis Tabungan di Bank Panin yang Bisa Dipilih

Cara Buka Tabungan Bank Panin

Bank Panin menyediakan jenis tabungan yang bisa dipilih, pertama adalah simpanan harian. Anda bisa membuka tabungan dengan menyerahkan identitas, seperti KTP. Kemudian nantinya Anda akan dimintai setoran awal sebesar Rp 250.000. Selanjutnya Anda akan memperoleh kartu ATM sekaligus fitur perbankan tersebut dengan biaya administrasi Rp 10.000 per bulan.

Jenis tabungan yang kedua bernama Tabunganku Bank Panin. Jenis tabungan ini nantinya akan bekerjasama dengan OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Untuk membuka tabungan jenis ini, maka Anda perlu memperlihatkan identitas KTP atau yang lainnya. Kemudian, serahkan setoran awal uang tunai sejumlah Rp 20.000.

Yang mana, tabungan jenis ini tidak dipungut biaya administrasi bulanan. Akan tetapi, Anda sebagai nasabah perlu memberikan setoran rutin dalam sebulan sekali minimal Rp 10.000.

Setelah itu, Anda akan memperoleh ATM khusus yang mana ATM tersebut hanya dapat digunakan pada jaringan ATM Panin, ATM bersama, dan Alto. Anda sebagai nasabah pun akan mendapatkan fitur transaksi lainnya. Mulai dari SMS banking, mobile banking, internet banking, dan ATM.