Cara Buka Tabungan BTN Batara Pensiunan. Transaksi Mudah dan Pasti Untung!

Posted on

Masa pensiun terkadang menimbulkan rasa kekhawatiran bagi diri sendiri. Masa ini merupakan masa ketika usia Anda sudah lanjut (di atas 50 tahun), sudah tidak bekerja lagi, dan yang paling ditakutkan adalah kesehatan badan yang mulai menurun.

Untuk menghadapi keadaan tersebut, tentunya diperlukan biaya yang besar. Namun, kini Anda tak perlu khawatir lagi karena dengan menyiapkan tabungan pensiun sejak dini, maka Anda bisa mengatasi segala permasalahan yang akan Anda hadapi di usia senja.

Beberapa bank di tanah air kini mulai menawarkan layanan tabungan pensiun, salah satunya adalah bank BTN? Lalu, bagaimana cara buka tabungan BTN Batara Pensiunan? Apa syarat dan ketentuan yang diperlukan supaya bisa memiliki jenis tabungan seperti itu? Untuk mendapatkan penjelasan yang lengkap, mari simak dengan baik uraiannya dalam artikel berikut ini.

Manfaat Menabung BTN Batara Pensiunan

Selain tabungan BTN prima, bank BTN juga menawarkan layanan tabungan Batara Pensiunan. Cara buka tabungan BTN Batara Pensiunan sebenarnya begitu mudah untuk dilakukan. Banyak para pensiunan maupun calon pensiunan sengaja membuka tabungan ini karena adanya beberapa manfaat, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Terdapat fasilitas auto transfer dana keuangan Anda ke rekening lain, baik itu antar rekening bank BTN maupun ke bank yang berbeda. Tidak hanya itu, fasilitas auto transfer ini juga bisa Anda lakukan secara rutin.
  • Anda bisa menyetorkan dana atau uang Anda ke bank BTN ataupun Kantor Pos Online (KLKK) di semua kantor cabang seluruh Indonesia.
  • Anda bisa dengan mudah mengambil dana pensiunan yang Anda tabung atau simpan di Bank BTN. Selain itu, proses pengambilannya juga bisa berlangsung dengan cepat. 

Persyaratan untuk Menabung BTN Batara Pensiunan

Buka tabungan BTN online sebenarnya juga bisa dilakukan dengan menggunakan media internet melalui smartphone android milik Anda. Namun, jika Anda bingung maka Anda bisa saja meminta bantuan kepada pihak bank BTN.

Cara buka tabungan BTN Batara Pensiunan tentunya perlu memenuhi syarat administrasi terlebih dahulu. Anda bisa datang ke kantor cabang bank BTN terdekat, kemudian temuilah bagian customer service. Setelah itu, Anda diminta untuk menyetorkan sejumlah persyaratan administrasi. Adapun beberapa persyaratan untuk tersebut, antara lain:

  • Sertakan identitas KARIP (Kartu Identitas Pensiun).
  • Lampirkan fotokopi e-KTP yang masih berlaku.
  • Menyertakan SP3R (Surat Pembayaran Pensiun melalui Rekening) kepada pihak PT. Taspen (Persero).
  • Usia nasabah minimal 17 tahun dan maksimal adalah 65 tahun.
  • Jenis nasabah dari tabungan pensiunan ini adalah perorangan. 
  • Anda bisa menyetorkan dana untuk menabung berapapun yang Anda punya. Untuk setoran awal dikenakan biaya sebesar Rp 10.000.
  • Saldo minimal yang mesti ada dalam rekening tabungan pensiunan ini adalah minimal Rp 10.000.

Beberapa Jenis Pembiayaan di Tabungan BTN Batara Pensiunan

Saat Anda menabung pensiunan di bank BTN, maka Anda akan melakukan beberapa jenis pembiayaan, yaitu:

  • Biaya administrasi rekening per bulan sebesar Rp 2.000.
  • Biaya penarikan habis adalah sebesar Rp 10.000.
  • Jika Anda ingin menutup rekening tabungan ini, maka Anda tidak akan dibebankan biaya.
  • Tidak ada biaya yang dibebankan jika ada penarikan sebelum jatuh tempo.

Cara buka tabungan BTN Batara Pensiunan memang terbukti mudah, bukan? Yuk, buruan buka tabungan BTN jenis ini supaya Anda bisa membiayai kehidupan Anda saat usia lanjut, pendidikan anak terjamin, bahkan bisa membiayai perjalanan umrah dan haji Anda. Selamat menabung di bank BTN.