Mudah dan Sesuai Syariah! Inilah Cara Buka Rekening Tabungan Haji Bank Jatim

Posted on

Menunaikan ibadah haji adalah cita-cita sebagian besar umat muslim di Indonesia. Selain menunaikan kewajiban rukun Islam yang kelima, menunaikan ibadah haji juga sebagai bentuk rasa syukur dan cinta seorang hamba kepada Allah Swt.

Akan tetapi, tidak setiap muslim bisa menunaikan ibadah haji karena letaknya yang jauh di Mekkah, Arab Saudi dan pastinya pembiayaan haji yang sangat tinggi. Namun, Anda jangan khawatir dengan masalah pembiayaan haji karena sekarang banyak bank yang menawarkan layanan tabungan haji, termasuk bank Jatim.

Lalu, bagaimanakah cara buka rekening tabungan haji Bank Jatim? Apakah sistem tabungan haji ini dilaksanakan sesuai dengan syariat Islam? Untuk mendapatkan keterangan yang lengkap, sebaiknya Anda simak penjelasan berikut ini.

tabungan haji bang jatim

Cara Buka Rekening Tabungan Haji Bank Jatim dengan Mudah

Jenis tabungan Bank Jatim ada beberapa yang salah satunya adalah produk layanan tabungan haji yang dinamakan Tabungan Haji Amanah.

Tabungan haji ini dilaksanakan dengan menggunakan sistem ekonomi syariah di mana terdapat bagi hasil (mudharabah mutlaqah) di antara nasabah dan pihak bank Jatim.

Untuk membuka rekening tabungan haji ini, tentunya ada beberapa persyaratan dan ketentuan yang perlu disiapkan oleh calon nasabah. Adapun beberapa persyaratan dan cara buka rekening tabungan haji Bank Jatim tersebut di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Anda sebagai calon nasabah diminta untuk mengisi formulir pendaftaran terlebih dahulu dan melakukan akad pembukaan rekening tabungan haji.
  • Siapkan KTP/SIM/Paspor yang masih berlaku.
  • Anda sebaiknya menyiapkan dana saldo minimal yang akan dipakai saat pendaftaran di SISKOHAT Kementerian Agama. Adapun besarnya biaya setoran tersebut sewaktu-waktu bisa berubah yang didasarkan peraturan dari pihak Kementerian Agama.
  • Jika Anda sudah menyetorkan tabungan, maka Anda tidak bisa mengambilnya kembali. Dana yang Anda simpan hanya akan dicairkan saat Anda akan melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH). 
  • Setoran awal untuk tabungan haji ini cukup murah, yaitu minimal Rp 100.000. Kemudian, untuk setoran rutin, Anda bisa menyetorkan uang minimal Rp 50.000. Anda tidak akan dikenakan biaya administrasi maupun biaya tutup rekening saat mengurus tabungan haji di bank Jatim.

Kemudahan Menabung Tabungan Haji secara Online di Bank Jatim

Semakin canggihnya teknologi keuangan, maka transaksi perbankan juga bisa dilakukan secara online dengan bantuan koneksi internet. Anda bisa menyetorkan sejumlah uang secara online melalui SMS Bangking, Internet Banking, maupun mesin ATM bank Jatim.

Menabung haji secara online dilakukan sesuai dengan sitem SISKOHAT dari Kementerian Agama. Anda tidak perlu khawatir saat menabung di bank Jatim karena pada dasarnya terdapat sistem bagi hasil yang kompetitif dan adil antara Anda sebagai nasabah dan pihak bank Jatim itu sendiri. Di sisi lain, bagi Anda yang ingin menunaikan ibadah umrah, terdapat juga layanan tabungan umroh Bank Jatim.

Setelah Anda membaca penjelasan tentang cara buka rekening tabungan haji Bank Jatim, Anda jadi paham bukan bahwa membuka rekening tabungan haji itu tidak sulit. Ayo, tunggu apalagi? Segera daftarkan diri Anda maupun anggota keluarga lainnya untuk menjadi nasabah tabungan haji di bank Jatim.

Menabunglah secara rutin dan pintar-pintarlah menyisihkan uang untuk menabung. Niscaya, ibadah haji yang selama ini Anda maupun keluarga idamkan bisa terlaksana dengan baik di masa yang akan datang.