Cara Buka Tabungan Pensiun Di Bank Syariah Mandiri

Posted on

Skema pendanaan syariah menjadi salah satu model perbankan yang sangat cepat perkembangannya. Semua kalangan termasuk para pensiunan dapat menikmati sistem berbasis agama ini.

Salah satu bank yang menyediakan platform tabungan pensiun adalah Bank Syariah Mandiri. Dan khusus pada artikel ini, kita akan membahas secara mendetail cara buka tabungan pensiun di Bank Syariah Mandiri.

Sistem Bagi Hasil Tabungan Pensiun di Bank Syariah Mandiri

Dikenal sebagai salah satu bank berbasis Syariah terbaik di Indonesia, Bank Syariah Mandiri juga menawarkan layanan tabungan pensiun yang didasarkan pada aturan yang sesuai dengan agama Islam. Dikenal dengan nama Mudharabah Mutlaqah, tabungan pensiun di Bank Syariah Mandiri tersedia untuk semua kalangan tanpa terkecuali.

Cara Buka Tabungan Pensiun Di Bank Syariah Mandiri

Sistem yang digunakan oleh Bank Syariah Mandiri pada layanan tabungan pensiun mereka sebenarnya identik dengan skema yang ditawarkan dalam tabungan umum milik BSM. Sistem bagi hasil ini nantinya akan dijelaskan secara mendetail oleh pihak Bank Syariah Mandiri sebelum klien menandatangani akad yang mengikat kedua belah pihak.

Manfaat Tabungan Pensiun di Bank Syariah Mandiri

Melansir laman mandirisyariah.co.di, setidaknya ada empat kelebihan utama dalam memilih untuk membuka tabungan pensiun di Bank Syariah Mandiri. Pertama adalah pengelolaan dana yang aman. Hal ini tentunya sangat krusial mengingat dana pensiun biasanya direncanakan untuk digunakan jauh-jauh hari. Pengelolaan dalam investasi yang tepat akan jadi kunci penting dalam proses ini.

Kelebihan dan manfaat kedua dari membuka tabungan pensiun di BSM adalah skema bagi hasil yang bersaing. Meski tidak digambarkan secara detail, namun lembaga keuangan sekelas Bank Syariah Mandiri tentu sudah memiliki pakem yang aman dengan keluaran bersaing yang dapat dipilih para konsumennya.

Kelebihan ketiga adalah biaya administrasi yang ringan. Lagi-lagi, tidak ada informasi mendetail dalam laman ini, tapi mengingat status bank ini yang merupakan bank syariah maka tidak sulit untuk mengharapkan aturan dan dana admin yang rendah. Terakhir dan yang paling penting adalah prosesnya yang mudah.

Cara Buka tabungan Pensiun di Bank Syariah Mandiri

Setelah paham dengan aturan, manfaat dan skema yang digunakan Bank Syariah Mandiri dalam mengelola tabungan pensiun, saatnya mengulik lebih dalam proses membuka tabungan ini. Layaknya proses membuka tabungan, tiap calon nasabah perlu menyiapkan beberapa hal berikut:

  • KTP dan NPWP
  • Kartu identitas pensiun/sesuai dengan ketentuan dari Lembaga Pensiun yang telah bekerjasama dengan Mandiri Syariah.

Tabungan pensiun pada Bank Syariah Mandiri juga terhubung langsung dengan PT. TASPEN yang meregulasi pendanaan untuk para pensiunan Pegawai Negeri Sipil, Polisi, TNI, Pegawai BUMN, Pejabat Negara, Hakim, Veteran, PKRI dan KNIP.

Cara Buka Tabungan Pensiun Di Bank Syariah Mandiri

Setelah menyiapkan semua persyaratan di atas dan memastikan bahwa dana pensiun calon nasabah telah dan akan dikelola oleh PT. TASPEN, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah melakukan kunjungan langsung ke salah satu dari cukup banyak cabang Bank Syariah Mandiri di Indonesia.

Setelah tiba di kantor cabang Bank Syariah Mandiri terdekat, hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengambil nomor antrian ke costumer service. Mengingat proses ini tidak masuk dalam ranah teller jadi jangan mengambil nomor antrian di teller. Setelah menunggu sejenak dan dipanggil, maka calon nasabah dapat langsung menemui CS untuk proses membuka tabungan pensiun.

Pastikan untuk membaca setiap butir-butir aturan yang tertulis dalam akad sebelum menandatangani perjanjian tersebut. Semoga dapat membantu!