Tips Sukses Menjalankan Bisnis Sampingan Dengan Mudah

Posted on

Keinginan untuk menjalankan bisnis sampingan umumnya disebabkan oleh tuntutan kebutuhan sehari-hari yang terus bertambah. Untuk mencari penghasilan tambahan, menjalankan bisnis atau usaha memang merupakan solusi terbaik. Sebab, di samping peluang keberhasilannya cukup besar, waktu yang digunakan juga hanyalah waktu sampingan dari waktu-waktu utama.

Tapi perlu diingat, sebuah bisnis atau usaha, baik yang utama maupun yang sampingan tidak akan bisa meraih kesuksesan dan keberhasilan jika dijalankan secara asal-asalan. Butuh kesungguhan, profesionalisme, serta sikap pantang menyerah untuk meriah kesuksesan dalam sebuah usaha atau bisnis.

Bagi Anda yang berkeinginan untuk mengetahui apa saja tips sukses untuk menjalankan bisnis sampingan, di bawah ini akan saya sebutkan beberapa tips tersebut.

Inilah 7 Tips Sukses Menjalankan Bisnis Sampingan

Untuk meraih keberhasilan dalam menjalankan bisnis sampingan, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa tips penting berikut ini :

Cara Mudah Kembangkan Bisnis Sampingan
Cara Mudah Kembangkan Bisnis Sampingan

1.Berkomitmen

Menjalankan bisnis sampingan berarti Anda harus menambah jadwal kerja sampingan dari jadwal kerja utama Anda. Untuk itu, dibutuhkan komitmen dari Anda dalam menjalankannya.

Agar tidak terjadi tumpang tindih, buatlah waktu kerja khusus untuk usaha sampingan yang Anda jalankan. Buatlah jadwal yang tercatat di notepad khusus untuk itu. Sebaiknya detailkan waktu dan jenis-jenis pekerjaan apa saja yang harus Anda lakukan setiap hari agar usaha sampingan yang Anda jalankan bisa berkembang dengan cepat.

Tapi ingat, Anda harus komitmen dengan jadwal kerja yang sudah Anda buat. Jika tidak ada halangan yang bersifat darurat, usahakan Anda tidak melanggar jadwal kerja tersebut. Jika terpaksa harus melanggarnya, buatlah strategi untuk menggantikan waktu kerja yang terlewatkan tersebut.

2.Lakukan Bisnis yang Sesuai Minat

Kesalahan yang seringkali dilakukan oleh seseorang saat menjalankan sebuah usaha atau bisnis adalah memaksakan untuk menjalankan sesuatu yang tidak sesuai dengan minatnya. Akibatnya, usaha tersebut terkesan dipaksakan dan akhirnya tidak berjalan dengan maksimal.

Oleh karena itu, pastikan Anda hanya memilih jenis usaha yang sesuai dengan minat Anda. Jika Anda senang menulis, cobalah buat usaha sampingan berupa jasa penulisan artikel. Jika Anda senang dengan anak-anak, cobalah buat usaha sampingan berupa jasa penitipan anak. Jika Anda senang dengan hal-hal yang berbau pendidikan, Anda bisa membuat les privat dan semisalnya.

Intinya, jalankan usaha yang sesuai dengan minat Anda, dan jangan memaksakan diri sengan usaha yang justru akan membuat Anda kesulitan sendiri karena terpaksa menjalankannnya.

3.Miliki Keunggulan Kompetitif

Untuk meraih keberhasilan dalam menjalankan usaha sampingan, pastikan Anda memiliki keunggulan kompetitif. Sebab, keunggulan kompetitif yang dimiliki dalam bisnis memungkinkan Anda untuk menghasilkan lebih banyak penjualan dan juga memperoleh lebih banyak pelanggan dibandingkan para pesaing.

Jangan menjalankan bisnis yang biasa saja, miliki sebuah keunggulan unik yang berbeda dari para pesaing kamu. Hal inilah yang menjadi nilai tambah bisnis di mata para pelanggan yang menggunakan produk atau jasa.

Untuk itu, belajarlah untuk menciptakan keunggulan kompetitif dalam usaha yang Anda jalankan. Anda bisa belajar dari orang-orang yang sudah berhasil meraih kesuksesan dalam hal tersebut.

4.Bisnis Sampingan Harus Memiliki Tujuan yang Terukur dan Bisa Dicapai

Bisnis Sampingan disaat Pandemi
Bisnis Sampingan disaat Pandemi

Perlu diingat bahwa bisnis sampingan yang dimiliki tidak akan bisa berkembang dan tumbuh, jika Anda selaku pemilik bisnis tidak memiliki tujuan yang terukur. Oleh karena itu, tetapkan beberapa tujuan di masa depan berkaitan dengan bisnis yang sedang Anda jalankan saat ini.

Misalnya saja Anda memiliki tujuan untuk mendapatkan omzet Rp5 Juta dalam sebulan atau kamu ingin menambah varian produk yang ditawarkan kepada pelanggan.

5.Jangan Ragu Bekerja Sama dengan Orang Lain

Setiap orang pasti tidak sempurna, masing-masing memiliki kelebihan dan kekuranganny. Anda tidak memaksakan seseorang menjadi pribadi yang berbeda dalam menjalankan bisnis.

Apabila Anda termasuk orang yang ahli di bidang penjualan, tetapi tidak memiliki modal yang cukup, maka kamu bisa bekerja sama dengan para pemilik modal untuk memasarkan produk atau layanan yang mereka miliki.

Intinya, lakukan yang terbaik apa yang bisa Anda lakukan! Pahami setiap kelebihan yang dimiliki dan jangan lupa juga untuk menuliskan beberapa kelemahan yang kamu miliki.

Fokuslah pada kekuatan dan ajak orang lain bekerja sama di bidang yang menjadi kelemahan Anda.

6.Minta Umpan Balik Kepada Konsumen Kamu

Bisnis sampingan yang Anda jalankan pastinya membutuhkan konsumen agar bisa survive dan terus bertumbuh di masa depan.

Cobalah untuk meminta umpan balik tentang produk atau layanan yang kamu berikan sebab hal ini bisa sangat bermanfaat untuk memperbaiki layanan di masa depan.

Selain itu, umpan balik yang diberikan para konsumen sangat bermanfaat untuk memastikan bahwa Anda sudah memberikan sesuatu yang benar-benar diinginkan para pelanggan. Hal ini juga dapat meningkatkan reputasi dari usaha atau bisnis yang Anda jalankan.

7.Jangan Lupakan Pekerjaan Utama di Kantor

Seperti yang sudah kami sampaikan di atas bahwa bisnis sampingan yang dijalankan mengharuskan Anda harus menyisihkan lebih banyak waktu untuk bekerja mengurusi pekerjaan utama dan juga bisnis yang ada.

Meskipun Anda sudah menjalankan bisnis sampingan, jangan lupa dengan pekerjaan utama yang Anda miliki saat ini. Ingat, jangan sampai Anda justru melalaikan tugas sebagai karyawan atau pekerja di sebuah perusahaan dikarenakan terlalu fokus dalam menjalankan bisnis sampingan.

Selain itu, jangan pernah menggunakan sumber daya perusahaan untuk menjalankan bisnis sampingan yang dimiliki seperti komputer, software, mesin fotokopi, dan lain sebagainya.  Sebab ini terkait dengan amanah dan tanggung jawab Anda. Tentu Anda tidak ingin nama Anda menjadi cacat karena perbuatan Anda sendiri yang menggunakan fasilitas dan sumber daya perusahaan Anda bukan?

8.Jangan Lupakan Modal Awal

Yang namanya usaha tentu tidak akan bisa berjalan tanpa adanya modal awal. Sedikit ataupun banyak, tentu tetap ada modal awal yang harus dikeluarkan. Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki modal awal yang mencukupi untuk jenis usaha yang akan Anda jalankan.

Jika Anda tidak memiliki modal awal yang mencukupi, cobalah mencari bantuan dalam hal ini. Anda bisa meminta bantuan keluarga dan teman-teman Anda. Bila perlu Anda meminta pinjaman kepada orang-orang yang bisa memberikan pinjaman kepada Anda.

Solusi lain untuk modal awal adalah melakukan kerjasama dengan kerabat atau keluarga Anda. Bentuk kerjasamanya bisa dalam bentuk Anda sebagai orang yang menjalankan usaha, sedangkan pihak lain sebagai pemodal.  Bila perlu, Anda menjual beberapa benda berharga yang Anda miliki namun belum begitu diperlukan untuk saat ini. Misalnya, menjual tanah Anda yang tinggal dan belum digunakan, menjual kebun, dan lain sebagainya.

Demikianlah informasi seputar 8 tips sukses dalam menjalankan bisnis sampingan yang bisa saya sampaikan pada artikel kali ini. Semoga apa yang disebutkan pada artikel kali ini bisa memberikan tambahan informasi yang bermanfaat bagi Anda, khususnya dalam hal ini.