Trend Bisnis Anak Muda yang Menjanjikan

  • 4 min read
  • Sep 28, 2020

Saat ini semakin marak bermunculan anak-anak muda yang kreatif. Kreatifitas tersebut bukan hanya di bidang fashion, tetapi juga di bidang bisnis dan yang lainnya. Terkait dengan bisnis, ternyata bentuk-bentuk bisnis yang dijalankan dan dikembangkan oleh anak-anak muda tersebut tidak bisa dianggap enteng.

Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya anak-anak muda yang sukses dalam menjalankan bisnis mereka. Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya akan membagikan informasi seputar jenis bisnis yang lagi trend di kalangan anak muda saat ini.

8 Trend Bisnis Di Kalangan Anak Muda

1.Bisnis Jasa Internet Marketing

Bisnis Jasa Internet Marketing
Bisnis Jasa Internet Marketing

Seiring dengan maraknya jual beli online di Indonesia, menjadikan peluang bisnis online juga semakin besar. Tidak heran jika saat ini anak-anak muda banyak yang menjalankan bisnis ini. Hal ini terlihat jelas dengan banyaknya bermunculan para pengusaha baru yang menjalankan dan mempromosikan bisnisnya secara online.

Tapi tentu saja pengusaha tersebut tidak memiliki waktu untuk menjalankan semuanya sendirian. Dia membutuhkan tim yang membantu untuk memasarkan produk atau jasanya secara online. Misalnya, dia membutuhkan Rupanya, seorang content creator untuk mengonsep akun media sosial, visual designer, copywriter, dan juga seseorang yang bisa melejitkan akun bisnis lewat instagram atau facebook ads.

Untuk menjalankan semua ini, pengusaha tentu membutuhkan orang-orang yang ahli di bidang ini. Nah, di sinilah dibutuhkan jasa internet marketing yang profesional. Bagi anak-anak muda yang punya keahlian di bidang ini, tentu hal ini merupakan peluang yang besar untuk menawarkan jasa mereka.

2.Bisnis Tour dan Travel

Bisnis Tour dan Travel
Bisnis Tour dan Travel

Bagi Anda yang memiliki hobi jalan-jalan atau traveling, sebaiknya Anda menjadikan hobi tersebut sebagai sebuah bisnis yang menjanjikan. Pasalnya tour dan travel ini sedang menjadi trend tersendiri di kalangan anak muda.

Banyaknya turis asing maupun domestik membuka kesempatan bagi anak-anak muda untuk membuka layanan jasa tour dan travel dengan menawarkan layanan travelling untuk berkunjung ke tempat-tempat yang mereka sukai.

Agar bisnis ini bisa berjalan, tentunya diperlukan jaringan yang cukup kuat mulai dari tempat penginapan, transportasi, destinasi wisata, dan lain sebagainya.

3.Bisnis Coffe Shop

Bisnis Coffe Shop
Bisnis Coffe Shop

Memiliki tempat nongkrong agar bertemu dengan teman-teman merupakan hal yang lumrah di kalangan anak-anak muda. Umumnya mereka lebih memilih warung kopi yang berjualan minuman kopi dengan harga yang terjangkau.

Seiring dengan berjalannya waktu, warung kopi tersebut bisa saja bertransformasi menjadi coffe shop yang menarik dan juga nyaman. Keuntungan coffe shop adalah tempat, penyajian kopi, dan juga fasilitas yang tentu lebih baik daripada warung kopi.

Oleh karena itulah, coffe shop saat ini sudah menjadi salah satu trend bisnis anak-anak muda masa kini yang memang sangat menjanjikan. Selain bisa digunakan untuk tempat nongkrong, coffe shop juga bisa menjadi tempat untuk mengakses internet karena biasanya tersedia wifi yang bisa terkoneksi dengan internet.

4.Bisnis Kuliner

Bisnis Kuliner
Bisnis Kuliner

Saat ini bisnis kuliner menjadi salah satu jenis bisnis yang sangat trend di kalangan anak-anak muda. Hal tersebut itdak mengherankan, karena para turis baik dalam negeri maupun luar negeri pasti ingin mencicipi kuliner yang terdapat di setiap daerah yang dikunjunginya.

Jika mampu menghadirkan kuliner khas daerah tersebut, dengan pengelolaan yang profesional dan rasanya yang nikmat, tentu peluang untuk meraih kesuksesan akan semakin besar.

Cara memasarkan kuliner tersebut juga beragam, bisa dalam bentuk toko, warung, retoran ,maupun food truck. Jika Anda mampu mengemas tempat jualan seunik mungkin, peluang untuk dikunjungi para turis akan semakin besar.

Untuk pemasarannya bisa melalui brosur maupun website khusus kuliner, dan bisa juga dengan menawarkannya di social-social media yang ada saat ini seperti facebook, twitter, instagram, dan lain sebagainya.

Selain menjual kuliner khas, tidak ada salahnya jika menambahkan beberapa kuliner modern, agar variasi kuliner jualan semakin banyak

5.Software Developer

Software Developer
Software Developer

Jika Anda memiliki keahlian dan bakat dalam ilmu programming, sebaiknya Anda memanfaatkan keahlian dan bakat tersebut agar bisa menjadi sumber penghasilan bagi Anda dengan menjadi software developer.

Saat ini sudah semakin banyak perusahaan dan instansi yang memerlukan bantuan para developer untuk pembuatan website, programing, dan lain sebagainya. Sehingga, peluang bisnis ini semakin besar.

Bisnis ini memang tergolong baru karena kehadirannya menyesuaikan dengan perkembangan teknologi saat ini. Sehingga, para pelaku dari bisnis tersebut umumnya adalah anak-anak muda yang memang senang di dunia tersebut.

Untuk memulai bisnis tersebut, sebaiknya Anda membuat portofolio terlebih dahulu dengan menampilkan keahlian dan juga karya yang pernah Anda lakukan. Selain itu, Anda juga  mempromosikan keahlian Anda melalui sosial media agar peluang keahlian Anda semakin besar untuk dikenal.

6.Desain Grafis

Desain Grafis
Desain Grafis

Bagi Anda yang senang dan hobi membuat desain terutama desain grafis, maka kebiasaan ini bisa menjadi salah satu sumber penghasilan Anda. Pasalnya, bisnis desain grafis sudah menjadi salah satu trend bisnis di kalangan anak muda. Bisnis ini adalah jenis bisnis yang mengandalkan kreatifitas.

Banyak perusahaan ataupun instansi yang tentunya akan memerlukan jasa seorang desain grafis untuk membantu memvisualkan produk yang akan diluncurkannya. Hasil desain tersebut akan digunakan untuk promosi, sehingga harus dibuat semenarik mungkin agar calon konsumen tertarik untuk membeli produk tersebut.

Oleh karena itu, seorang desain grafis harus profesional dalam menjalankan pekerjaannya, agar hasilnya memuaskan dan konsumen berkenan untuk kembali menggunakan layanan jasa tersebut di kemudian hari, bahkan mungkin merekomendasikan ke teman atau rekan bisnis mereka.

7.Bisnis Pelatihan Online

Bisnis Pelatihan Online
Bisnis Pelatihan Online

Saat ini pelatihan online menjadi salah satu trend bisnis di kalangan anak muda. Hal ini seiring dengan peningkatan penggunaan teknologi di zaman modern saat ini.

Umumnya pelatihan online tersebut mencakup pelatihan menulis, berbisnis, marketing, dan lain sebagainya. Media pembelajaran online tersebut biasanya menggunakan social media  seperti whats app, facebook grup, webinar, dan lain sebagainya.

Karena bersifat online, tentu saja para peserta yang mengikuti pelatihan tersebut berasal dari berbagai macam daerah di Indonesia, bahkan terkadang juga terdapat peserta manca negara.

Modul yang diberikan biasanya berupa video, e-book, dan materi lainnya dalam bentuk pdf ataupun word.

8.Bisnis Fashion

Bisnis Fashion
Bisnis Fashion

Saat ini bisnis fashion juga menjadi salah satu bisnis yang lagi trend di kalangan anak-anak muda. Potensia yang dimiliki bisnis ini juga sangat besar, karena marketnya yang sangat luas, seluas bidang fashion itu sendiri.

Agar bisnis fashion yang dijalankan berhasil,sebaiknya tentukan market fashion terlebih dahulu. Jika target marketnya adalah wanita yang berhijab misalnya, maka fashionyang dijual adalah kebutuhan hijab bagi seorang wanita muslimah,seperti jilbab, gamis, kaos tangan, kaos kaki,  dan lain sebagainya.

Demikianlah informasi seputar trend bisnis anak muda pada artikel kali ini. Meskipun anak muda identik dengan bersenang-senang, tetapi sebaiknya Anda belajar bertanggung jawab dan melatih kemandirian dengan mulai menjalankan bisnis sendiri sejak dari sekarang.